11 Makanan sehat agar anak cerdas, pintar dan sehat

11 Makanan sehat agar anak cerdas, pintar dan sehat

11 Makanan sehat agar anak cerdas, pintar dan sehat

Memiliki anak yang cerdas merupakan salah satu dambaan orang tua. Berbagai upaya dilakukan oleh orang tua agar anak memiliki kecerdasan yang tinggi. Memang banyak faktor yang mempengaruhi kecerdasan seorang anak, dari mulai kebiasaan/habbit anak,pendidikan orang tua kepada anak, dan juga faktor makanan yang dikonsumsi oleh anak.

Melalui posting ini Masdinko memfokuskan pada makanan untuk kecerdasan anak, berdasarkan penelitian dan pengetahuan. Makanan menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan kecerdasan anak. Dengan makanan yang bernutrisi akan meningkatkan kinerja otak, sehingga otak akan lebih mudah dan cepat dalam merespon suatu informasi.

baca juga : Tips ampuh menumbuhkan rambut pada kepala botak

Meningkatkan kecerdasan dimulai saat ibu hamil, dengan asupan nutrisi yang tepat ibu hamil dapat mentransfer kecerdasan juga melalui transfer genetika dari sang ibu. Apabila anak telah lahir pemberian makanan yang tepat juga dapat meningkatkan kecerdasan anak ditambah juga dengan pola pengasuhan, pendidikan dan penanaman kebiasaan/habbit yang baik.

baca juga : Tips menambah berat badan anak 2019

Berikut ini 12 makanan sehat untuk meningkatkan kecerdasan anak. 


1. Ikan 


 Sejak dulu ikan dikenal dapat meningkatkan kecerdasan dengan kandungan asam lemak omega 3 yang baik untuk otak. Contoh ikan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak yaitu ikan salmon. Manfaat makanan ikan pada otak yaitu menajamkan pikiran dan meningkatkan kemampuan mental.

2. Kacang hijau

Kacang hijau mengandung asam folat, vitamin C, zat besi, magnesium, zinc, potasium, mangan, tembaga, fosfor dan thiamin yang bermanfaat untuk otak. Harganya relatif terjangkau dan murah sehingga tidak ada kesulitan untuk memberikannya pada anak.


3. Selai kacang


Selai kacang mengandung anti oksidan dan vitamin untuk memproteksi membran sel otak dari radikal bebas. Cara mengkonsumsi dengan roti sebagai sarapan pagi.

4. Susu dan Yogurt


Anak-anak pasti tahu namanya susu dan yogurt. Keduanya memiliki protein tinggi dan sumber vitamin terutama vitamin D dan B yang juga bagus untuk memperbaiki sel-sel otak.

5. Telur

Telur baik dikonsumsi anak dengan porsi yang pas dan tepat, tidak berlebihan dan tidak juga kekurangan. Telur mengandung protein yang tinggi dan terdapat kolin dalam kuning telur yang baik untuk tumbuh kembang otak.

6. Sayuran berwarna

Sayuran berwarna memiliki banyak manfaat yaitu untuk anti oksidan, meningkatkan pertumbuhan fisik dan psikis. Contoh sayuran berwarna yaitu wortel, tomat, brokoli, labu, kubis dan lainnya. Usahakan untuk mengenalkan sayuran kepada anak sejak dini.

7. Daging sapi bebas lemak

Daging sapi bebas lemak memiliki kandungan zat besi yang membantu otak anak berkonsentrasi dan membantu meningkatkan daya ingat anak. Daging sapi juga membantu dalam penyediaan energi untuk menunjang aktivitas anak.  

8. Oat/oatmeal

Oat/oatmeal banyak ditemukan di makanan sereal. Makanan sereal banyak disukai anak dan cocok dijadikan sarapan pagi maupun makan biasa. Kandungan karbohidrat banyak ditemukan pada oat/oatmeal yang bermanfaat untuk asupan otak. Selain itu kandungan vitamin B, vitamin E, zinc dan potasium sangat menolong otak untuk bekerja secara optimal

9. Alpukat

Alpukat terkenal karena rendah lemaknya dan banyak digunakan untuk program diet sebagai pengganti nasi. Manfaat lain dari alpukat yaitu untuk meningkatkan kinerja otak, dan buat anak yang susah makan nasi, alpukat dapat menjadi solusi makanan pengganti nasi.

10. Buah beri

Buah beri memiliki khasiat untuk memperbaiki daya ingat anak. Buah beri seperti strawbery, bluebery dan blackbery memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk kesehatan anak. 

11. Gandum

Gandum berkhasiat untuk meningkatkan kemampuan otak anak. Kandungannya yang rendah lemak, berserat tinggi, mengandung nutrisi vitamin A, E, B6, Saponin, Kalsium, Zat besi, dan mineral, sangat baik untuk mengeluarkan glukosa yang berlebih pada tubuh anak.

baca juga : Cara menurunkan panas anak tanpa harus ke dokter

Demikian 11 makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak. Makanan hanya salah satu faktor saja yang dapat mencerdaskan anak, faktor-faktor lainnya juga ikut berperan dalam menjadikan anak cerdas, seperti pola pengasuhan, pendidikan, kebiasaan/habbit dan lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat. Keep learning and sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments