Kisi-kisi Soal Tes Kompetensi Bidang SDM Pelaksana PKH 2020


Daftar nama peserta yang telah lolos seleksi Administrasi Pelaksana PKH 2020 Kemensos RI telah diumumkan beberapa hari yang lalu. Selamat bagi anda yang telah berhasil lolos seleksi administrasi PKH 2020. Untuk tahap selanjutnya akan diadakan Tes Kompetensi Bidang dan Psikotest. Bagi yang berhasil lulus dalam Tes Kompetensi Bidang dan Psikotest akan diumumkan pada tanggal 21 Maret 2019, dan mulai bekerja sekitar April-Mei 2019.

Baca Juga : Hasil Seleksi Administrasi Pelaksana PKH Tahun 2020

Untuk dapat lulus dalam tes Kompetensi Bidang dan Psikotest ini, para peserta harus berusaha keras dengan persiapan matang baik secara fisik maupun mental, karena memang persaingan yang sangat ketat dari para peserta lainnya. Salah satu persiapan yang dapat dilakukan yaitu dengan bersiap menghadapi soal-soal kompetensi bidang dan psikotest. Berkaca dari pelaksanaan seleksi PKH tahun 2019 sebelumnya, dapat dijadikan sebagai latihan dan contoh soal tes kompetensi bidang dan psikotest.
Sebelum membahas mengenai soal-soal tersebut, ada baiknya peserta mengetahui tahapan-tahapan dalam seleksi kompetensi bidang dan psikotest ini. Tahapan-tahapan ini berkaca dari pelaksanaan seleksi PKH tahun 2018.

Yuk langsung kita simak tahapan-tahapan tersebut untuk calon Pendamping Sosial, Pekerja Sosial dan Asisten Pendamping PKH.
  1. Psikotest. Psikotest akan dilakukan oleh Tim Psikolog. Persiapkan mental dan konsentrasi anda dalam menghadapi psikotest ini.
  2. Bimtek (Bimbingan Teknis) mengenai Program Keluarga Harapan (PKH). Isi dari Bimtek ini yaitu : kemampuan adaptasi, partisipasi dan tingkat keaktifan, kemampuan menguasai suasana, sikap menghargai, kemampuan menyampaikan pendapat dan kerjasama.
  3. Tes Tulis mengenai wawasan pengetahuan sosial dan materi bimbingan teknis PKH.
Adapun untuk calon Administrator Database PKH, tahapan-tahapannya sebagai berikut :
  1. Psikotest. Psikotest akan dilakukan oleh Tim Psikolog. Persiapkan mental dan konsentrasi anda dalam menghadapi psikotest ini.
  2. Bimtek (Bimbingan Teknis) mengenai Program Keluarga Harapan (PKH). Isi dari Bimtek ini yaitu : kemampuan adaptasi, partisipasi dan tingkat keaktifan, kemampuan menguasai suasana, sikap menghargai, kemampuan menyampaikan pendapat dan kerjasama.
  3. Tes Tulis mengenai pengetahuan ilmu komputer dan bimtek PKH
  4. Praktek mengerjakan soal-soal pengolahan data komputer

Adapun untuk calon Koordinator, tahapan-tahapannya sebagai berikut :
  1. Tes Psikologi.
    Tes psikologi dilakukan untuk mengukur potensi, kemampuan kognitif, kecenderungan perilaku, gaya kerja, melalui kesesuaian profil peserta terhadap profil/jabatan yang dibutuhkan. Tes yang dilakukan yaitu tes psikometri 
  2. Wawancara (Interview)
    Materi wawancara berupa pertanyaan yang ditentukan untuk mengukur kompetensi tertentu dengan berpedoman pada panduan wawancara berbasis kompetensi yang telah ditetapkan.
  3. Focus Group Disc (FGD)
    Berupa penyampaian topik masalah untuk didiskusikan, peserta akan diamati dan dinilai perilaku dan keaktifannya, peserta diskusi terdiri dari minimal 4 orang.
  4. Wawancara konfirmasi
    Wawancara mengenai kesediaan peserta terhadap hal-hal berikut :
  • Penempatan lokasi kerja
  • Tidak mengundurkan diri minimal 1 tahun setelah dinyatakan lulus
  • Jumlah honor yang akan diterima
  • Bekerja secara purna waktu
  • Tidak memiliki ikatan kerja lainnya (double jobs)

Nah sudah jelaskan mengenai tahapan-tahapan seleksi yang akan dihadapi. Dari mulai sekarang dipersiapkan secara matang agar dapat mencapai hasil yang maksimal.

Baca Juga : Cara Menghadapi Tes Psikotes PKH 2020

Kisi-kisi soal kompetensi bidang PKH 2020 memang belum ada yang mengetahui secara pasti, namun contoh soal kompetensi bidang tahun 2019 diharapkan akan menjadi sedikit gambaran dalam menghadapi tes kompetensi bidang PKH 2020. Di bawah ini contoh soal tahun 2019. Buka filenya disini

File contoh di atas tidak utuh semuanya. Untuk mendapatkan soal-soal kompetensi bidang PKH, anda dapat berkunjung ke blog ini

Post a Comment for "Kisi-kisi Soal Tes Kompetensi Bidang SDM Pelaksana PKH 2020"