Cara ampuh mengatasi ketombe yang berlebihan pada kulit kepala

Cara ampuh mengatasi ketombe yang berlebihan pada kulit kepala

Cara ampuh mengatasi ketombe yang berlebihan pada kulit kepala

Cara mengatasi ketombe yang berlebihan pada kulit kepala seringkali dilakukan oleh orang yang memiliki keluhan ketombe yang berlebihan. Salah satu ciri ketombe yang berlebihan yaitu banyaknya serpihan atau serbuk putih yang jatuh dan menempel pada pundak terutama saat memakai baju berwarna hitam atau gelap. Sebelum mengupas bagaimana cara menghilangkan ketombe secara permanen dan tuntas, ada baiknya cari tahu dahulu mengenai darimana ketombe muncul?apa penyebab ketombe muncul? dan baru cara menghilangkan ketombe.

baca juga : Tips Makanan sehat untuk anak agar cerdas

Kemunculan ketombe di kulit kepala sering menimbulkan gatal, merah dan gatal pada area wajah/telinga, dan pengelupasan kulit kepala. Pengelupasan kulit kepala normal terjadi namun apabila ketombe sudah berlebihan bisa menjadi penyebab peradangan pada kulit kepala. Lalu darimanakah asal mula ketombe ? Penyebab ketombe bisa beragam, diantaranya :

a. Berkembanya jamur pada kulit kepala orang dewasa, yaitu jamur Malassezia.
b. Kondisi dari iritasi pada kulit kepala yang berminyak
c. Memiliki kulit kepala yang kering
d. Memiliki kulit kepala yang sensitif terhadap produk perawatan tertentu
e. Penggunaan produk perawatan rambut yang malah mengakibatkan iritasi pada kulit kepala

baca juga : Mengatasi masalah rambut botak

Nah setelah mengetahui penyebab dari munculnya ketombe, lalu bagaimana cara mengatasi dan menghilangkan ketombe secara permanen dan tuntas ? Berikut informasinya

Cara mengatasi ketombe yang berlebihan

1. Menggunakan produk perawatan rambut antiketombe yang beredar di pasaran atau di supermarket


Banyak produk antiketombe yang dijual di minimarket dan swalayan. Yang harus diperhatikan yaitu kandungan pada produk antiketombe tersebut. Kandungan yang biasanya ada pada shampo anti ketombe yaitu :
  • Zinc pyrithione
    Zat anti bakteri dan jamur berfungsi mengurangi perkembangan penyebab ketombe
  • Ketoconazole
    Anti jamur dengan spektrum yang lebih luas. Produk yang mengandung bahan ini ada yang dijual secara bebas, ada juga yang harus menggunakan resep dokter.
  • Asam salisilat
    Ampuh mengatasi kulit kepala yang berkerak karena ketombe. Namun efek sampingnya kulit kepala mengalami kekeringan. Jadi harus menggunakan pelembab kulit kepala dan rambut juga.

2. Produk antiketombe dari resep dokter

Selain produk antiketombe yang dijual bebas, ada juga produk antiketombe yang dijual melalui resep dokter yang mengandung bahan :
  • Selenium sulfida
  • Sampo berbahan ter
Kedua bahan ini memiliki fungsi yang sama menghambat kematin sel kulit kepala dan mengurangi jamur Malassezia. Namun efek sampingnya dapat mengubah warna rambut sehingga harus diresepkan oleh dokter.

3. Menggunakan bahan alami/herbal untuk mengatasi ketombe

Selain produk antiketombe yang beredar di pasaran umum maupun dari apotek, cara mengatasi ketombe secara permanen yaitu dengan menggunakan bahan alami atau herbal contohnya minyak zaitun, lidah buaya, dan baking soda.

4. Mengatur psikologis

Ketombe dapat muncul akibat rasa gelisah, stres dan depresi. Ciptakan kondisi jiwa yang tenang, berpikir positif dan menghindarkan dari penyebab stres dan depresi

5. Memperkuat tubuh

Memperkuat tubuh dengan mengkonsumsi asupan vitamin B, omega 3 dan probiotik yang memiliki kandungan bakteri baik untuk keseimbangan tubuh

5 Tips di atas untuk menghilangkan ketombe secara permanen. Namun apabila masih bermasalah dengan kulit kepala seperti kulit kepala berwarna merah, gatal, bengkak, ketombe tetap ada padahal sudah sebulan menggunakan shampo antiketombe, maka harus dikonsultasikan kepada dokter anda untuk mencari solusi yang lebih tepat. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.
   
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments