7 bisnis usaha kecil menengah yang laku Setiap Hari

7 bisnis usaha kecil menengah yang laku Setiap Hari

7 bisnis usaha kecil menengah yang laku Setiap Hari

Ketika orang membuka satu usaha atau bisnis, yang diharapkan dari bisnisnya yaitu laku dan mendapatkan keuntungan, sehingga bisnisnya dapat terus berjalan. Salah satu faktor yang menentukan dalam sukses tidaknya bisnis yang dipilih berawal dari penentuan bisnis apa yang akan dijalankan.

Cara praktis untuk menetapkan bisnis yang akan dibuka bisa dengan cara melihat dan mengamati bisnis apa yang laku setiap hari di sekitar kita. Lalu kita analisa apakah bisnis yang laku setiap hari tersebut bila dibuka di tempat kita, apakah akan laku juga.

baca : cara terbaru mencari uang dari instagram

Beberapa contoh usaha kecil menengah (UKM) yang laku setiap hari berikut ini dapat dijadikan referensi dan rujukan bagi anda yang ingin membuka usaha. Yuk kita simak ulasannya

1. Bisnis kuliner makanan dan minuman


Ya bisnis yang berkaitan dengan perut manusia ini memang tidak ada matinya. Setiap hari kita lihat banyak bisnis makanan yang tumbuh dan berkembang. Bisnis kuliner ini terbagi menjadi 2 bagian utama, bisnis makanan utama atau makanan berat dan makanan camilan/kudapan/snack.

Bisnis makanan berbentuk restoran/warung makan

Bisnis makanan utama bisa berbentuk restoran/warung makan atau menggunakan gerobak/warung tenda. Beberapa faktor yang membuat laku bisnis makanan ini diantaranya makanannya enak, harganya terjangkau, menunya lengkap banyak pilihan, tempatnya nyaman, dan lainnya.

Namun faktor tersebut tidak selalu semua ada pada warung makan yang laku setiap hari. Terkadang ada warung makan yang kurang nyaman tempatnya, tapi laku terus, banyak yang datang. Bisa jadi karena makanan yang ditawarkan cocok dengan kebutuhan konsumennya dan harganya terjangkau.

Jadi dalam bisnis makanan/kuliner ini satu hal yang penting yaitu sediakan makanan yang dibutuhkan pembeli di sekitarnya.

Bisnis Makanan Camilan

Bisnis makanan camilan ini tidak usah diragukan lagi, karena orang Indonesia terkenal suka ngemil, dari mulai kue basah dan kue kering. Untuk makanan camilan bisa laku tiap hari hari kalau dijajakan secara langsung. Dimana ada keramaian disana berjualan. Seperti di Car Free Day, di sekitar sekolah, sekitar kantor dan lain-lain.   

2. Bisnis Warung Kopi


Pernah melihat warung kopi ? tiap hari pasti ada pengunjungnya, selain murah, terjangkau, praktis juga banyak aneka makanan camilan ditawarkan seperti gorengan, kue dan enak dijadikan tempat ngobrol dan kongkow bersama teman. 


3. Bisnis Pangkas Rambut


Bisnis barbershop atau pangkas rambut termasuk bisnis abadi. Ya sepanjang rambut manusia tumbuh, pasti dibutuhkan jasa pangkas rambut. Model bisnis pangkas rambut ada yang konvensional,yang biasa kita temui di pinggir jalan atau kios dan ada juga barbershop profesional dengan tenaga dan perlengkapan yang lengkap.

4. Bisnis Air minum isi ulang


Minum merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi agar dapat terus hidup. Setelah munculnya air minum kemasan diikuti juga dengan munculnya air minum kemasan galon. Awalnya kemasan galon ini pengisian ulangnya dengan cara kalau airnya habis, ditukar dengan galon bersegel yang telah ada airnya. Namun karena harganya makin naik, membuka peluang munculnya usaha isi ulang air minum galon.

baca : contoh bisnis rumah tangga dengan Untung menggiurkan

Galon yang branded/bermerk, isi ulangnya dengan cara ditukar galon plus isinya. Namun bisnis air minum isi ulang, galon kosong diisi kembali dengan air sendiri yang telah melalui proses menggunakan mesin isi ulang air minum. Tentu saja harganya lebih murah dibanding beli isi ulang galon yang branded.

5. Bisnis Bengkel Motor


Motor merupakan alat transportasi paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Berdasarkan data Polri per Januari 2018, kendaraan motor di Indonesia telah mencapai 91.085.532 unit kendaraan. Jumlah yang besar ini membuka peluang usaha dalam perawatan dan perbaikan kerusakan motor yaitu bengkel motor.

Bengkel motor dari mulai yang kecil sampai bengkel motor resmi dari brand motor tersebut hadir mengisi peluang usaha di bidang otomotif. Faktor skill teknisi, harga terjangkau, spare part lengkap, dan tarif jasa yang terjangkau merupakan faktor bengkel motor laku setiap hari.

Untuk membuka bengkel motor yang besar memang membutuhkan modal besar, namun langkah awal bisa dimulai dengan membuka bengkel kecil yang melayani ganti oli, tambal ban, dan service standar dulu. Skill teknisi mutlak untuk terus ditingkatkan agar konsumen semakin loyal mempercayakan kendaraannya diperbaiki di bengkel motor anda.

6. Bisnis warung kelontongan


Warung kelontongan merupakan warung yang menjual kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Produk yang dijualnya banyak dan bermacam-macam. Warung kelontongan ini ada yang berjualan di kios ataupun di rumah sendiri memanfaatkan ruangan di rumah. Biasanya produk yang dijual berkaitan dengan kebutuhan pokok dan rumah tangga pasti akan laku tiap hari.

Agar bisnis warung kelontongan laku tiap hari, jualah produk yang rutin dibutuhkan seperti sembako, rokok, sabun, detergen, obat-obatan, pampers, pembalut, makanan ringan/snack dan lainnya. Semakin lengkap produknya, semakin banyak konsumen yang datang ke warung kelontongan.

7. Berjualan Buah-buahan


Seiring dengan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi buah-buahan, menjadikan peluang ekonomi bagi penjual buah-buahan. Memang apabila dibandingkan dengan makanan lainnya, harga buah-buahan masih dianggap mahal, namun hal ini bisa disiasati penjual buah dengan menjual buah-buahan tidak secara utuh,bisa dengan cara dipotong-potong. Sehingga harga per potongnya bisa terjangkau oleh pembeli.

Bisnis usaha kecil menengah yang kami contohkan di atas, baru sebagian kecil saja dari ratusan bisnis lainnya. Usaha kecil menengah memang telah teruji dapat bertahan menghadapi krisis ekonomi, sehingga jumlah dan kualitasnya harus terus ditumbuhkembangkan.

Semoga artikel ini bermanfaat. Keep learning and sharing.                   
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments