Cara Mengatasi Error Load Driver A Required CD/DVD Drive Device Driver Is Missing

Cara Mengatasi Error Load Driver A Required CD/DVD Drive Device Driver Is Missing

Cara Mengatasi Error Load Driver A Required CD/DVD Drive Device Driver Is Missing


Kali ini saya akan menceritakan pengalaman atau testimoni mengenai beberapa masalah atau error pada saat menginstall Windows 7 pada netbook Dell Inspiron 3162 (berlaku juga untuk perangkat PC atau laptop). Permasalahan yang akan saya bahas yaitu cara mengatasi error Load Driver A Required CD/DVD Drive Device Driver Is Missing. Yang apabila diterjemahkan Kegagalan menemukan driver device/perangkat. Perangkat disini bisa perangkat hardisk atau perangkat port USB. Permasalahan lainnya yaitu pada saat mempartisi hardisk, muncul error juga dengan notifikasi seperti ini : Setup was unable to create a new system partition or locate an existing system partition. See the Setup log files for more information.
Kedua masalah itulah yang muncul pada saat menginstall Netbook Dell Inspiron 3162. Bermula ketika seorang teman dari istri, membutuhkan netbook untuk mengerjakan pekerjaan di kantornya, setelah diberikan brosur netbook, akhirnya dia memilih Netbook Dell Inspiron 3162. Seperti biasa karena netbook tidak dilengkapi dengan DVD-Drive, jadi membuat dulu Windows7 Bootable di Flashdisk, jadi menginstalnya melalui media flashdisk. Cara membuatnya sangat mudah, kita harus memiliki dahulu file ISO dari Windows 7 nya, dan kemudian untuk bootablenya bisa menggunakan software Rufus, Yumi, WinToFlash, dan Power ISO (Full version).

Baca Juga : Cara Mudah Meningkatkan Kecepatan Komputer Laptop

Setelah siap Windows7 nya, booting melalui flashdisk, disetting dulu pada BIOS nya, untuk booting pertama melalui perangkat USB Flashdisk (USB Storage). Booting Kedua pilih Hardisk. Biasanya untuk menginstall Windows 7 ini tanpa hambatan dan halangan, tinggal mengikuti dan memilih menu yang ada di layar. Namun pada saat masuk ke menu Install Windows, ada error yang muncul, notifikasinya : Load Driver A Required CD/DVD Drive Device Driver Is Missing. Awalnya sempat bingung, karena memang jarang menemui seperti ini. Setelah browsing kesana kemari, ada beberapa penyebab dan solusi mengatasi error ini :
  1. Pengaturan pada BIOS,masuk ke menu Advance dan mengganti pilihan hardisk driver dari SATA ke AHCI. Saya coba masuk ke Biosnya Dell 3162, dan ternyata sudah diset ke AHCI. Jadi cara yang ini Gagal.
  2. Coba periksa Flashdisk Installer Windows 7 tadi, barangkali ada file yang rusak/corrupt/error. Dan saya pastikan Installer baik-baik saja. Cara ini Gagal
  3. Kurangnya arus listrik yang dibutuhkan oleh perangkat instalasi (DVD,Flashdisk,Hardisk, DVD Eksternal). Solusi dengan memindahkan port Installer Windows7, coba pindahkan ke Port USB lainnya, dan hasilnya Gagal Juga. Error masih tetap ada.
  4. Masalah pada USB Port. Dell Inspiron 3162 ini saya lihat dari manual booknya, memiliki 2 port USB, 1 port USB 3.0 dan 1 port USB 2.0. Dan dugaan saya adanya error tersebut akibat Windows 7 mendeteksi USB 3.0 dan driver untuk USB 3.0 tersebut tidak tersedia di Windows 7 Installer. Dan ternyata dugaan saya tidak salah, dari berbagai sumber saya baca memang Windows 7 tidak memiliki driver untuk USB 3.0, adanya driver untuk USB 2.0. Jadi yang harus dilakukan yaitu memasukan driver USB 3.0 ke dalam Windows 7 Installer. Tapi bagaimana caranya ? Cara yang paling efektif yaitu dengan menggunakan software PowerISo karena memang di dalamnya ada fasilitas untuk membuat itu. PowerISO yang digunakan harus sudah Full Version, karena untuk versi Trial ada pembatasan kapasitas file yang bisa diproses. Silahkan cari sendiri di Google ya...
Setelah siap PowerISOnya, yuk kita mulai buat cara memasukan driver USB 3.0 ke dalam Installer Windows 7
1. Colokan Flashdisk yang berisi Installer Windows7
2. Download dan ekstrak driver USB 3.0 nya Intel(R) USB 3.0 eXtensible Host Controller Driver
Dapatkan filenya disini :
https://downloadcenter.intel.com/product/65855

Ada 2 file Zip untuk driver tersebut, ekstrak semuanya dan tempatkan dalam satu folder yang sama namun sub folder berbeda.
Misal c:\USB3\Driver1 dan c:\USB3\Driver2

Untuk pengguna netbook Dell dapat mendownload ke Website Dell.

3. Masuk ke PowerISO dan pilih menu Tools > DISM Tool. Apabila diminta untuk masuk sebagai akun Admin jawab Yes saja.





4. Mount file WIM yang ada di Installer Windows 7



Klik tombol Mount, untuk image file pilih file boot.wim yang ada di Installer Windows 7. Misal H:\sources\boot.wim






Image Index, pilih yang kedua, misal Microsoft Windows Setup (x64)
untuk isian Mount Path, kita buat dulu folder, drivenya bebas,misal di c:\mount

Kemudian kita klik Mount



Apabila berhasil ada notifikasi "the operation completed succesfully). Pilih Ok untuk menutup menu

5. Memasukan driver ke "image"


Pilih menu Driver Servicing
, pilih mount foldernya, yang tadi kita buat yaitu di c:\mount

Kemudian pilih menu Add Driver
Driver folder isi dengan path c:\usb3 atau klik browse
Centang pilihan "Recurse-Querry all subfolders for drivers"

Proses memasukan driver dimulai..


6. Unmount file WIM




masuk ke menu Mount/Unmount
pilih mounted images list
Tekan tombol Unmount




muncul menu unmount image, pilih mount pathnya dan centang commit-save the changes when unmounting image file.
klik Unmount

ada notifikasi ini This operation completed succesfully. Klik OK


Kita telah berhasil membuat installer Windows 7 yang telah diisi dengan driver USB 3.0

Selanjutnya install komputer dengan Installer Windows 7 ini, gunakan port USB 3.0 saat menginstall karena pada saat loading driver port USB sudah dapat dibaca.

Setelah error load driver sudah teratasi, saya menghadapi error yang lain yaitu saat mempartisi hardisk.
Dengan notifikasi seperti ini :

|

Setup was unable to create a new system partition or locate an existing system partition. See the Setup log files for more information.Ada beberapa cara yang orang lain lakukan untuk mengatasi error seperti ini, namun saya memilih cara yang paling mudah, cara ini dishare salah seorang blogger bule. Caranya yaitu apabila menemui error seperti ini, cabut flashdisk Installer Windows 7, diamkan selama 30 detik-1 menit. Kemudian masukan lagi flashdisk dan klik tombol refresh. Dan alhamdulillah error tadi hilang.
Untuk langkah selanjutnya, install windows 7 seperti biasanya sampai proses instalasi selesai.

Demikianlah cara mengatasi error Load Driver A Required CD/DVD Drive Device Driver Is Missing dan cara mengatasi error Setup was unable to create a new system partition or locate an existing system partition. See the Setup log files for more information. Berdasarkan pengalaman yang saya alami sendiri, semoga bermanfaat. Keep Learning and Sharing.  
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments