Panduan cara submit url blog ke Google Webmaster Tools terbaru

Panduan cara submit url blog ke Google Webmaster Tools terbaru

Panduan cara submit url blog ke Google Webmaster Tools terbaru

Submit url website ke google webmaster tools atau ke google search console merupakan salah satu cara agar halaman blog atau website dapat terindex lebih cepat di google. Meskipun sebenarnya kalau tidak disubmit url website/blog juga, link blog kita akan tetap terindex di google cuma lebih lambat dibanding kita submit url website ke google search secara manual.

baca juga : Cara Mudah membuat Blog di Blogger.com

Tujuan utama menulis blog atau membuat website pastinya ingin blog atau website tersebut dikunjungi banyak visitor. Dengan banyaknya visitor yang datang maka konten blog atau website banyak yang diakses. Bagi pemilik toko online pastinya dengan banyaknya visitor datang, inginnya terjadi konversi penjualan, barang yang dijualnya di toko onlinenya laku. Bagi pebisnis blog banyaknya visitor datang, pasti inginnya banyak iklan yang diklik agar pendapatannya sebagai publisher meningkat dan bagi murni penulis blog yang tidak dipasang iklan di blognya inginnya banyak visitor datang dan pesan/artikel yang ditulisnya banyak dibaca dan dishare ke orang lain.

baca juga : Cara Memasang Template Blogger dengan mudah

Itulah beberapa tujuan pemilik blog atau website yang dengan banyaknya visitor tujuannya dapat tercapai. Lalu bagaimanakah cara blog banyak pengunjung datang ? Umumnya visitor bisa datang dari berbagai sumber, ada yang dari search engine seperti google, yahoo, bing, ada yang dari media sosial seperti facebook, twitter, instagram, whatapps, youtube dan lainnya.

baca juga : Susah menulis Artikel ? Begini tips mudah menulis artikel

Untuk mendapatkan visitor yang organik, dari search engine seperti google, blog kita harus terindex dahulu di google. Apabila ada yang mengetik keyword/kata kunci di google, blog/website kita bisa muncul di halaman google, namun apabila ingin muncul di halaman satu atau page one google, tergantung dari berbagai faktor dan usaha yang dilakukan pada blog kita.

baca juga : Terbukti ! Begini Cara mudah diterima daftar di Adsense

Satu usaha yang mudah dilakukan agar halaman blog/website terindex oleh google yaitu dengan submit url/link ke google search console. Cara submit url di google webmaster tools terbaru berbeda dengan cara yang lama. Cara submit ke google yang baru yaitu sebagai berikut :

  1. Setelah membuat artikel dan muncul url/linknya, copy dahulu link artikelnya, kemudian masuk ke website google webmaster tools. Lalu klik Sign In

  2. Masukan username dan password. Apabila sudah signin di Blogger.com maka otomatis signin di Google Webmaster Tools tidak akan diminta lagi username dan password, jadi langsung masuk ke menu utama.

  3. Di menu sebelah kiri terdapat beberapa pilihan, cari menu Url Inspection

  4. Klik menu Url Inspection, paste/tempel link artikel yang akan disubmit, dengan cara klik kanan pilih paste. Kemudian tekan tombol Enter

  5. Setelah berproses akan tampil hasilnya, contoh link blog yang saya masukan, hasilnya tertulis URL is on Google. Ini berarti link artikel sudah terindex di Google, dan tidak perlu untuk Request Indexing. Untuk mengetahui di halaman berapa di google link kita muncul, itu tergantung dari banyak faktor, dari keyword yang kita ketik, dari kompetitor/pesaing kita, dari performance blog kita dan lain-lain, lumayan banyak faktornya. Namun yang terpenting link artikel kita sudah terindex di Google.

  6. Apabila hasilnya URL belum terindex di Google, kemudian pilih Request Indexing, nanti akan berproses sampai muncul notifikasi bahwa link artikel sudah dikirim untuk dapat diindex atau dicrawl oleh Google.
Tugas untuk mensubmit url/link ke google sampai tahap ini sudah selesai. Kita tinggal menunggu dan terus mengoptimalisasi blog atau website kita. Semakin konten/artikel kita berkualitas dan banyak, maka akan lebih lancar terindex oleh Google.

Demikian sedikit tips ngeblog tentang cara submit url/link blog dan website ke google webmaster tools, semoga ada manfaatnya. Keep learning and sharing.         
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments