Doa untuk ibu hamil agar mudah melahirkan bayinya

Doa untuk ibu hamil agar mudah melahirkan bayinya

Doa untuk ibu hamil agar mudah melahirkan bayinya

Bagi ibu hamil yang usia kandungannya menjelang melahirkan, merupakan saat-saat yang mendebarkan dan membahagiakan. Mendebarkan karena akan mengalami proses persalinan yang membutuhkan kesiapan mental, fisik, tenaga dan rasa sakit yang akan dialami. Membahagiakan karena momen persalinan akan mempertemukan sang ibu dengan bayi yang dikandungnya. Rasa bahagia melihat bayi lahir dengan selamat yang akan mengeliminasi rasa sakit yang dialami ibu hamil.

Pada saat proses persalinan, selain kesiapan dari sang ibu, dibutuhkan juga dukungan lainnya dari orang terdekat seperti suami, orang tua, saudara, tetangga dan lainnya. Dukungan yang utama yang dapat mempermudah proses persalinan yaitu berdoa kepada Allah Subhanahuwata'ala agar proses persalinan ibu hamil dimudahkan, dilancarkan, dan diselamatkan ibu dan bayinya.


Doa kepada Allah Subhanahuwata'ala merupakan senjata umat Islam yang paling ampuh, tiada satu kekuatanpun yang dapat menandingi kekuatan dan kekuasaan Allah. Begitupun dalam proses persalinan, dengan doa yang ikhlas didasari dengan ketakwaan yang tinggi, Allah akan memudahkan proses persalinan ibu hamil. Firman Allah dalam alqur'an :


مِنْ أَيِّ شَيْءٍ خَلَقَهُ . مِنْ نُطْفَةٍ خَلَقَهُ فَقَدَّرَهُ . ثُمَّ السَّبِيلَ يَسَّرَهُ

“Dari benda apa Dia menciptakan manusia. Dia ciptakan manusia dari setetes mani, lalu Dia tetapkan takdirnya. Kemudian Dia mudahkan jalannya.” (QS. ‘Abasa: 18 – 20)

Doa dalam rangka melahirkan bayi sebaiknya dimulai saat awal kehamilan, pada waktu-waktu luang ibu hamil, dan pada saat menjelang proses persalinan. Doa-doa yang dipanjatkan pada masa-masa kehamilan akan lebih memberi ketenangan dan keyakinan pada ibu hamil bahwa proses persalinannya akan dimudahkan oleh Allah Subhanahuwata'ala. 

Doa saat kehamilan yang dapat dipanjatkan ibu hamil dan dilakukan setelah ibadah sholat lima waktu.

Robbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa dzurriyyatinaa qurrota a’yun

Artinya:
“Ya Alloh, anugerahkanlah pada kami, istri-istri dan keturunan-keturunan yang bisa sebagai penenang hati. Dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa”. 

Doa saat proses melahirkan dapat diucapkan dan dipanjatkan oleh ibu hamilnya sendiri maupun oleh orang terdekatnya. Terkecuali kalau ibu hamil yang persalinannya dengan operasi cesar karena dalam kondisi tidak sadarkan diri (dibius). Ibu hamil yang akan dioperasi cesar bisa memanjatkan doa melahirkan bayi sebelum dibius.


Bagi ibu yang melahirkan normal, doa mempermudah kelahiran bayi dapat diucapkan saat-saat proses kelahiran normal. Doa juga sebaiknya diucapkan oleh pendamping ibu hamil saat proses persalinan, bisa suaminya maupun ibunya. Contoh doa yang dapat dipanjatkan yaitu :

Hannaa Waladat Maryama, Wa Maryama Waladat Iisaa, Ukhruj Ayyuhal Mauluudu Biqudrotil Malikil Ma’buudi

Artinya:
“Hana telah melahirkan Maryam, sedangkan Maryam sudah melahirkan Isa. Maka, keluarlah hai anakku dengan sebab kekuasaan Allah yang disembah“.

Bagi suami sebaiknya juga membaca doa ini agar proses melahirkan istrinya dimudahkan dan dilancarkan oleh Allah. Doa ini bersumber dari Syekh Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, Al-Adzkar al-Muntakhabah min Kalaami Sayyid al-Abrar, (Surabaya: Kharisma, 1998), hal. 298

1. Membaca Ayat kursi 1x
2. Membaca ayat 54 Q.S. Al-A’raf:

إِنَّ رَبَّكُمُ اللهِ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ تَبَارَكَ اللهِ رَبُّ الْعَالَمِينَ

“Inna Robbakumulladzii kholaqos samaawaati wal ardlo fii sittati ayyaamin tsummastawaa ‘alal ‘arsyi yughsyil lailan nahaaro yathlubuhu hatsiitsan wasy syamsa wal qomaro wan nujuuma musakhkhorootim biamrihi alaa lahul kholqu wal amru tabaarokaLlaahi robbil ‘aalamiin”

“Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam hari. Lalu Dia bersemayam di ‘Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan, dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.

3. Membaca Surat al-Falaq 1x
4. Membaca Surat an-Nâs 1x
5. Membaca do’a di bawah ini:

 لَآ إِلَهَ إِلَّا اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ لَآإِلَهَ إِلَّا اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ لَآإِلَهَ إِلَّا اللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَرَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ

Laa ilaaha illallaahul ‘adziimul haliim. Laa ilaaaha illaLlaahu Robbul ‘arsyil ‘adziim. Laa ilaaha illaLlaahu Robbus samaawaati wal ardli wa Robbul ‘arsyil ‘adziim

“Tiada tuhan selain Allah Yang Maha Agung lagi Bijaksana. Tiada tuhan selain Allah Pemilik ‘Arsy yang Agung. Tiada tuhan selain Allah Pemilik langit dan bumi dan ‘Arsy yang Agung”.

Untuk doa ibu melahirkan memang tidak ada lafadz khusus yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad Sallallahu'alaihiwasallam seperti halnya doa untuk pengantin (yang menikah) maupun doa untuk menjenguk orang sakit yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad Sallallahu'alaihiwasallam. Namun pada saat proses melahirkan sebaiknya banyak menyebut nama Allah, memohon ampunan dan rahmatnya agar sang Ibu dimudahkan proses melahirkan bayinya.

Bagi anda yang memiliki saudara, teman, atau kerabat yang jauh yang sedang proses persalinan dan anda tidak bisa menemaninya dan mendukungnya secara langsung, beberapa ucapan doa mudah melahirkan yang disertai dengan gambar di bawah ini, dapat anda sampaikan atau dapat anda pasang di status sosial media seperti whatsapp, facebook, instagram dan lainnya, sehingga teman atau kerabat yang melihat status anda akan ikut mendoakan agar dimudahkan proses melahirkannya. Semakin banyak yang mendoakan in syaa Allah semakin dimudahkan oleh Allah Subhanallahuwata'ala.

Doa untuk memudahkan proses kelahiran

Doa mudah melahirkan

Doa mudah melahirkan

Doa mudah melahirkan

Doa mudah melahirkan

Doa mudah melahirkan


Demikian informasi singkat mengenai Doa untuk ibu hamil agar mudah melahirkan bayinya. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing. 
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments