Cara Mudah Buat Iklan Adsense LINK ADS Tingkatkan Earning Blog

Cara Mudah Buat Iklan Adsense LINK ADS Tingkatkan Earning Blog

Cara Mudah Buat Iklan Adsense LINK ADS Tingkatkan Earning Blog


Sebagai pemilik sebuah website atau blog yang telah dimonitasi dengan Google Adsense, tentunya kita ingin selalu mendapatkan penghasilan maksimal setiap bulannya. Keinginan itu baik namun harus diikuti juga oleh kemampuan dalam memaksimalkan kreatifitas yang dimiliki. Selain kreatifitas dalam menulis artikel diperlukan juga kreatifitas dalam strategi memasang iklan pada blog kita. Untuk menulis artikel yang terpenting kita dapat konsisten dan rutin dalam menulis artikel, namun tetap memperhatikan juga kualitas dari artikel tersebut. Memperbanyak kosakata dalam sebuah artikel merupakan salah satu senjata ampuh untuk bersaing dengan blog lain dalam merebut halaman pertama (page one) google.

Untuk strategi memasang iklan pada blog,memang diperlukan trial and error, artinya mencoba dulu dan amati hasilnya. Setelah pengamatan baru kita dapat menyimpulkan bahwa strategi pemasangan iklan tersebut berhasil atau tidak dalam meningkatkan penghasilan di blog. Untuk uraian kali ini Masdinko mencoba memasang Link Ads menggantikan Image Ads (Ads yg ada gambarnya).
Link Ads merupakan salah satu Ads unit yang ada di adsense dengan model/bentuk teks. Teks tersebut dapat diklik karena terdapat live link, yang isinya merupakan iklan. Yang menarik dari Link Ads yaitu teks linknya akan menyesuaikan dengan isi dari artikel, misal isi artikel tentang kesehatan, maka link ads juga akan menampilkan teks/link tentang kesehatan. Dari sisi pengunjung mungkin akan menganggap itu sebagai menu atau lanjutan teks yang dia baca, jadi ada rasa ingin tahu untuk mengklik link ads tersebut.
Sebaliknya dengan Ads yang berbasis gambar, seringkali antara iklan dan isi artikel tidak nyambung dan berkaitan sehingga pengunjung akan enggan untuk mengkliknya.

Baca Juga : Daftar Istilah Google Adsense Bagi Publisher Pemula

Setelah kita menentukan jenis iklan yang akan dipasang pada blog, yaitu Link Ads langkah selanjutnya yaitu memikirkan posisi Link Ads akan dipasang. Seperti yang kita ketahui ada beberapa posisi pemasangan iklan pada suatu blog diantaranya posisi header/banner, di atas posting, di tengah posting, di bawah posting, di atas komentar, di sidebar, di footer, ditengah-tengah navigasi/menu, dan lain-lain.
Untuk posisi Link Ads menurut Masdinko lebih pas kalau ditempatkan di atas, tengah dan di bawah artikel. Ini karena karakteristik Link Ads yang berbentuk teks dan iklannya menyesuaiakn dengan isi/konten artikel. Jadi penempatannya lebih cocok menyatu dengan artikel, baik di atas, tengah atau di bawah artikel.

Lalu bagaimana caranya membuat kode iklan Link Ads ? membuat Link Ads sangat mudah sekali, anda login dulu ke akun adsense anda,



kemudian klik Ad units, kemudian pilih gambar yang pertama, Text & Display Ads, kemudian beri nama Ads unitnya,





pada menu Showing terdapat beberapa pilihan, pilih yang paling bawah Link Ads. Untuk ukuran silahkan pilih sesuai kebutuhan, saya memilih Responsive untuk ad units ini.




Lalu akan muncul menu Ad Code, copy code iklan tersebut.

Sebelum melakukan pemasangan di blog, parse dulu kode iklan tadi disini

Untuk pemasangan Link Ads ini, tadi sudah sempat dibahas untuk penempatan lebih efektif dipasang di dalam artikel, baik itu di atas, di tengah atau di bawah artikel. Lalu bagaimana cara memasangnya?

Langkah Pertama : buka akun blogger sobat, kemudian masuk ke Themes (Tema), pilih Edit HTML. Setelah muncul code HTML nya, arahkan pointer mouse pada code HTML mana saja, kemudian tekan tombol keyboard CTRL+F, cari kode <data:post.body/>

Langkah Kedua : ganti kode tersebut dengan kode ini :

<div expr:id='&quot;post1&quot; + data:post.id'/>
<div class='googlepublisherads' style='margin:20px 0'>
<center>
--Letakan kode iklan hasil parse disini--
</center>
</div>
<div expr:id='&quot;post2&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
<script type='text/javascript'>
var obj0=document.getElementById(&quot;post1<data:post.id/>&quot;);
var obj1=document.getElementById(&quot;post2<data:post.id/>&quot;);
var s=obj1.innerHTML;
var t=s.substr(0,s.length/2);
var r=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);
if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);}
</script> 
 
Keterangan :
Warna biru : Ganti dengan kode iklan anda yang sudah diparse
Warna merah : Menunjukan posisi iklan, /2 menunjukan posisi tengah, apabila ingin sepertiganya, ubah menjadi /3

Cara di atas tadi untuk memasang iklan di tengah-tengah artikel. Bagaimana kalau iklan dipasang di atas posting atau di bawah posting ?
Iklan sebelum posting, anda tinggal meletakan kode iklan sebelum kode Langkah Kedua di atas.  
Iklan setelah posting, anda tinggal meletakan kode iklan setelah kode Langkah Kedua di atas.

Demikian informasi mengenai Link Ads, cara membuat Link Ads dan Cara memasangnya di blog, semoga informasi yang sedikit ini dapat bermanfaat. Let's Learning & Sharing                
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments