Tips mempersiapkan liburan akhir tahun agar Menyenangkan

Tips mempersiapkan liburan akhir tahun agar Menyenangkan

Tips mempersiapkan liburan akhir tahun agar Menyenangkan

Liburan bersama keluarga, saudara atau teman dekat menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu, apalagi menjelang akhir tahun atau pergantian ke tahun baru. Bagi anda yang bekerja di perusahaan biasanya ada semacam jatah cuti yang bisa dimanfaatkan untuk berlibur. Bagi anak sekolah dan kuliah pada pertengahan bulan Desember biasanya sudah masuk masa liburan karena sebelumnya sudah melakukan ujian akhir semester. Jadi memang saat yang tepat untuk berlibur bersama.

baca juga : 3 Tempat WISATA ALAM Maja Majalengka Jawa Barat

Ingin liburan akhir tahun menyenangkan ? tentu itu yang ingin anda harapkan, dengan berlibur anda mendapat pengalaman menyenangkan dan menambah fresh pikiran anda. Untuk itu ada beberapa tips untuk mempersiapkan liburan akhir tahun agar menyenangkan, yuk kita simak tipsnya.

1. Memilih objek wisata yang ingin dikunjungi


Objek wisata di Indonesia banyak sekali apalagi objek wisata di dunia. Agar tidak bingung anda persempit dulu daerah mana yang ingin dikunjungi, apakah di luar negeri atau di dalam negeri. Misal Singapura, Malaysia, Brunei, destinasi wisata lokal juga tidak kalah menarik, anda bisa mempertimbangkan Bali, Yogyakarta, Malang dan lainnya.

Pemilihan objek wisata yang akan dikunjungi nantinya berkaitan dengan budget, akomodasi, alat transportasi dan lainnya. Jadi tentukan dahulu tujuan wisatanya.

2. Persiapan kendaraan


Berwisata di dalam negeri bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi, jauh hari sebelumnya persiapkan kendaraan dalam kondisi fit dan sudah melakukan pemeriksaan menyeluruh agar tidak mogok di jalan. 

3. Pemesanan Tiket


Pemesan tiket maskapai penerbangan dan kereta api (apabila tidak menggunakan mobil pribadi) lebih mudah dilakukan saat ini dengan menggunakan smartphone dan aplikasi dari penyedia/penjual tiket online. Cari barangkali ada yang sedang mengadakan promo, diskon atau penawaran menarik lainnya.

4. Pesan Hotel


Saat liburan hotel-hotel biasanya mencapai hunian 100%, untuk mendapatkan kamar di hotel, jauh-jauh hari anda harus melakukan booking hotel, sehingga saat anda berliburan, anda tidak khawatir tidak kebagian kamar hotel.

5. Browsing Informasi wisata


Saat anda sudah menentukan destinasi wisata, carilah informasi selengkapnya mengenai daerah tersebut. Selain tempat wisata utama yang anda tuju, adakah tempat menarik lainnya di sekitarnya, apakah kulinernya, seni budayanya, pusat souvenir dan lainnya.

6. Buat list barang


Seringkali kalau mendadak, kita lupa membawa barang yang penting untuk kita bawa. Mencegah hal ini, sebelumnya catat dan kumpulkan barang-barang penting yang akan dibawa, dimulai dari charger gadget sampai ke barang pribadi. Sebelum berangkat cek semua list barang tadi.           

Satu hal lagi, bawalah barang yang punya manfaat saja atau memang barang yang wajib anda bawa misal obat pribadi, kamera, charger dan lainnya.

7. Mempersiapkan dokumen pribadi


Apabila berwisata ke luar negeri ada beberapa dokumen yang harus dibawa yaitu paspor, visa dan lainnya. Apabila destinasi wisata berada di dalam negeri, dokumen identitas pribadi saja yang dibawa seperti KTP, SIM dan lainnya.

8. Menjaga kesehatan


Sebelum hari keberangkatan, jagalah kondisi kesehatan anda, tidak akan menyenangkan apabila berlibur dalam kondisi sakit kan ? Bawa obat-obatan dan alat medis pribadi anda apabila dibutuhkan.

baca juga : Liburan Keluarga Taman Wisata Alam Linggarjati Kuningan Jawa Barat

Demikian beberapa tips mempersiapkan liburan akhir tahun agar menyenangkan. Persiapan yang matang akan menjadikan liburan anda menjadi berkesan dan menyenangkan. Selamat berlibur. Keep learning and sharing.  
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments