Cara Mudah Merawat Motor Saat Musim Hujan Pengalaman Sendiri

Cara Mudah Merawat Motor Saat Musim Hujan Pengalaman Sendiri

Cara Mudah Merawat Motor Saat Musim Hujan Pengalaman Sendiri


Merawat motor
penting dilakukan apalagi saat musim hujan. Merawat motor saat musim hujan sedikit berbeda dengan saat musim kemarau. Biasanya di musim hujan yang frekwensi turun hujannya lebih sering akan membuat motor kesayangan kita tampak lebih kotor, sehingga merawat motor saat musim hujan akan lebih intensif dibanding saat musim hujan. Motor yang kurang dalam perawatan seringkali mengakibatkan pemiliknya menjadi repot, karena biasanya akan menyebabkan kinerja motor menjadi terganggu.

Hal tersebut dirasakan sendiri oleh Masdinko, dan syukur Alhamdulillah tidak terjadi hal-hal yang fatal. Jadi ceritanya begini, bermula dari sering turunnya hujan, membuat motor menjadi kotor, namun untuk mencucinya seringkali malas, malas karena berpikirnya, besok juga hujan lagi, jadi motor akan kotor lagi, dan terus berulang seperti itu. Akibat jarang mencuci motor pengawasan terhadap kondisi motor menjadi kurang, karena biasanya kalau mencuci motor sendiri sambil mencuci kita juga akan memeriksa bagian-bagian motor. Jadi kalau ada bagian motor yang kondisinya sudah kurang baik, minimalnya akan jadi catatan atau ingatan, untuk nanti diganti apabila sudah punya uangnya hehe.

Singkat cerita Masdinko lupa mengecek kondisi ban motor, dan suatu hari harus mengantarkan istri ke daerah Sumedang, jarak tempuh sekitar 1 jam dari tempat tinggal. Saat berangkat Alhamdulillah selamat sampai tujuan. Nah saat perjalanan pulang, sebelumnya hujan turun deras, membuat jalan yang dilalui basah dan licin. Saat itu ada perbaikan/pengecoran jalan, jadi tanah yang basah dan licin  masuk ke jalan, pada saat jalan, Masdinko mencoba mengerem menggunakan rem depan mengimbangi rem belakang, karena di depan ada motor, yang kalau tidak direm malah akan menabraknya, dengan kondisi jalan yang licin, ban motor yang gundul, malah pengereman itu membuat setir motor melenting ke kanan dan pada akhirnya jatuhlah motor dan pengendaranya sama istri juga yang dibonceng di belakang. Alhamdulillah banyak orang di tempat itu yang sukarela menolong Masdinko dan istri. Sambil menahan sakit akhirnya perjalanan dilanjutkan. 2 hari kemudian ban motor langsung diganti. Hikmahnya yaitu merawat motor itu penting dan jangan ditunda-ditunda karena berkaitan juga dengan keselamatan pengendara dan penumpangnya.

Selain memperhatikan mengenai perawatan roda/ban motor, banyak aspek lainnya yang harus dilakukan dalam merawat motor saat musim hujan, beberapa diantaranya kami informasikan di bawah ini :

1. Mencuci Bersih Motor
Karena seringnya motor dibawa saat datang hujan, tentunya membuat motor sering kehujanan dan terkena air hujan. Air hujan berbeda dengan air biasa, air hujan mempunyai kandungan zat asam yang bisa menimbulkan karatan dan merusak keindahan motor karena membuat cat motor luntur. Jadi cucilah motor terutama setelah motor kehujanan dan cuci dengan air yang biasa bukan dengan air hujan.

2. Periksa rantai motor
Air hujan yang mengandung asam akan membuat komponen motor yang terbuat dari logam mudah berkarat, salah satunya rantai motor. Namun apabila motor menggunakan penutup rantai, relatif lebih aman dari karat. Namun apabila tidak menggunakan penutup rantai, disarankan untuk lebih sering dicuci dan diberi pelumas rantai motor.

3. Ban Motor
Untuk mengecek komponen ban, sangat mudah sekali, karena bisa terlihat langsung. Yang perlu dilihat yaitu permukaan ban. Ban harus diganti apabila pola kembang (permukaan ban) sudah tipis.
Apalagi saat musim hujan, jalanan pastinya lebih licin.

4. Kanvas Rem serta Piston Cakram Rem
Untuk kanvas rem apabila motor telah dicuci, injaklah pedal rem agar kanvas rem yang terbuat dari bahan asbes yang menggelembung terkena air dapat mengeras kembali. Untuk perawatan rem cakram cukup mudah, anda tinggal membersihkannya saja, karena komponen berada di area yang mudah dijangkau.

5. Kotak Saringan Udara     
Perawatan komponen ini cukup dengan membersihkannya,saat musim hujan apabila komponen ini basah akan mengganggu proses pembakaran pada ruang bakar mesin.

6. Busi
Merupakan komponen yang vital untuk motor. Apabila busi rusak, motor tidak akan bisa hidup dan beroperasi seperti biasanya. Pemeriksaan rutin sebaiknya dilakukan dengan secara rutin memeriksa dan membersihkan busi yang kotor. Apabila busi kotor atau basah akan membuat proses pengapian tidak berfungsi. Cara merawat busi sederhana saja, cabut busi dari kabelnya, bersihkan dengan lap atau ampelas, dan bersihkan juga kabel businya.

7. Rem depan serta Rem Belakang
Fungsi rem sangat vital untuk kendaraan bermotor, rem berfungsi untuk menghambat/mengurangi kecepatan kendaraan dan mengontrol kecepatan kendaraan. Rem depan dan belakang dua-duanya memerlukan perawatan yang baik, periksa rem minyak dan fungsi rem sebelum menggunakan kendaraan, bersihkan apabila terdapat kotoran-kotoran. Apabila pengereman dirasa kurang maksimal coba periksakan kanvas rem, apakah sudah harus diganti atau tidak.

8. Knalpot
Kotoran air hujan seringkali menempel pada knalpot baik pada permukaan maupun pada bagian dalam leher knalpot. Bagian luar cukup dengan kita membersihkannya, namun untuk bagian dalam, dapat menggunakan cara : coba semprotkan oli ke bagian dalam knalpot, leher bagian dalam diolesi dengan grease. kemudian pasang lagi dan panaskan motor selama kurang lebih 5 menit.

9. Kabel Body
Periksa kabel-kabel pada motor, apabila body motor dalam keadaan terbuka, amankan kabel-kabel supaya tidak terjadi konslet. Cara merawat motor dengan menutup sambungan-sambungan kabel dan apabila body motor dalam keadaan terbuka diusahakan untuk dipakaikan tutup body motornya.

10. Jari-jari roda motor
Jari-jari sepeda motor pastinya banyak terkena air hujan dan kotoran tanah. Sering-seringlah membersihkannya, supaya tidak terjadi karatan.

Demikian beberapa tips mudah merawat motor saat musim hujan. Semoga informasi yang singkat ini dapat bermanfaat. Keep learning and sharing.          
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments