Tak Disangka Daftar Google Adsense Langsung Diterima Begini Caranya

Tak Disangka Daftar Google Adsense Langsung Diterima Begini Caranya

Tak Disangka Daftar Google Adsense Langsung Diterima Begini Caranya

Saya sering membaca kiriman atau posting di beberapa grup blogger Indonesia yang isinya curhat bahwa untuk dapat mendaftar di google adsense serta disetujui atau diapprove sangat susah sekali. Berbagai alasan diberikan oleh Google adsense bahwa anda belum diapprove dikarenakan situs anda tidak memenuhi syarat dan lain-lain. Terus terang saya belum pernah mengalami hal seperti ini, ditolak oleh Google Adsense, karena saya mendaftar di Google Adsense sudah lama sekali, sebelum tahun 2010, ya sekitar tahun 2002-an lah, sudah lama sekali khan ? Saat itu untuk mendaftar google adsense, berbekal blog yang baru dan memiliki jumlah posting sedikit juga langsung diapprove oleh Google Adsense, karena saat itu publisher belum seramai seperti sekarang, dan belum banyak yang tahu juga mengenai program google adsense. Akun google adsense yang saya miliki juga masih menggunakan currency dollar dan saat itu hanya bisa dicairkan lewat western union, kalau sekarang sudah bisa dicairkan lewat transfer bank. Meskipun sudah memiliki akun adsense sudah sangaaat lama, tapi saya belum pernah merasakan gajian dari Google Adsense, karena sebelum tahun 2017 saya lebih fokus ke jualan online di ebay dan marketplace. Baru akhir tahun 2017 saya bersemangat lagi untuk serius menekuni dunia blog dengan membuat blog pribadi dan memiliki domain sendiri yaitu masdinko.com.

Adanya keinginan yang serius membuat saya harus terus membaca tips,pengalaman, permasalahan yang terjadi, mencari solusi dalam dunia blog, membuat saya bergabung dengan grup-grup blogger Indonesia di facebook. Dan disini saya mendapati banyak yang pemula seperti saya merasakan sulitnya untuk mendaftar dan diapprove di program google Adsense. Sambil terus menulis artikel di masdinko.com saya membuat blog lain untuk istri saya dengan niche seputar perempuan dan tupperware. Awalnya saya buat dengan blogspot saja karena memang awalnya hanya untuk berjualan tupperware dan sharing artikel tentang perempuan saja. Namun setelah membaca di grup blogger sulitnya mendaftar google adsense, membuat saya merasa tertantang, mampukah saya membuat akun google adsense untuk blog istri saya dan diapprove ? 3 bulan yang lalu saya buat blog dengan domain blogspot dan kemudian secara rutin diposting artikel sekaligus jualan produk tupperware. Semua menu dari blog tersebut harus diisi. dari mulai menu About, Contact Us, Privacy Policy, Disclaimer dan menu lainnya. Sambil jalan terus posting secara rutin dan baru pada Akhir Agustus 2018 ada promo terbatas dari namecheap sehingga dapat membeli domain dengan harga murah cuma $1.06 untuk tahun pertama saja. Akhirnya blog tersebut berganti menjadi domain sendiri atau domain .com. Kemudian dilanjutkan dengan terus posting artikel sampai jumlah total artikel berjumlah 23 artikel.         

Dengan harap-harap cemas saya niatkan akan mendaftarkan blog tersebut ke Google Adsense dengan jumlah artikel sebanyak 23 artikel dan semua menu sudah ada isinya. Dengan ucapan bismillah akhirnya saya daftarkan blog tersebut. Setelah didaftarkan, Google Adsense memberitahu saya untuk menunggu sekitar 1 hari atau lebih. Ya sudah akhirnya saya kembali ke kegiatan menulis di blog pribadi. Dua hari kemudian saya coba masuk ke blognya www.momraisa.com dan alhamdulillah akhirnya pendaftaran adsense dari blog istri saya diterima. Jadi timbul dalam pikiran saya, orang lain sudah daftar adsense berkali-kali dan dengan jumlah posting yang mungkin lebih banyak dari blog istri saya, namun ditolak sedangkan blog istri saya yang berumur 3 bulan dan baru diisi 23 posting diapprove?. Yang pasti saya bersyukur kepada Allah SWT dan kemudian saya tuliskan mungkin ini caranya agar blog kita diterima oleh Google Adsense.

Cara daftar google adsense agar diapprove ini murni berdasarkan pengalaman di atas saat membuat blog istri saya, saya belum memiliki kapasitas untuk menganalisanya lebih jauh, jadi bagi yang merasa uraian saya ini terdapat kekeliruan mohon jangan dibully hehehe. Berikut cara-cara yang saya lakukan sebelum mendaftar ke google adsense.
  • Membuat blog di blogger.com dengan domain masih blogspot
  • Mengganti template dengan template premium Evomagz dari mas sugeng. Saya mendapatkan template ini dari teman blogger saya dengan harga murah namun tidak bisa diupdate versinya. Karena penggunaan template premium berpengaruh juga dalam optimalisasi di search engine. Bagi anda yang ingin mencoba template premium ini saya akan share gratis template premium evomagz ini dengan syarat Klik Like dan Rate fanpage Masdinko, kemudian kirim message dan tuliskan alamat emailnya, dan saya kirimkan templatenya. Templatenya masih murni tidak ada penambahan apapun.
  • Isikan menu navigasi, about, contact us, privacy policy, sitemap dan lainnya, pokoknya jangan dikosongkan semua menunya.
  • Isi juga menu-menu yang kita buat di barisan Home dengan artikel-artikel yang kita posting.
  • Buat artikel secukupnya minimal 300 kata, kalau bisa berbentuk artikel SEO, tapi saya sendiri belum mengerti betul jadi akhirnya menulis dengan semampunya saja.
  • Kalau bisa setelah mengisi menu-menu tadi, domain kita rubah ke domain sendiri atau TLD dari awal, agar terindeks di google dengan domain yang sudah TLD. Saya sendiri mengubah menjadi domain TLD setelah menulis sekitar 10 artikel itupun karena ada promo diskon dari Namecheap. Kalau bisa ganti dengan domain TLD di awal saat membuat artikel di blog.
  • Cek semua posting kita apakah sudah terindeks di google dengan masuk ke Google search dan masukan alamat blog kita disana, kemudian pada bagian Sitemap kita isikan nama_blog.com/sitemap.xml nanti akan terlihat berapa jumlah artikel kita yang sudah diindex oleh google.
  • Oh ya untuk alamat blog kita, ubah juga dari http menjadi https pada menu Settings >> Basic >> HTTPS, klik Yes untuk HTTPS Availability dan HTTPS Redirect
  • Setelah semua hal di atas kita set, dan posting telah mencapai 20 posting lebih, barulah kita mendaftar ke google adsense. dan jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu karena semua yang terjadi itu atas kehendak Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa.
  • Apabila sudah sukses diterima google adsense maka akan muncul gambar mbaknya seperti di bawah ini :


Alhamdulillah selamat anda telah sukses diapprove google adsense. Cara di atas merupakan hasil pengalaman sendiri. Saya tidak tahu apakah kedepannya masih bisa dengan cara ini. Mohon maaf apabila ada yang mendaftar google adsense dengan semua cara yang disebutkan di atas namun belum berhasil, mungkin Allah SWT memiliki skenario yang lain. Keep learning and sharing.  
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments