Kalender Puasa 2020 Panduan Puasa Sunnah dan Wajib Tahun 2020

Kalender Puasa 2020 Panduan Puasa Sunnah dan Wajib Tahun 2020

Kalender Puasa 2020 Panduan Puasa Sunnah dan Wajib Tahun 2020


Assalamu'alaikum wr.wb. Alhamdulillah kita masih diberi kesehatan dan keselamatan oleh Yang Maha Kuasa, Allah Subhanallahuwata'ala. Insya Allah sebentar lagi dalam hitungan bulan kita akan memasuki bulan yang mulia, yaitu Bulan Ramadhan Tahun 1441 H. Apabila dilihat dari kalender Masehi insya Allah bulan Ramadhan 1441 bertepatan dengan bulan April tahun 2020 Masehi. Beberapa keistimewaan dari bulan Ramadhan yaitu diperintahkannya ibadah Puasa Wajib selama sebulan penuh. Begitu banyak hikmah dan manfaat dilaksanakannya ibadah puasa diantaranya menyadarkan kita untuk selalu bersikap rendah diri, puasa akan melatih kesabaran dan keikhlasan kita untuk mencapai derajat ketakwaan dan dari sisi kesehatan beberapa penelitian menyimpulkan dengan berpuasa akan menjadikan tubuh kita menjadi lebih sehat.

Ibadah puasa di dalam Islam terdapat 2 macam dilihat dari hukumnya. Yang pertama Puasa Wajib dan yang kedua Puasa Sunnah. Puasa wajib yang merupakan salah satu Rukun Islam dilaksanakan selama sebulan dalam setahun sekali, dilaksanakan pada bulan Ramadhan. Sedangkan Puasa Sunnah yaitu puasa selain puasa wajib yang dilaksanakan pada waktu tertentu dengan hukum sunnah, yaitu apabila dikerjakan mendapatkan pahala apabila tidak dikerjakan tidak berdosa (tidak apa-apa). Untuk puasa sunnah ada beberapa waktu yang memang sudah tetap misalnya Puasa Senin dan Kamis. Untuk puasa sunnah lainnya berpatokan pada penanggalan kalender hijriyah, misal Puasa Sunnah Arafah dan puasa sunnah Asyura. Banyak lagi puasa sunnah yang dapat kita kerjakan dan sangat dianjurkan, sebagaimana Nabi Muhammad selalu mengerjakan puasa-puasa sunnah tersebut. Oh ya ada juga waktu puasa yang DIHARAMKAN alias TIDAK BOLEH dikerjakannya Puasa pada waktu tersebut, yaitu puasa pada tanggal 1 Syawal bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri, puasa pada tanggal 10 Dzulhijjah bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha, dan Puasa Tasyriq pada tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.
 
Bagi anda yang sudah berniat untuk rutin menjalankan ibadah puasa sunnah, maka kami informasikan waktu-waktu puasa sunnah dan puasa wajib Ramadhan 1441 H. Dengan adanya Kalender Puasa Tahun 2020, yang mencakup Puasa Wajib dan Puasa Sunnah akan memudahkan dalam mengamalkan ibadah puasa ini. Untuk puasa wajib atau puasa Ramadhan Tahun 2020, untuk waktu mulainya menunggu informasi terbaru dari pemerintah melalui Kementerian Agama.

Inilah Kalender Puasa Tahun 1440 H atau 2020 LENGKAP. Klik zoom untuk memperbesar gambarnya.

sumber : desainart.net



Uraian lengkap Puasa Sunnah Tahun 1441 H atau Kalender Puasa tahun 2020

1. Puasa Sunnah Senin-Kamis
Waktu pelaksanaan puasa Senin Kamis yaitu dikerjakan pada hari Senin dan Hari Kamis pada setiap pekan. 

Dalil mengenai dikerjakannya Puasa sunnah Senin Kamis ini yaitu 

Dari Abu Qotadah Al Anshori radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, lantas beliau menjawab,

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

“Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.” (HR. Muslim no. 1162)

Keutamaan hari Senin dan Kamis secara umum dijelaskan dalam hadits Abu Hurairah berikut, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ فَيُقَالُ أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا

“Pintu surga dibuka pada hari Senin dan kamis. Setiap hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.” (HR. Muslim no. 2565).

Mengenai keutamaan dari puasa Senin Kamis diantaranya dapat menghapus kesalahan serta dapat meninggikan derajat ketakwaan kita.
Pada kalender Puasa di atas Puasa Senin Kamis ditandai dengan warna KUNING.   

2. Puasa Sunnah Ayyamul Bidh

Puasa Ayyamul Bidh yaitu puasa sunnah yang dikerjakan pada hari ke-13, 14 dan 15 dari bulan Hijriyah. Dinamakan Ayyamul Bidh atau hari putih karena pada malam dari hari-hari tersebut bulan purnama bersinar dengan sinar rembulan yang putih.

Dalil dari Puasa Sunnah Ayyamul Bidh yaitu :
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

أَوْصَانِى خَلِيلِى بِثَلاَثٍ لاَ أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ صَوْمِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَصَلاَةِ الضُّحَى ، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

“Kekasihku (yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: 1- berpuasa tiga hari setiap bulannya, 2- mengerjakan shalat Dhuha, 3- mengerjakan shalat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari no. 1178)

Pada kalender Puasa tahun 2020 di atas, puasa Sunnah Ayyamul Bidh ditandai dengan warna UNGU

3. Puasa Wajib Ramadhan

Puasa Wajib Ramadhan yang merupakan salah satu Rukun Islam, perintahnya terdapat dalam Surat Al-Baqarah Ayat 183.

Allah Ta’ala berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa” (QS. Al-Baqarah [2]: 183).

Inti dari puasa wajib ini yaitu untuk meningkatkan dan menyempurnakan ketakwaan terhadap Allah SWT. Sehingga dapat menahan anggota badan untuk berbuat maksiat. Jadi sungguh besar sekali faidah dan keutamaan dari Puasa Wajib Ramadhan ini.

Pada kalender Puasa tahun 2020 di atas, puasa Wajib Ramadhan Tahun 1441 H ditandai dengan warna HIJAU. Untuk waktu mulainya menunggu keputusan pemerintah melalui Kementerian Agama.

4. Puasa Sunnah Arafah

Pada bulan Dzulhijjah terdapat waktu Puasa Sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan, yaitu Puasa Arafah yang dikerjakan pada tanggal 9 Dzulhijjah. Puasa ini dikerjakan oleh umat muslin yang tidak melaksanakan ibadah haji. Dalil dan keutamaan puasa Arafah yaitu :

Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

“Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

Pada kalender Puasa tahun 2020 di atas, puasa sunnah Arafah ditandai dengan warna PINK. Namun tanggal pastinya menunggu pengumuman dari Pemerintah melalui Kementerian Agama.

5. Puasa Sunnah 'Asyura dan Puasa Tasu'a

Puasa Sunah 'Asyura dikerjakan pada tanggal 10 Muharrom. dan Puasa Tasu'a dikerjakan pada tanggal 9 Muharrom.
Dalil yang mendukung dikerjakannya Puasa Sunah 'Asyura dam Tasu'a yaitu :

Ibnu Abbas berkata: “Ketika Nabi puasa A’syuro dan beliau juga memerintahkan para sahabatnya untuk berpuasa. Para sahabat berkata: “Wahai Rasululloh, hari Asyura adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi dan Nashoro!! Maka Rasululloh berkata: “Kalau begitu, tahun depan Insya Allah kita puasa bersama tanggal sembelilannya juga”. Ibnu Abbas berkata: “Belum sampai tahun depan, beliau sudah wafat terlebih dahulu”. (HR.Muslim: 1134)

Diantara keutamaan mengerjakan puasa Arah ini yaitu dihapuskannya dosa setahun yang lalu.
Pada kalender Puasa tahun 2020 di atas, puasa sunnah 'Asyura dan Tasu'a ditandai dengan warna PINK MUDA.

6. WAKTU HARAM UNTUK PUASA pada Kalender Hijriyah Tahun 1441 H.

Puasa akan berhukum HARAM apabila dikerjakan pada hari-hari di bawah ini :
- Idul Fitri
- Idul Adha
- Hari Tasyrik (11,12,13 Dzulhijjah).

Pada kalender Puasa tahun 2020 di atas, HARI diharamkannya BERPUASA untuk tahun 1441 H, ditandai dengan warna MERAH.

Demikian Uraian mengenai amalan puasa sunnah dan puasa wajib pada tahun 2020 disertai dengan Kalender Puasa Tahun 1441 H, sehingga dapat mempermudah bagi kita untuk melaksanakan amalan puasa di tahun 1441 H/2020 ini. Terima kasi kepada yang telah membuatkan kalender puasa tahun 2020 ini, dan mohon ijin untuk dishare di blog Masdinko.com. Semoga amal baiknya dibalas oleh Allah SWT. Keep Learning and Sharing.
 
Referensi lainnya :
www.muslim.or.id                 
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments