Curug Cilutung Wisata Air Terjun Di Talaga Majalengka Jawa Barat

Momen Tahun Baru 2018 yang bertepatan dengan liburan sekolah enaknya memang berlibur wisata alam. Saat itu kami sedang menginap di Talaga Kab. Majalengka. Ternyata daerah Talaga juga mempunyai wisata alam yang menarik yaitu Curug Cilutung atau Air Terjun Cilutung. Sebelumnya saya belum pernah ke Curug Cilutung meskipun sering menginap di daerah Talaga.

Bagian Bawah Curug Cilutung
Akhirnya kami bersama keluarga lainnya mencoba untuk mengunjungi wisata alam Curug Cilutung Talaga yang tepatnya berada di Dusun/Blok Ciranca Desa Talagakulon Kec. Talaga Kab. Majalengka. Kami menggunakan mobil Colt Bak terbuka dengan rombongan keluarga dan anak-anak duduk di belakang, dengan udara terbuka, menambah ramai suasana.

Lokasi dekat PLTM Talaga
Rute untuk menuju Curug Cilutung Talaga ini relatif tidak sulit. Apabila anda yang berasal dari luar kota, apabila menggunakan akses tol Cipali, setelah keluar dari Exit Tol Kertajati kemudian menuju ke arah Kota Majalengka, setelah sampai di perempatan Cigasong yang ada Bunderan Mangga Gedong Gincu, ambil belokan ke kanan yang menuju ke arah Maja dan Talaga, ikuti terus jalan raya sampai anda tiba di perempatan alun-alun Talaga atau kantor kecamatan Talaga. Ambil belokan yang ke kanan yang menuju ke Bantarujeg. Kemudian akan melewati perempatan Pasar Talaga, teruskan perjalanan, nah kemudian akan menjumpai lagi perempatan yang  kedua, ambil belokan ke kiri. Saat kami melewati perempatan ini, sudah terpasang plang Penunjuk Arah. Jadi anda tidak akan kesulitan. Kemudian lurus sekitar 50 meter, bertemu lagi dengan perempatan, ambil belokan ke kanan. Nah dari sini terus saja berjalan menyusuri jalan beraspal. Sepanjang perjalanan kami lihat jalan sudah cukup bagus, lebar jalan cukup untuk 2 mobil, jadi apabila berpapasan tidak terlalu menyulitkan. Setelah sampai, ada beberapa orang yang menjaga karcis, mungkin karena liburan jadi ada yang menjaga dan ada juga hiburan berupa karaoke. Untuk karcis masuk kalau tidak salah sekitar 5 ribu untuk orang dewasa dan 2 ribu untuk anak-anak (mohon revisi kalau salah heheee). Untuk kendaraan mobil ternyata tidak ada jalan lagi alias buntu, jadi untuk parkir dilakukan di jalan tersebut. Jalan cukup lebar jadi bisa digunakan untuk parkir.

Bagian Atas Curug Cilutung
Curug Cilutung 2018 ini ternyata sudah dikelola oleh warga setempat melalui karang taruna nya. Jadi sudah tertata baik untuk akses ke Curug Cilutungnya. Dari tempat parkir kami berjalan menuruni anak tangga dan melewati juga saluran irigasi. Di dekat area parkir juga saat ini sudah disediakan arena untuk anak-anak bermain, meskipun masih minimalis.

Beberapa Gazebo Mini yang ada di Curug Cilutung

Ternyata di daerah ini dulunya terdapat PLTM, yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro, karena dulu memang sebelum PLN hadir di Talaga, pasokan listrik masih menggunakan PLTM. Namun saat ini PLTM sudah tidak beroperasi lagi. Untuk mencapai jarak terdekat dengan Curug Cilutung ini, kami melewati turunan undak-undak tangga yang menggunakan batu, turunannya lumayan curam, bagi yang membawa anak-anak diharuskan waspada dan berhat-hati dalam memegang anaknya. Dan alhamdulillah akhirnya kami sampai di bagian bawah curug Cilutung, tiupan angin disertai air menghampiri kami, langsung saja kami abadikan momen ini dengan berfoto-foto. Perlu diingat di kawasan ini DILARANG UNTUK BERENANG karena memang airnya deras sekali dan batu-batunya juga besar-besar yang berpotensi mengancam keselamatan kita.

Angkutan Curug Cilutung

Setelah puas mengambil momen di bagian bawah Curug Cilutung kami berjalan lagi ke bagian atas dengan menaiki undak-undak tangga batu, kemudian kami berkumpul di sebuah gazebo yang dekat dengan bagian atas dari Curug Cilutung. Kami abadikan lagi momen ini dengan berfoto-foto. Namun jangan lakukan apabila air sedang naik terutama saat hujan.
Di lokasi curug ini terdapat juga gazebo-gazebo yang bebas digunakan dan tidak dipungut biaya lagi. Nikmat sekali apabila sambil membawa makanan sendiri, sambil berkumpul dengan keluarga, sambil makan dan sambil melihat aliran sungai Cilutung. Terdapat juga angkutan curug Cilutung namun entah rutenya kemana saja, karena saat itu tidak sempat menanyakan tentang angkutan Curug Cilutung ini. Dan yang terakhir ada juga kolam pemancingan ikan, hubungi pengelola dulu apabila mau memancing hehehe..

Kolam Pemancingan Curug Cilutung
Jadi bagi anda yang belum pernah kesini, coba deh berwisata alam ke Curug Cilutung, murah meriah dengan suasana santai.
Demikian pengalaman Masdinko mengunjungi Curug Cilutung Talaga Majalengka Jawa Barat. Semoga bermanfaat. Share di media sosial anda apabila artikel ini membawa manfaat bagi orang lain. Keep Learning and Sharing.