Mendaftarkan tempat bisnis ke google maps untuk menjaring konsumen dari online

Salah satu tujuan bisnis atau usaha yaitu mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya. Semakin banyak konsumen yang berkunjung ke tempat bisnis atau usaha kita, semakin besar potensi meningkatkan penjualan. Strategi marketing atau strategi memasarkan bisnis menjadi senjata andalan untuk mendongkrak penjualan.

Pada masa sebelum penggunaan internet masif seperti saat sekarang, dulu strategi menggaet konsumen dilakukan dengan cara konvensional, yaitu melalui media promosi seperti pamflet, brosur, spanduk dan ada juga melalui siaran radio. Setelah penggunaan internet meningkat pesat muncul cara-cara baru untuk menggaet konsumen melalui media online.

Apabila dijabarkan banyak cara mempromosikan bisnis melalui media online, seperti memasang iklan di google adword, mengiklan di facebook ads, memasang iklan di topads dan marketplace lain, atau kerjasama dengan blog yang sudah bagus untuk menempatkan artikel tentang bisnis anda. Semua cara tadi bisa dilakukan namun harus mengeluarkan biaya alias tidak gratis.


Bagi pebisnis yang baru membuka usahanya, bisa menggunakan cara lain untuk menggaet konsumen melalui online dengan gratis dan tanpa biaya. Meskipun gratis namun seringkali efektif dan mendatangkan calon konsumen yang berpotensi meningkatkan penjualan. Cara menggaet konsumen melalui online dengan gratis yaitu dengan mendaftarkan bisnis atau tempat usaha ke google maps.

Dengan mendaftarkan bisnis atau tempat usaha kita di google maps, tempat bisnis kita akan muncul di pencarian google ataupun di google maps. Seringkali pengguna smartphone atau pengguna dekstop menggunakan google maps atau street untuk mencari lokasi suatu tempat. Apabila pencarian itu lokasinya sama dengan tempat bisnis kita, maka akan tampak di google mapsnya. Setidaknya pengguna akan melihat dan mungkin saja berkunjung ke tempat bisnis anda setelah melihat di google maps.

Saya memiliki pengalaman setelah saya mendaftarkan tempat bisnis saya yaitu Halalmart Majalengka yaitu stokis dari produk HPAI, beberapa kali konsumen yang datang dan melakukan pembelian, saat ditanyakan darimana mengetahui toko saya ? mereka menjawab bahwa mereka mencari di google dan menemukan tempat bisnis saya di halaman pertama google lengkap dengan peta, alamat dan nomor kontak saya, sehingga bisa terjalin komunikasi chat melalui WA, datang ke tempat usaha dan melakukan pembelian, dan cara ini tidak mengeluarkan biaya sedikitpun.

Mendaftarkan tempat bisnis di google maps sangat efektif untuk pencarian lokal, misal saat anda berada di kota Majalengka, lalu mencari rumah makan di Majalengka, saat mengetikan di google, maka yang muncul pertama kali yaitu google maps lengkap dengan nama, alamat,nomor kontak, foto-foto dan bahkan testimoni dari pengunjung tempat yang kita cari. Jadi bagi pemilik bisnis yang ingin tempat bisnisnya tampil di urutan teratas pencarian lokal di google, perbanyak foto-foto, deskripsi bisnis dan juga testimoni yang positif agar menarik konsumen untuk datang.

Lalu bagaimana cara mendaftarkan tempat bisnis di google maps? Caranya mudah dan bisa dilakukan melalui smartphone maupun melalui komputer/laptop.

Cara menambahkan tempat bisnis ke google maps menggunakan laptop /komputer


  1. Login akun google terlebih dahulu, bisa melalui gmail, blogger, youtube dan lainnya.
  2. Buka google dan pilih google maps
  3. Kemudian klik menu sebelah kiri atas, Add your business

    Mendaftarkan tempat bisnis ke google maps
  4. Muncul isian seperti di bawah ini, Business name, isikan nama bisnis anda

    Mendaftarkan tempat bisnis ke google maps
  5. Apakah ingin menambahkan lokasi sehingga konsumen dapat mengunjungi lokasi bisnis anda, Jawab yes or no

    Mendaftarkan tempat bisnis ke google maps
  6. Isikan alamat bisnis anda, kemudian klik Next

    Mendaftarkan tempat bisnis ke google maps
  7. Letakan Marker (bulatan merah) pada peta, kalau tidak terlihat dapat diperbesae (zoom). Sesuaikan dengan posisi lokasi bisnis anda, kemudian klik Next

    Mendaftarkan tempat bisnis ke google maps
  8. Apakah anda melayani konsumen di luar lokasi tempat bisnis anda. Jawab yes atau no. Apabila menjawab Yes, isikan nama daerah yang dilayani bisnis anda. Kemudian klik Next

    Mendaftarkan tempat bisnis ke google maps
    Mendaftarkan tempat bisnis ke google maps
  9. Pilih kategori bisnis anda kemudian klik Next 

    Mendaftarkan tempat bisnis ke google maps
  10. Isikan detail kontak bisnis anda, nomor telepon, alamat website, kemudian klik next

    Mendaftarkan tempat bisnis ke google maps
  11. Apakah ingin terus menerima tips secara pribadi untuk meningkatkan bisnis anda di Google ? jawab yes or no, kemudian klik Next

    Mendaftarkan tempat bisnis ke google maps
  12. Verifikasi bisnis anda. Klik Finish. Agar calon konsumen dapat melihat bisnis anda di google search dan maps, menambahkan foto, membalas review, dan mendata bisnis anda, harus melewati dahulu Verifikasi Google. Klik Finish

    Mendaftarkan tempat bisnis ke google maps
  13. Pilih cara verifikasi google. Google memverifikasi bisnis anda dengan cara mengirikan post card (kartu pos) ke alamat bisnis yang telah anda isikan sebelumnya. Nantinya isikan kode yang terdapat dalam post card tersebut untuk memverifikasi bisnis anda. Kemudian Klik Mail

    Mendaftarkan tempat bisnis ke google maps
  14. Anda akan menerima post card anda dalam 4 hari. Klik Continue

    Mendaftarkan tempat bisnis ke google maps
  15. Tampilan halaman untuk pengaturan bisnis anda. Setting menu yang ada di laman tersebut seperti jam buka, deskripsi, tambah logo, tambah foto, dan lainnya.

    Mendaftarkan tempat bisnis ke google maps


  16. Setelah verifikasi selesai tempat bisnis anda akan tampil di google search dan google maps apabila ada yang mencari berkaitan dengan kategori bisnis atau lokasi bisnis anda. 
  17. Surat dari google tiba di alamat kita, dengan menggunakan kurir JNE, bentuk suratnya seperti ini :


  18. Di dalamnya terdapat PIN sebanyak 5 angka, isikan di link : google.com/verifymybusiness. Setelah diverifikasi, bisnis anda dapat disetting dan tampil di Google search.



Cara menambahkan tempat bisnis ke google maps menggunakan Smartphone android


  1. Sambungkan/aktifkan akun google anda
  2. Masuk ke aplikasi Google Maps
  3. Tambahkan tempat
    Mendaftarkan tempat bisnis ke google maps
  4. Isikan nama tempat, alamat

    Mendaftarkan tempat bisnis ke google maps
  5. Pada saat menunjukan alamat, geser marker (bulat merah) ke posisi lokasi bisnis anda pada google maps. Kemudian klik Oke
  6. Isikan data lainnya seperti kategori bisnis, nomor telepon, jam buka, nama website (kalau ada) dan foto.

    Mendaftarkan tempat bisnis ke google maps
  7. Klik Selesai

    Mendaftarkan tempat bisnis ke google maps
  8. Apabila diapprove akan ada email ke gmail anda bahwa penambahan tempat berhasil.
Menambahkan alamat bisnis di google maps akan menambah peluang untuk mendapatkan calon customer anda, apalagi sebagian orang saat ini tidak bisa dilepaskan aktivitasnya dari gadget dan internet. Apalagi jika lokasi bisnis anda berada di tempat yang mudah dijangkau.



Tempat bisnis yang tidak berada di pinggir jalan raya pun seperti toko saya, beberapa pembeli ada yang berkunjung dan melakukan pembelian, apalagi produk yang anda miliki benar-benar dibutuhkan oleh mereka, pasti akan mereka cari alamatnya sampai ketemu.

Demikian tips menggaet konsumen dari online dengan mendaftarkan tempat bisnis ke google maps. Semoga tips bisnis ini dapat bermanfaat. Keep learning and sharing.

Post a Comment for "Mendaftarkan tempat bisnis ke google maps untuk menjaring konsumen dari online"