Baca 7 Cara Mudah Menambah Berat Badan Anak

Baca 7 Cara Mudah Menambah Berat Badan Anak

Baca 7 Cara Mudah Menambah Berat Badan Anak

Berat badan anak yang kurang atau kurus seringkali membuat orang tua khawatir dan cemas pertumbuhan anaknya tidak normal sehingga mencari cara untuk menaikan berat badan anak. Sebelum menyimpulkan anak anda kurus atau tidak sebaiknya pastikan dulu berat badan anak apakah masih dalam grafik timbangan seumurnya. Kalau belum bisa menentukan sendiri bisa dibantu oleh bidan, dokter dan ahli gizi terdekat.

Indikator yang dapat diukur biasanya dari perkembangan tinggi badan dan berat badan. Apabila anak tinggi badannya bertambah namun timbangan berat badan anak tidak bertambah, maka ada indikasi anak memang kurus. Kondisi kurus bisa disebabkan karena berkurangnya nafsu makan anak.

baca : Cara mudah turunkan demam pada anak

Apabila sudah diketahui secara pasti berkurangnya nafsu makan anak sebagai penyebab dari tubuhnya yang kurus, sebagai orang tua anda dapat mencoba beberapa tips cara menambah berat badan anak secara alami. Namun ingat tidak boleh memaksa anak untuk makan melebihi kemampuan konsumsinya, karena dapat berakibat kurang baik terhadap kesehatan psikologis dan fisiknya. Berilah makan anak sesuai dengan kemampuannya.

1. Memilihkan makanan berkalori tinggi


Salah satu cara menambah berat badan anak kecil yaitu dengan memilihkan makanan yang berkalori tinggi. Kebutuhan kalori anak berbeda-beda sesuai dengan umur dan kondisi fisiknya. Secara umum anak umur 2-3 tahun rata-rata membutuhkan 1.000 kkal per hari dan anak dengan umur 4-8 tahun rata-rata membutuhkan 1.200-1.400 kkal per hari. Contoh makanan berkalori tinggi yang bisa dipadukan dengan menu sehari-hari yaitu keju meleleh, butter, apple sauce,cream cheese, cereal plus susu dan lainnya.

2. Jadwal makan yang teratur


Salah satu cara menambah berat badan anak yang kurus yaitu pengaturan jadwal makan. Normalnya makan anak dalam sehari yaitu 3 kali, sarapan pagi, makan siang dan makan malam. Diantara waktu makan tadi diselingi dengan makan buah-buahan dan makanan lain yang bernutrisi tinggi seperti sereal, dan lainnya. Usahakan jadwal makan anak dalam sehari tidak boleh terlewatkan, karena berakibat hilangnya asupan nutrisi anak.

3. Meningkatkan asupan lemak


Meningkatkan asupan lemak dapat dengan cara menambahkan pada menu makan anak setiap hari. Misal bahan memasak dengan menggunakan minyak zaitun,mentega dan mayonase yang kaya akan kalori dan lemak. Bisa juga dengan menambahkan susu pada oatmeal, atau keju meleleh saat makan nasi. Yang penting anak suka dan menikmati makannya.

4. Memilih minuman yang kaya nutrisi


Apabila anak susah sekali untuk makan coba siasati dengan memberinya minuman yang kaya nutrisi seperti jus buah, susu yogurt dan susu segar. Sehingga kalori yang dibutuhkan untuk menambah berat badan tetap bisa dipenuhi. Cara ini efektif untuk menambah berat badan anak usia 5 tahun, karena biasanya anak umur 5 tahun sudah tahu mana makanan yang enak menurut mereka. 

5. Menambah porsi makan dari biasanya


Apabila anak suka dengan 1 jenis makanan seperti roti sandwich, coba tambahkan porsinya 2 kali dari biasanya. Anak suka minum susu dan buah-buahan, bisa dengan memperbesar wadah minum susunya dan pilih buah-buahan yang ukurannya lebih besar dari biasanya.

6. Menambahkan selai kacang, alpukat dan minyak zaitun


cara menambah berat badan anak susah makan yaitu dengan memilihkan makanan yang disukainya. Selai kacang biasanya disukai anak-anak, atau bisa juga menggunakan alpukat dan minyak zaitun yang memiliki kadar lemak tinggi dan memiliki nilai kalori tinggi. Tambahkan pada menu makanan anak seperti roti selai, dan sereal sarapan.

7. Memberikan Anak Suplemen Herbal Extra Food dari HPAI

http://halalmartmajalengka.blogspot.com/2018/12/extra-food-hpai-suplemen-herbal.html

Apabila cara-cara di atas belum berhasil, coba dengan memberikan anak Suplemen Herbal Extra Food produksi HPAI. Extra food HPAI yang berbentuk sirup berasa manis dan kental dapat menambah berat badan anak dengan cepat dan anak-anak pasti menyukainya. Extra Food mengandung 23 ekstrak sinergi buah dan sayuran sehingga cocok untuk anak yang kurang suka buah dan sayuran. Dapat dikonsumsi oleh balita minimal 6 bulan sampai usia dewasa. Khasiat utama dari extra food yaitu meningkatkan nafsu makan dan menambah berat badan.

baca : Herbal untuk mengatasi flu dan pilek

Beberapa testimoni dari pengguna extra food menyatakan adanya penambahan positif pada berat badan anak setelah mengkonsumsi extra food. Disamping itu rasanya yang manis dan enak membuat anak-anak suka meminum extra food. Extra food dapat dikonsumsi rutin dan tidak ada efek samping karena bahannya herbal 100% alami.
        
Demikian tips menambah berat badan anak yang kurus, semoga dapat bermanfaat. Keep learning and sharing.           
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments