6 Bisnis Alternatif Saat Social Distancing Akibat Virus Corona

Masdinko.com-Munculnya pandemi global penyebaran wabah virus Corona COVID-19 di Indonesia telah dirasakan dampaknya oleh masyarakat pada berbagai bidang. Apalagi setelah pemerintah Indonesia menetapkan kebijakan social distancing. Social distancing yaitu tindakan menjaga jarak dan interaksi sosial dengan cara tidak bepergian keluar rumah dan mengerjakan aktivitas kerja, belajar dan beribadah di rumah.

Kebijakan social distancing bertujuan untuk memotong mata rantai penyebaran virus corona agar tidak meluas, sehingga pemerintah dapat mendeteksi yang terpapas virus corona serta mengisolasinya dan orang yang sehat tidak tertular virus corona.     

Kebijakan ini untuk kebaikan bersama, namun memang akan muncul dampak terutama bagi tenaga atau buruh harian serta para penjual yang mengandalkan hidupnya dari penghasilan harian. Omset dan penghasilan mereka pasti terkena imbasnya dan turun dari waktu sebelumnya.

Bagi pedagang yang biasa berjualan di sekolah ataupun tempat keramaian, omset saat ini pasti mengalami penurunan yang signifikan, karena himbauan/instruksi dari pemerintah yang meliburkan sekolah, perkantoran dan tempat keramaian lainnya. Para pembeli yang biasanya ada, banyak yang mengikuti instruksi pemerintah sehingga otomatis pembeli berkurang dan omset pun menurun tajam.


Untuk mempertahankan hidup dan menafkahi keluarga sehari-hari, berdiam diri di rumah saja tentu akan lebih sulit, namun hal itu harus dilakukan demi kemaslahatan bersama agar virus corona tidak menyebar lebih luas lagi. Lalu apa solusi yang bisa dipilih oleh kalangan masyarakat yang penghasilannya harian agar tetap dapat mendapatkan nafkah.

Beberapa bisnis atau usaha alternatif mungkin bisa menjadi pilihan dalam masa krisis virus corona ini, memang diperlukan kemauan, kreatiftas dan kesabaran, karena untuk mengerjakan suatu hal yang baru, kesulitan akan muncul saat kita memulai.

Beberapa bisnis alternatif dalam masa krisis virus corona berikut mungkin dapat menjadi pilihan anda, untuk mendapakan penghasila harian. Saat krisis virus corona berlalu anda dapat melanjutkan aktivitas atau pekerjaan sebelumnya seperti biasa.

1. Bisnis Susu Jahe Merah


Menjalankan bisnis menjual susu jahe merah dapat dilakukan di rumah sendiri dan melalui online dengan catatan para kurir (ojek online) masih beraktivitas. Menurut informasi, virus corona dapat dicegah dengan cara menjaga daya tahan (imunitas) tubuh kita.

Mengkonsumsi Jahe merah diklaim dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah infeksi virus corona. Informasi khasiat jahe merah ini menjadikan harganya naik dan sulit dicari di pasar.

Terkuaknya khasiat jahe merah memunculkan peluang baru bagi yang ingin mengais rezeki dari jahe merah, dengan cara menjual minuman susu jahe merah. Masyarakat yang ingin merasakan khasiat jahe merah dengan praktis, pastinya akan terbantu dengan adanya produk susu jahe merah ini.

Tantangan menjalankan bisnis ini yaitu cara mendapatkan jahe merah dengan kualitas baik dan harga yang normal sehingga harga jual ke pembeli tidak terlalu mahal. Bisnis susu jahe merah bisa dijalankan di rumah maupun secara online dengan delivery menggunakan ojek online.

2. Berjualan produk herbal HNI HPAI


Produk herbal saat krisis virus corona banyak dicari masyarakat. Banyak cara pencegahan infeksi virus corona, salah satunya dengan meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas tubuh). Untuk meningkatkan daya tahan tubuh dapat dengan cara mengkonsumsi herbal, karena herbal tidak memiliki efek samping.

Salah satu produsen herbal yang memiliki banyak produk untuk berbagai keluhan kesehatan yaitu HNI HPAI. Berbagai macam produk seperti madu, sari kuma, obat-obatan herbal, sabun kalogen, sabun propolis, body wash propolis, cream kecantikan, detergen herbal dan lain-lain.

https://www.masdinko.com/2019/01/profil-bisnis-halal-mart-majalengka-dc.html

HNI HPAI berbasis pemasaran berjenjang, apabila ingin dijadikan sebagai bisnis, anda dapat mendaftar menjadi agen dengan biaya sebesar Rp. 10.000 dan Rp. 30.000, modal yang relatif kecil untuk memulai usaha. Untuk pendaftar Rp. 30.000 akan mendapatkan buku katalog, kartu member fisik dan panduan menjalankan bisnis.

Keistimewaan menjadi member HNI HPAI yaitu mendapatkan harga khusus atau diskon dan juga bonus cash back. Anda dapat menjual produk dengan harga katalog, sehingga mendapatkan profit secara langsung. Telah banyak yang berhasil dalam bisnis herbal ini, dan yang terpenting dapat dilakukan di rumah menggunakan media internet atau media sosial.
     

3. Berjualan Masker Kain


Salah satu yang membuat miris saat pandemi virus corona yaitu langka dan naiknya harga masker. Masker dibutuhkan oleh tenaga medis dan masyarakat yang sakit atau yang berada di daerah pandemi virus corona.

Masker yang sesuai dengan aturan kesehatan dengan 3 lapis sampai saat ini susah dicari dan kalaupun ada harganya masih mahal. Hal ini memunculkan kreatifitas orang untuk membuat masker sendiri dengan bahan kain.

Meskipun tidak sesuai dengan syarat kesehatan, namun setidaknya dapat melindungi mulut dan hidung dari kotoran, percikan (droplet) air liur. Banyak penjual masker kain yang menawarkan dengan berbagai variasi harga, mulai dari Rp. 8.000 sampai dengan Rp.20.000, sesuai dengan modelnya.

Peluang berjualan masker kain ini terlihat bagus, banyak yang membeli dengan alasan masker yang sesuai kesehatan susah didapatkan. Untuk masker kain ini setelah dipakai dapat dicuci bersih dan dipakai lagi, sedangkan untuk masker yang sesuai kesehatan hanya sekali pakai. Berminat berjualan masker kain ?

4. Berjualan kuota internet


Kebijakan sosial distancing atau diam di rumah membuat anak sekolah belajar online di rumah (e-learning). Mereka tentunya membutuhkan akses internet atau kuota internet agar belajar secara online dapat berjalan.

Berjualan kuota internet menjadi salah satu peluang yang bagus, anda bisa menawarkan kuota internet kepada orang terdekat dahulu seperti saudara, tetangga dan lingkungan sekitar. Biasanya setelah melakukan pembelajaran online para siswa sekolah ini tidak punya kegiatan lain karena tidak boleh bermain di luar rumah sehingga untuk mengisi waktu mereka bermain games online dan menonton video youtbe.

Berjualan kota internet di saat social distancing menjadi peluang usaha yang bagus sebagai pengganti profesi sebelumnya dan bisa dilakukan di rumah.

5. Menjadi Blogger dan Youtuber


Seorang blogger biasanya banyak menghabiskan waktunya di rumah dengan menulis artikel. Seorang youtuber menghabiskan waktu waktunya bisa di luar rumah dan luar rumah tergantung konten yang dipilih. Menjadi seorang blogger atau youtuber bisa anda pilih selama masa social distancing.

Memang untuk menghasilkan pendapatan, dibutuhkan waktu sesuai dengan usaha yang kita lakukan, apabila tekun, bisa menghasilkan lebih cepat.Apabila belum menghasilkan juga selama masa social distancing ini setidaknya anda melakukan hal yang positif.

Blogger mendapatkan uang melalui pemasangan iklan di blognya. Banyak program yang bisa diikuti salah satunya yang populer yaitu Google Adsense. Untuk mendapatkan uang dari Google Adsense, anda harus mendaftar dulu di Google Adsense, dengan syarat memiliki blog atau website yang memenuhi pesyaratan google adsense.

Urutan proses untuk mendapatkan uang dari google adsense :
  1. Membuat blog di blogger.com secara gratis dengan mendaftar menggunakan email
  2. Membuat blog dengan template yang tersedia atau bisa juga membeli template premium murah
  3. Apabila memiliki dana bisa membeli domain TLD yang berakhiran .com .net .id dan lain-lain. Bisa juga menggunakan domain bawaan blogger yaitu blogspot.com secara gratis.
  4. Isi blog dengan artikel yang bermanfaat sesuai tema (niche) yang anda inginkan, agar banyak visitor yang berkunjung. Buat artikel secara rutin misal 5 artikel sehari. Lengkapi menu navigasi blog anda jangan ada yang kosong misal tentang kami, hubungi kami, privacy policy, dan lain-lain
  5. Setelah artikel banyak dan pengunjung tiap hari sudah banyak, anda coba daftar ke google adsense. Apabila diterima, maka iklan akan tampil di blog, dengan memasukan kode iklan dari google adsense ke dalam widget pada blog anda.
  6. Pendapatan iklan didapat dari jumlah klik iklan oleh pengunjung dikali dengan nilai per kliknya (CPC). Semakin banyak visitor semakin besar peluang iklan diklik oleh pengunjung, namun hal itu tergantung dari penempatan iklan dan lainnya.
  7. Setelah pendapatan mencapai $10 atau Rp. 130.000 anda akan dikirimi PIN Verifikasi, untuk memverifikasi alamat anda. Isikan sesuai alamat dan kartu identitas anda.
  8. Apabila telah mencapai ambang batas minimal pencairan google adsense yaitu $100 (Rp. 1,3 juta) anda akan mendapatkan bayaran dari google adsense yang akan ditransfer pada bulan depan setelah pendapatan mencapai $100 atau Rp. 1,3 juta. Biasanya sekitar tanggal 20 an akan ditransfer ke rekening bank anda.

Untuk youtuber sendiri pada dasarnya hampir sama dengan blogger namun persyaratan untuk diterima berbeda dengan blogger. Anda harus mendapatkan jumlah tertentu yang dipersyaratkan untuk subscriber dan jam tayang video anda. Medianya juga berbeda dengan blogger, untuk youtube menggunakan media video.

6. Berjualan buah Jambu biji


Jambu biji menjadi buah bibir masyarakat setelah tim Riset UI-IPB merilis hasil riset dengan menggunakan cara farmaco modelling. Dari ribuan senyawa yang diteliti, diprediksi senyawa yang dikandung jambu biji dapat dijadikan sebagai kandidat senyawa untuk menghambat dan mencegah virus corona.

Jambu biji memiliki kandungan yang baik, kaya akan vitamin,serat dan mineral. Cara mengkonsumsinya pun sangat mudah, bisa secara langsung dikonsumsi maupun dijadikan jus dengan rasa yang enak. Manfaat lain dari jambu biji yaitu mengurangi resiko flu biasa, gusi bengkak, obesitas, diabetes,tekanan darah tinggi, sampai kanker.

Meskipun hasil riset tersebut belum diujikan kepada hewan dan manusia, namun masyarakat meresponnya secara cepat dan meyakini jambu biji memiliki khasiat dalam menghambat dan mencegah COVID-19.

Hal ini memunculkan peluang baru bagi masyarakat yang penghasilannya sedang turun, untuk menjual jambu biji. Agar mendapat untung yang signifikan, cari dahulu daerah penghasil jambu biji agar mendapat harga yang murah.

Cara menjual ke tetangga terdekat dahulu baru kemudian melalui media sosial, marketplace, wa, fb, instagram dan lain-lain, pengiriman bisa menggunakan ojek online agar mereka tetap mendapatkan nafkah di saat sulit sekarang ini.

Demikian 6 peluang usaha saat social distancing akibat virus corona, seoga bermanfaat dan semoga negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dapat melewati bencana wabah corona ini dengan sebaik-baiknya. Semoga Allah Subhanallahuwata'ala memberikan keselamatan buat semua. 

Post a Comment for "6 Bisnis Alternatif Saat Social Distancing Akibat Virus Corona"