Tips membetulkan kesalahan #DIV/0 pada Microsoft Excel

Tips membetulkan kesalahan #DIV/0 pada Microsoft Excel

Tips membetulkan kesalahan #DIV/0 pada Microsoft Excel

Aplikasi microsoft excel atau software excel mungkin menjadi aplikasi favorit anda dalam mengerjakan tugas, pekerjaan kantor ataupun proyek lainnya yang berkaitan dengan rumus-rumus dan perhitungan yang mudah maupun yang rumit. Salah satu kelebihan dari microsoft excel yaitu dari sisi fitur dan toolsnya yang lengkap, dan dapat digunakan berbagai bidang pekerjaan.

Selain itu faktor pengguna yang sudah terbiasa sejak lama, dari mulai jamannya microsoft excel rilis pertama kali sampai rilis terkini, menjadikan microsoft excel pilihan utama. Meskipun sebenarnya ada juga aplikasi lainnya yang bersifat open source dan gratis namun sepertinya keengganan pengguna untuk mencoba software baru dengan fungsi sama seperti microsoft excel lebih kuat, karena pastinya harus dari awal lagi belajar menggunakannya.



Walaupun microsoft excel telah menjadi pilihan utama dalam mengolah rumus dan perhitungan, namun ada beberapa error yang mungkin membuat pengguna terganggu, salah satunya yaitu munculnya kesalahan hasil perhitungan #DIV/0. Hasil #DIV/0 terjadi karena adanya angka yang dibagi dengan angka 0, atau adanya pengoperasian pembagian dengan merujuk ke sel yang kosong atau memiliki nilai NOL. Contohnya yaitu 5/0=#DIV/0

Apabila digunakan pada tabel yang menggunakan rumus secara otomatis, kesalahan #DIV/0 dapat diatasi dengan beberapa cara sebagai berikut :

  1. Cek kembali pembagi dari rumus atau fungsi tersebut bukan bilangan NOL atau sel kosong.
  2. Dengan mengubah referensi sel yang bilangan NOL ke sel yang lain yang tidak memiliki nilai NOL atau kosong
  3. Mengubah pembagi rumus dengan #N/A yang nantinya hasilnya menjadi #N/A yang artinya menunjukan bahwa pembagi tidak tersedia.

Apabila sel pembagi tidak akan dirubah, anda dapat juga mensetting hasilnya supaya angka NOL. Dengan membuat rumus menggunakan fungsi IF. Rumus lengkapnya seperti ini :

=IFERROR(Nama Sel/nama sel,0)

atau

=IFERROR(A5/A6,0)

dengan posisi angka pada gambar di bawah.


Fungsi IFERROR tadi menginformasikan ke excel bahwa apabila rumus mengevaluasi adanya kesalahan, maka kembali/hasilnya NOL, jika betul maka hasil sesuai dengan rumusnya. Anda hanya menyalin rumus tadi pada bagian awal kolom, lalu tinggal ditarik/copy paste ke bawah, dan hasinya langsung muncul semua di tiap baris dari kolom tersebut. Mudah bukan ?

Untuk pengguna microsoft excel yang lama, sebelum versi 2007, maka menggunakan rumus sebagai berikut :

=IF(ISERROR(A5/A6),0,A5/A6)     


Apabila anda menggunakan rumus IFERROR dan IF(ISERROR()), maka rumus ini akan menyembunyikan semua kesalahan, tidak hanya #DIV/0, namun semua kesalahan akan ditampilkan dengan hasil NOL. Oleh karena itu cek kembali penggunaan rumus yang benar.

Demikian solusi mudah mengkoreksi kesalahan #DIV/0, semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments