Cara Mencairkan Western Union (WU) dari Google Adsense di Kantor Pos

Cara Mencairkan Western Union (WU) dari Google Adsense di Kantor Pos

Cara Mencairkan Western Union (WU) dari Google Adsense di Kantor Pos

Cara Mencairkan WU dari Google Adsense di kantor pos
Cara Mencairkan Western Union (WU) dari Google Adsense di Kantor Pos merupakan pengalaman yang menyenangkan, karena sudah sekitar 13 tahun saya memiliki akun google adsense, baru pada tahun 2019 ini menerima pembayaran dari Google Adsense.

Mengenal internet sejak jaman kuliah tahun 1998-an, namun saat itu masih sebatas untuk hiburan, berchating di mIRC dan kemudian main friendster, baru pada tahun 2002-an mulai tertarik dalam bisnis online untuk mencari sampingan. Pengalaman mengenal model-model cara mencari uang di internet pernah dilakukan, saya tuliskan di sini.


Sampai akhirnya dua bisnis online saja yang saya tekuni sampai saat ini, yaitu berjualan di ebay dan marketplace lokal serta menulis di blog. Menulis di blog benar-benar serius setelah membeli domain sendiri dengan platform gratisan blogger. Alhamdulillah meskipun terhitung lama, butuh 2 tahun untuk dapat mencapai batas minimal pencairan di google adsense.

Pembayaran dari google adsense menggunakan pembayaran Western Union, karena akun dibuat sebelum tahun 2015. Untuk akun 2015 ke atas pembayaran menggunakan transfer rekening bank. Pembayaran dari google diterima pada tanggal 21 September 2019 dan diberi waktu selama 5 hari untuk mengecek apakah dananya sudah tersedia untuk dicairkan. Untuk pembayaran melalui transfer rekening bank memang lebih lama dibanding pembayaran Western Union, karena proses kliring dan juga melihat jam kerja bank.

Keuntungan menggunakan pembayaran adsense dengan Western Union yaitu dari sisi waktu lebih cepat diterima, dapat dicairkan di agen-agen WU terdekat (Kantor pos, gerai mini market, dll) dan tanpa potongan. Selain itu biasanya mata uang atau currency yang digunakan yaitu USD (Dollar Amerika) sehingga saat mencairkan, nilai tukar yang digunakan yaitu pada saat pencairan atau rate yang ditentukan oleh agen WU tersebut.      

Lalu bagaimana cara mencairkan Western Union dari Google Adsense di Kantor Pos ? caranya cukup mudah dan syarat yang diperlukan juga tidak sulit. Berikut rinciannya.

Memeriksa pembayaran di akun Google Adsense


  1. Google akan mengirimkan email tentang Google Adsense Payment ke email yang ditautkan di akun Google Adsense anda
  2. Cek langsung ke akun GA, login dan masuk ke menu Payment. Apakah sudah ada informasi terbaru mengenai payment.

    Cara Mencairkan WU dari Google Adsense di kantor pos
  3. Klik link payment yang muncul, dan akan muncul informasi pembayaran Western Union, Capture gambarnya untuk nanti digunakan saat mengisi slip pencairan WU di kantor pos

    Cara Mencairkan WU dari Google Adsense di kantor pos

Membawa Persyaratan dokumen pencairan WU

  1. 2 lembar Fotocopy Identitas (KTP/SIM/Paspor) sesuai dengan nama di Western Union di akun Google Adsense.
  2. Foto/gambar/print pembayaran WU dari Google Adsense

Pencairan WU di kantor pos

  1. Kunjungi kantor pos besar atau cabang yang ada plang / spanduk Western Union nya.
  2. Ambil dan isi Form Penerimaan Uang Western Union (WU) seperti di bawah ini.

    Cara Mencairkan WU dari Google Adsense di kantor pos
  3. Form Penerimaan Uang WU terbaru lebih praktis karena kita cukup mengisi data Penerima, Alamat Tetap dan Tanda tangan (sesuaikan dengan tanda tangan di KTP/SIM/Paspor). 
  4. Saya diminta 1 copy KTP dan SIM, karena KTP fotonya sudah tidak jelas, dan untuk SIM foto masih jelas sehingga diminta keduanya. 
  5. Untuk nomor MTCN cukup disebutkan saja pada petugas pos, nanti petugas yang mengeceknya dan data lengkap pengirim dicetak pada Resi Bayar Kemitraan H2H WU, sehingga kita tidak perlu menuliskan pada form Penerimaan Uang Western Union.
  6. Langkah terakhir yaitu menandatangan Resi Bayar Kemitraan Uang Western Union yang bentuknya seperti ini.

    Cara Mencairkan WU dari Google Adsense di kantor pos
  7.  Pada resi bayar ini kita dapat melihat data pengirim uang, penerima uang, jumlah uang yang diterima lengkap dengan nilai tukarnya (kurs). Uang yang diterima dalam bentuk Rupiah. 
  8. Alhamdulillah, akhirnya proses pencairan WU dari Google Adsense selesai setelah kita menerima uang dan jangan lupa dihitung dulu ya.

Seperti itulah proses mencairkan Western Union (WU) dari Google Adsense di Kantor Pos berdasarkan pengalaman sendiri. Mungkin ada hal yang berbeda dengan kantor pos di tempat anda, namun garis besarnya sama yaitu nomor MTCN dan Fotocopy Kartu Identitas, biasanya itu yang diminta petugas kantor Pos. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing. 
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments