9 cara menjadikan Instagram sebagai mesin penghasil Uang

9 cara menjadikan Instagram sebagai mesin penghasil Uang

9 cara menjadikan Instagram sebagai mesin penghasil Uang


Dulu sewaktu awal instagram muncul, mungkin tidak terpikirkan akan menjadi seperti saat ini. Instagram awalnya menjadi tempat untuk berbagi cerita dan pengalaman dengan media utama foto. Namun seiring dengan semakin populernya instagram, jumlah pengguna semakin banyak dan ramai, membuka peluang bagi orang-orang kreatif untuk menjadikan instagram sebagai mesin penghasil uang.

Melihat pertumbuhan pengguna instagram yang semakin meningkat setiap tahunnya, di Indonesia sudah tembus di angka 53 juta pengguna instagram, menurut data dari web katadata per Januari 2018, dengan peringkat ketiga terbesar di dunia setelah Amerika dan Brazil, tidak heran instagram mulai menggeser dominasi Facebook di dunia sosial media.

baca : Inilah beberapa bisnis modal kecil dengan untung besar

Seperti hukum alam, dimana ada keramaian disitu ada peluang. Pengguna instagram kreatif memanfaatkan keramaian instagram untuk mencari uang dengan beberapa cara. Cara-cara ini ada yang sudah biasa dilakukan di sosial media lainnya namun ada juga cara yang unik dan kreatif. Ingin tahu cara menjadikan instagram sebagai mesin uang ? yuk kita simak ulasannya.

1. Menjual produk


Seperti di dunia nyata, dimana ada keramaian disitu ada peluang untuk menjual produk. Berjualan di instagram memang terasa sangat praktis. Berbekal smartphone anda dengan mudah berjualan di instagram.

Agar jualan laris di instagram, produk yang anda jual sebaiknya produk yang unik dan menarik dari tampilan fotonya. Kemudian perbanyak follower akun IG anda. Usahakan anda juga aktif dalam instagram, bisa dengan memfollow teman, dan teman anda juga akhirnya menjadi follower anda.

Produk yang laris di instagram, kalau stalking di instagram, didominasi oleh produk fashion, kosmetik, kuliner, accesories, serta produk digital seperti ebook dan membership.

Apabila anda belum memiliki modal untuk menstok produk, bisa dengan sistem dropship, anda beli ke supplier atau pemilik produk setelah ada order. Pemilik produk akan mengirimkan produk ke pembeli anda. Mudah bukan ?

2. Berjualan jasa


Selain berjualan produk, anda yang memiliki keahlian khusus bisa juga berjualan jasa di instagram. Jasa bisa dalam berbagai bidang, contoh jasa desain logo, jasa arsitek, jasa desain interior, jasa membuat website, jasa membuat aplikasi, jasa content writer dan lainnya.

Anda bisa menampilkan portofolio produk jasa anda dengan tampilan menarik, ataupun dalam bentuk video, sehingga dapat memikat follower. Semakin banyak portofolio jasa anda, semakin mudah untuk mendapatkan order.

3. Menjadi Buzzer Bayaran


Buzzer merupakan seseorang yang berperan sebagai alat untuk mengumumkan sesuatu dan mengumpulkan orang-orang pada suatu tempat. Buzzer saat ini sudah menjadi profesi dan mendapat bayaran. Berbekal follower yang banyak, menarik minat para pengiklan dan pemilik produk untuk mempromosikan produknya melalui buzzer.

Pengguna jasa buzzer biasanya pedagang yang baru memiliki sedikit followe namun ingin secara cepat mendapatkan follower maupun meningkatkan penjualan produknya. Selain pedagang, momen politik membuka peluang bagi buzzer politik dalam menjalankan usahanya. Memilih buzzer menjadi cara cepat dalam menyampaikan informasi dan promosi. 

Untuk menjadi seorang buzzer berbayar, harus memiliki jumlah follower yang banyak, minimalnya 100 ribu follower. Bahkan ada pengiklan yang meminta dengan follower sebanyak 500.000. Diperlukan skill khusus dan dibantu tools untuk mendapatkan follower sebanyak itu. Pantaslah kalau tarif jasa seorang buzzer lumayan tinggi. Anda berminat ? carilah follower yang banyak dulu.

4. Menjadi Endorser Produk


Endorser bisa dikatakan sebagai duta dari suatu produk. Dengan fasilitas foto dan video (sekarang bisa siaran langsung) Endorser dengan mudah mempromosikan suatu produk. Namun untuk menjadi endorser tidaklah mudah, Endorser harus sosok yang populer, terkenal, follower segudang, dan gandrung dengan sosial media.

Contoh artis Indonesia banyak yang menjadi Endorser di dunia instagram, sebut saja Syahrini, Ayu tingting, Rafi ahmad, dan lain-lain.

5. Jasa Titip Beli produk


Yang suka traveling, jalan-jalan sangat cocok untuk membuka jasa titip beli produk. Yang suka bepergian ke luar negeri tidak aneh kalau ada yang nitip untuk dibelikan barang nanti diganti biayanya kalau sudah sampai. Dari kebiasaan ini, akhirnya muncul jasa titip beli barang.

Jasa titip beli barang tidak hanya saat traveling keluar atau di dalam negeri saja, saat ada moment tertentu seperti ada pameran, ada eksbisi, ada konser dan lainnya sering kali ada juga yang nitip beli.

baca : Bisnis rumahan spektakuler ibu rumah tangga

6. Jualan akun instagram


Fenomena jualan akun sebenarnya bukan hal baru. Sejak adanya sosial media, banyak orang kreatif berjualan akun sosial media. Akun twitter, akun fanspage facebook, akun google, bahkan akun email juga banyak yang dijual. Harga jual akun instagram dilihat dari umur akun, jumlah follower, jumlah follower aktif dan akun spesifik tertentu.

Menjadi peternak akun instagram dibutuhkan skill dan tools yang membantu dalam mendapatkan banyak follower. Sehingga tidak heran, ada teman saya menjual akun IG  dengan 10.000 follower dengan harga 1 juta rupiah, lumayan khan ?     

7. Berjualan foto


Berjualan foto di Instagram seperti yang dilakukan Shutterstock melalui websitenya. Objek yang dijual berupa foto digital. Instagram bisa manfaatkan sebagai galeri portofolio foto-fotonya, namun ingat harus diwatermark dahulu, supaya tidak dijiplak.

Berjualan foto di instagram peluang bagus bagi seorang fotographer, setidaknya ada tempat bagi mereka untuk menampilkan kreativitasnya.

8. Pemburu kuis instagram


Pada saat tertentu suka ada akun instagram yang mengadakan kuis dengan hadiah tertentu. Biasanya akun yang mengadakan kuis berasal dari kalangan toko online, perusahaan maupun pemerintahan. Model kuis yang dipakai yaitu merepost, mention teman dan aku kreativitas dalam posting. Hadiahnya beragam dari mulai berbentuk produk sampai uang tunai. 

9. Menjadi admin akun instagram     


Bagi orang yang aktif di instagram, terkenal namun tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengurus posting di instagram dapat menggunakan jasa orang kepercayaannya untuk menjadi admin. Menjadi admin di akun orang lain memang tidak mudah, harus memiliki kedekatan dan kepercayaan personal terhadap si admin.

Demikian ulasan 9 cara menjadikan instagram sebagai mesin penghasil uang. Ayo gunakan akun instagram mu untuk mencari uang sekarang juga, jangan hanya menjadi media curhat saja ya. Keep learning and sharing.                     
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments