Cara Menjaga Kehamilan 5 Bulan

Cara Menjaga Kehamilan 5 Bulan

Cara Menjaga Kehamilan 5 Bulan


Kehamilan merupakan hal yang paling membahagiakan pasangan suami istri. Kehamilan merupakan anugrah dari Allah SWT yang Maha Kuasa yang tiada ternilai. Pada awal kehamilan pasti banyak keluhan yang muncul dari ibu hamil, dari mulai yang malas makan, morning sickness, mual-mual, muntah-muntah dan lain sebagainya. Namun setelah kehamilan berusia 5 bulan, ibu hamil tidak lagi merasakan keluhan-keluhan tadi. Hal yang sama dirasakan juga oleh Mas Dinko. Alhamdulillah saat artikel ini ditulis sang istri sedang mengandung usia kehamilan 5 bulan.

Kehamilan 5 bulan memang tidak terlalu membuat cemas seperti pada saat hamil muda usia 1-3 bulan. Pada kehamilan 5 bulan, janin sudah bisa bergerak-gerak, sudah ada detak jantung, panca indera sedang mengalami perkembangan, sudah dapat mendengar suara organ ibunya dan bahkan sudah bisa mendengar suara dari luar. Apabila dilihat melalui USG pun sudah bisa diketahui jenis kelaminnya.

Walaupun kehamilan usia 5 bulan sudah tidak merepotkan, namun tetap harus dijaga kesehatannya. Beberapa perubahan tampak pada sang ibu, baik secara fisik maupun psikis. Seiring dengan perkembangan janin, tubuh sang ibu pun akan makin membesar dan buncit, pertumbuhan pada organ ASI juga akan makin membesar sebagai persiapan untuk waktu kelahiran sang bayi. Perubahan psikis juga tampak, sang ibu nampak lebih bahagia, hal-hal yang terjadi saat hamil muda sudah tidak muncul lagi. Yang lebih membuat sang ibu bahagia yaitu sudah adanya interaksi dengan sang bayi, adanya respon berupa tendangan-tendangan kecil di perut ibu, adanya pergerakan janin, membuat sang ibu makin bahagia.

Ada beberapa cara menjaga kehamilan 5 bulan, diantaranya :

Rutin mengkonsumsi makanan sehat yang dapat menambah kadar darah dalam tubuh ibu hamil.
Kadar darah cenderung mengalami penurunan saat hamil, sehingga diperlukan asupan makanan yang banyak mengandung zat besi atau dapat juga berupa vitamin yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Dapat dikonsultasikan kepada bidan/dokter kandungan terdekat. Tak lupa juga untuk sering mengecek kadar hb dalam tubuh, seringkali sang ibu mengalami anemia atau kekurangan darah

Rutin mengkonsumsi gizi yang diperlukan oleh janin dalam kandungan
Gizi yang diperlukan janin saat kehamilan 5 bulan yaitu makanan sumber vitamin D dan kalsium. Contohnya telur, susu, ikan dan lainnya. Biasanya kalau waktu hamil muda akan mengalami mual-mual apabila mengkonsumsi makanan tadi, namun apabila sudah kehamilan 5 bulan, biasanya tidak akan merasakan mual.
Khusus untuk janin, makanan yang mengandung omega 3 akan dibutuhkan sekali karena menunjang dalam perkembangan otak. Makanan tersebut misalnya sayur-sayuran, kacang kedelai dan ikan sarden.
Vitamin A juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, karena fungsinya untuk menjaga imunitas janin, pertumbuhan penglihatan, tulang, dan pertumbuhan kulit. Vitamin A banyak terdapat pada     bayam, buah naga, wortel dan lain-lain. Namun konsumsi sesuai kebutuhan saja ya jangan berlebihan

Pada kehamilan 5 bulan, hindari juga mengkonsumsi obat-obat yang biasa kita konsumsi saat tidak hamil, misal obat yang mengandung paracetamol. Pada waktu tidak hamil, paracetamol biasanya dikonsumsi apabila mengalami keluhan sakit kepala. Namun saat sedang hamil, lebih baik dihindari, kalaupun terpaksa, konsultasilah dahulu dengan dokter anda.
Ada tips menarik dari istri saya, apabila mengalami sakit atau keluhan lain, dikarenakan tidak berani untuk mengkonsumsi obat-obatan warung, jadi istri saya beralih  mengkonsumsi D'lemonie Sari Lemon Asli. Sari Lemon Asli dicampur dengan madu dan air. Sari lemon dan madu cukup 1 sendok dan air seperlunya. Insya Allah menyehatkan dan aman buat ibu hamil.

Mudah-mudahan sedikit info ini dapat berguna utamanya bagi yang sedang hamil juga dan bagi Bapak Siaganya juga, semoga diberi kelancaran dalam kelahirannya. Aamiin. Keep learning and sharing....
           
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments