Doa memohon kesembuhan orang yang sakit sesuai contoh Nabi Muhammad

Doa memohon kesembuhan orang yang sakit sesuai contoh Nabi Muhammad

Doa memohon kesembuhan orang yang sakit sesuai contoh Nabi Muhammad

Sudah menjadi takdir makhluk Allah Subhanallahuwata'ala khususnya manusia merasakan kondisi sehat dan sakit. Kondisi badan sehat membuat manusia selalu bersyukur atas nikmat sehat yang diterima, kondisi sakit akan membuat manusia ingat bahwa hanya Allah lah yang Maha Menyembuhkan, sehingga manusia yang sedang sakit akan semakin mendekatkan diri dan memohon doa kepada Allah agar diberi kesembuhan.

Dalam hubungan manusia dengan manusia, terutama ketika saudara, teman, kerabat dan tetangga ada yang mengalami sakit, kita yang dalam kondisi sehat diwajibkan untuk menjenguknya dan mendoakannya, terlebih apabila yang sakit memiliki ikatan keluarga dan kerabat.



Keutamaan menjenguk orang yang sakit disabdakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, Ahmad dan At-Tirmidzi, berikut haditsnya : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang menjenguk orang yang sedang sakit, dia senantiasa berada pada khurfah (kebun) di surga, hingga dia kembali ke rumahnya.”

Terdapat juga hadits yang lebih rinci menjelaskan mengenai keutamaan menjenguk orang yang sakit, hadits ini diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih. Haditsnya : “Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.”

Dalam menjenguk orang yang sakit beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu mendoakan yang sakit, memberi kesenangan di hati orang yang sakit, menyuguhkan apa yang dia butuhkan, memberikan nasihat tentang derita sakit yang dialaminya, dan berkata yang baik-baik karena para malaikat mengamini ucapannya.

Lalu doa seperti apakah yang dapat kita panjatkan kepada Allah yang Maha Menyembuhkan sesuai dengan contoh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beberapa doa memohon kesembuhan orang yang sakit atau doa saat menjenguk orang yang sakit diantaranya :


لا بَأْسَ طَهُورٌ إِنْ شَاءَ اللَّه

“Tidak mengapa, semoga sakitmu menghapuskan dosa-dosamu insya Allah”.



أَسْأَلُ اللَّهَ العَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

“Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, agar menyembuhkan penyakitmu.” (HR. at-Tirmidzi, dan Abu Daud)


Membaca Al Mu’awwidzat yaitu dua surat (Al Falaq dan An Nas) serta Al Ikhlas



Doa lainnya juga :

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ, مذْهِبِ الْبَأْس, اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

“ Ya Allah, Rabb manusia Yang Menghilangkan kesusahan, berilah kesembuhan, Engkaulah Zat Yang Maha Menyembuhkan.  Tidak ada yang mampu menyembuhkan kecuali Engkau, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain” (HR Bukhari 541).

Doa-doa tersebut di atas dilakukan dengan cara meletakan tangan pada orang yang sedang sakit, di tangan atau di kening agar dapat meringankan bebannya dan mungkin dapat menghilangkan penyakit yang dideritanya.

Apabila kondisi orang yang sakit terlihat tanda-tanda ajal semakin dekat maka yang menjenguk hendaknya mentalqinnya, sesuai dengan hadits Rasalullah shallallahu ‘alaihi wa sallam “Talqinkanlah orang yang akan mati dengan kalimat laa ilaaha illallaah (Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah).” (Diriwayatkan Muslim, Ahmad, At Tirmidzi, An Nasa’i, Abu Dawud, dan Ibnu Majah). Dan ketika yang sakit sudah wafat, bagi yang hadir saat itu dianjurkan untuk memejamkan matanya dan mendoakannya.

Demikian beberapa doa memohon kesembuhan saat menjenguk orang yang sakit. Bagi yang sakit maupun yang menjenguk orang yang sakit, hanya kepada Allah lah memohon doa kesembuhan karena Allah Maha Menyembuhkan (Asy Syaafii), karena Sesungguhnya Allah tidak menurunkan penyakit, kecuali Allah juga menurunkan obatnya. Ada orang yang mengetahui ada pula yang tidak mengetahuinya.” (HR Ahmad 4/278 dan yang lainnya, shahih). Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.

sumber : muslim.or.id, muslimah.or.id,     
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments