Daftar Istilah Google ADSENSE Bagi Publisher Pemula

Daftar Istilah Google ADSENSE Bagi Publisher Pemula

Daftar Istilah Google ADSENSE Bagi Publisher Pemula


Apabila anda seorang blogger yang masih pemula seperti saya, ada baiknya menyempatkan waktu untuk mengetahui daftar istilah Google Adsense. Istilah-istilah ini seringkali dijumpai saat mengakses akun adsense. Saat melihat dan mengamati perkembangan penghasilan adsense, pasti akan menemui istilah-istilah tadi.
Saya mencoba mengumpulkan beberapa istilah google adsense ini, karena seringkali saya lupa artinya, jadi untuk mempermudah, saya tuliskan saja dalam bentuk artikel sederhana ini.

Pemahaman akan daftar istilah google adsense, dapat meningkatkan analisa kita terhadap perkembangan penghasilan blog. Ada beberapa istilah yang berkaitan langsung dengan penghasilan di adsense. Dengan pemahaman yang baik, akan lebih mudah bagi pemilik blog untuk memperbaiki kekurangan yang ada di blognya.

Baca Juga : Cara Mudah Buat Iklan Adsense LINK ADS Tingkatkan Earning Blog

Untuk lebih jelasnya, yuk kita sama-sama belajar mengenai istilah google adsense ini 

1. Akun Hosted dan Non Hosted

Awalnya saya tidak paham apa itu akun hosted dan akun non hosted pada akun adsense. Dulu saat saya mendapatkan akun adsense, sekitar tahun 2002, belum ada istilah ini. Jadi ternyata yang membedakan kedua akun ini yaitu waktu pendaftaran awal akun adsense. Beberapa perbedaan akun hosted dan non hosted dapat dilihat di bawah ini :

Akun adsense Hosted :
  • Didaftarkan melalui blogspot atau youtube
  • Iklan hanya dapat ditampilkan di blogspot dan youtube
  • Hanya melalui sekali masa review
  • Iklan tidak dapat ditampilkan di blog yang menggunakan TLD (Top Level Domain)
 Akun Non Hosted :
  • Pendaftaran menggunakan blog yang memiliki domain (TLD)
  • Pendaftaran terbilang sulit karena pendaftarannya melalui 2 masa review
  • Iklan dapat tayang di blog manapun,mau blogspot atau blog dengan TLD (Top Level Domain)
2. Publisher dan Advertiser

Publisher adsense yaitu pihak yang mempromosikan iklan-iklan yang terdaftar di goggle. Publisher mengiklankan melalui website, blog atau video (youtube). Sedangkan Advertiser yaitu pihak yang memasang iklan di google. Advertiser lah yang membayar kepada Google.

3. Visitor dan Unique Visitor (Pengunjung Organik)
Visitor atau pengunjung yaitu pengunjung blog secara umum. Sedangkan Unique Visitor yaitu pengunjung yang murni datang dari mesin pencari atau search engine seperti google, yahoo, bing dan lain-lain.

4. Page View (PV)

Page view yaitu jumlah halaman pada blog atau website yang dibuka oleh pengunjung. Semakin banyak pengunjung yang membuka halaman blog maka semakin besar pula pageviewnya. 

5. CPC (Cost Per Click)

Dalam istilah Indonesianya dikenal dengan Biaya Per Klik (BPK). Nilai CPC masing-masing iklan berbeda. Pendapatan CPC didapatkan dari klik pada iklan yang dilakukan oleh pengunjung blog.

6. CTR (Click Through Rate)

Perbandingan antara jumlah klik dengan total tayang laman suatu blog atau web. Inilah yang disebut dengan CTR. Dalam bahasa Indonesia disebut dengan RKT (Rasio Klik Tayang). Rumus untuk menghitung CTR = (click/pageview) x 100

7. Revenue Per Thousand Imppression (RPM)

Dalam istilah Indonesia disebut dengan PPS (Pendapatan Per Seribu Tayang). RPM akan memperlihatkan pendapatan tertaksir. Secara garis besarnya RPM menunjukan pendapatan yang diterima setiap 1000 kali tayang. Untuk menghitungnya dapat menggunakan rumus ini, RPM=(Pendapatan Tertaksir/Jumlah Tampilan halaman)x1.000
Misal :
- Pendapatan adsense tertaksir $2 dari 100 laman
- Maka RPM = ($2 : 100)x1.000 = $20

8. Estimated Earning

Merupakan perkiraan pendapatan yang akan diterima publisher dari iklan yang dipasang di blognya atau youtube dalam jangka waktu tertentu. Ini masih bersifat belum pasti, hanya berupa perkiraan saja.

9. NTCN (Money Transfer Control Number)

Ini khusus bagi publisher yang pembayarannya melalui Western Union (WU). Akan dikirimkan nomor khusus yang dikirimkan oleh Google. Nomor ini akan dikirim apabila sudah melewati batas minimal pembayaran sebesar $100.  

10. PIP (Payment in Progress)

Adalah status pembayaran yang masih dalam proses. Hal ini menunjukan bahwa bulan tersebut dapat mencairkan uang yang ada di akun adsense. Biasa tanggal 21-25 setiap bulannya.

11. Payment Issue (PI)

Setelah proses PIP berlanjut ke proses PI. Pada proses ini publisher akan menerima kode pembayaran dari Adsense, yang dikirim ke email dan dipakai untuk mencairkan uang di kantos pos (WU)

12. Pay Out (PO)

Adalah artinya uang cair dari google adsense, batas pencairan yaitu $100. Untuk metode pencairan bida melalui Western Union dan dicairkan di Kantor Pos dan bank lokal seperti BCA, BNI, Mandiri dan BRI.

Itulah beberapa istilah Adsense yang pasti akan sering dilihat di akun adsense atau email kita. Sebenarnya ada banyak istilah lainnya, namun sementara 12 istilah dulu, insyaa Allah disambung lagi di artikel selanjutnya. Dengan mengetahui istilah google adsense, kita akan dapat menganalisa mengenai kinerja adsense kita yang pada akhirnya dapat meningkatkan penghasilan google adsense. Demikian informasi mengenai istilah google adsense, semoga dapat bermanfaat. Keep learning & sharing.    
                  
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments