Tayo The Little Bus Film Kartun Anak yang Mendidik

Tayo The Little Bus Film Kartun Anak yang Mendidik

Tayo The Little Bus Film Kartun Anak yang Mendidik


Tayo The Little Bus, ya itulah film kartun anak yang sering ditonton oleh 2 anak perempuan saya. Setiap pagi sebelum berangkat sekolah dan sore sekitar jam 6 lebih, di stasiun TV RTV. Ada beberapa keunikan dan kelebihan pada serial kartun Tayo ini. Tayo the Little Bus yang diproduksi oleh negara Korea Selatan ini, baik sekali mengemas edukasi dalam sebuah tontonan anak. Nilai-nilai edukasi yang ditampilkan diantaranya persahabatan, kedisiplinan, kejujuran, rasa kasih sayang,  taat pada peraturan dan lain-lain.

Tayo The Little Bus yang diproduksi oleh Iconix Entertainment, menceritakan mengenai aktivitas dari 4 bus kecil dalam menjalani kegiatan sehari-harinya. Keempat bis kecil tersebut bernama Tayo sebagai figur sentral di film ini, dan 3 teman lainnya yaitu Rogi, Lani, dan Gani. Selain dari 4 bus kecil ini, terdapat karakter-karakter lainnya juga baik yang berwujud mobil atau kendaraan maupun
yang berkarakter manusia. Karakter manusia dimunculkan dengan adanya Hana mekanik yang baik, dan seorang petugas polisi.

Apabila saya perhatikan di setiap episodenya, film kartun ini seringkali menyelipkan mengenai tata cara, aturan dan beretika di jalan raya. Hal yang menariknya, nilai-nilai tadi diinformasikan dengan cara yang riang, lucu dan khas anak-anak, sehingga tanpa sadar anak-anak akan mengingat dan akan mempraktekannya di lingkungannya.

Satu contoh kecil saja, anak saya yang sekarang duduk di kelas 3 SD. Saat ini sedang mencoba untuk berangkat dan pulang sendiri, dengan berangkat menggunakan angkutan umum dan pulang harus dapat menyeberang jalan. Karena seringnya menonton film ini, ada beberapa hal yang ada di film tersebut dipraktekan pada saat berangkat atau pulang sekolah. Meskipun memang kondisi lalu lintas yang ada di film kartun tersebut berbeda dengan yang ada di lingkungan di sini, namun setidaknya ada hal positif dari tayangan itu yang bisa dipraktekan.

Selain dari nilai edukasi berkendara di jalan, nilai positif lainnya yaitu anak-anak dengan mudahnya mengetahui dan mengingat jenis-jenis kendaraan yang ada di jalan raya. Pada Film Little Bus Tayo ini, diperlihatkan banyak jenis kendaraan dari mulai kendaraan kecil sampai kendaraan besar.Ada bus besar yang bernama Citu (Cito), ada Rookie mobil polisi, Ada Air si helikopter, Ada Toni truk kecil yang sangat patuh aturan lalu lintas, ada Frank si mobil pemadam kebakaran, ada Alice si mobil ambulance, dan masih banyak karakter lainnya. Banyaknya karakter-karakter kendaraan ini akan semakin menambah wawasan anak-anak mengenai berbagai macam kendaraan.

Tayo the Little Bus yang telah diproduksi sebanyak 4 Season, dengan jumlah total 104 episode ini dapat anda jadikan sebagai referensi film kartun anak yang mendidik. Untuk menontonnya dapat anda pilih Chanel RTV baik melalui satelit/parabola ataupun melalui antena UHF (apabila telah ada di daerah anda). Atau dapat anda tonton juga melalui Youtube dengan menggunakan akses internet.
Semoga akan lebih banyak lagi film-film kartun anak yang mendidik, yang tidak berisi adegan kekerasan.         
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments