8 Makanan Pencegah Infeksi Virus Corona COVID-19

Masdinko.com-Infeksi Virus corona atau COVID-19 yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China saat ini sudah menyebar ke lebih dari 100 negara di dunia. Penanganan medis terhadap penyebaran virus memang sangat diutamakan namun jangan lupa juga untuk melakukan tindakan pencegahan bagi orang yang belum terinfeksi virus corona.

Beberapa upaya mencegah penyebaran virus corona dapat dilakukan oleh setiap individu salah satunya yaitu dengan memperkuat imunitas atau daya tahan tubuh sehingga dapat menangkal infeksi virus corona. Imunitas tubuh terbentuk baik apabila kita memilih asupan makanan yang tepat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Makanan memiliki peran yang vital dalam membentuk imunitas tubuh, selain memilih asupan makanan yang baik, menghindari makanan yang tidak baik juga berperan dalam pembentukan imunitas tubuh contohnya dengan menghindari makanan mentah seperti daging mentah, telur mentah dan sayuran mentah.


Beberapa jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh, diantaranya :

1. Buahan-buahan mengandung Vitamin C


Vitamin C baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah dan menjaga kekebalan tubuh karena memiliki sifat anti-oksidan. Vitamin banyak terkandung dalam buah-buahan dan sayuran. Cara mengkonsumsi lebih baik langsung dalam bentuk aslinya, tidak dijus terlebih dahulu. Contoh makanan yang banyak mengandung vitamin C yaitu :paprika merah, paprika kuning, jambu biji, jeruk, pepaya brokoli, kiwi, lemon dan lain-lain.

2. Jahe


Jahe telah lama dikenal memiliki khasiat yang baik dalam mengatasi keluhan kesehatan. Jahe mengandung anti-oksidan yang dapat mengatasi gejala flu, pilek, perut kembung, mual, sembelit dan dapat membantu sistem pencernaan.

Jahe yang bersifat antivirus dapat dicampur dengan adas dan madu sehingga terasa enak dan lebih berkhasiat mengatasi gangguan bakteri dan virus. Ramuan jahe yang hangat dan bersifat obat universal dapat juga menstimulasi sistem pertahanan pernafasan atas dan mukosa, sehingga membantu tubuh dalam menangkal infeksi bakteri dan virus.

Jahe segar lebih bagus dikonsumsi daripada jahe kering karena kandungannya masih utuh dan segar untuk membantu meningkatkan sistem pernafasan tubuh. Ramuan minuman jahe dapat dikonsumsi 3-4 kali sehari

3. Makanan yang mengandung Zinc


Zinc diperlukan oleh tubuh dalam menjaga daya tahan tubuh supaya tetap dalam kondisi sehat. Zinc berperan dalam menjaga daya tahan tubuh, meregenerasi enzim dan sel baru, memproses karbohidrat, protein dan lemak dalam makanan, membantu mencegah pilek, alergi, demam, dan mempercepat penyembuhan otot dan luka. 

Apabila tubuh mengalami kekurangan zinc maka lebih rentan terhadap masuknya penyakit. Bagi yang merasa kekurangan Zinc dapat mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zinc seperti daging merah (dimasak), kerang, telur, biji-bijian dan kacang-kacangan.  
      

4. Bawang Putih


Bawang putih yang biasa digunakan sebagai bumbu dalam masakan, ternyata memiliki khasiat yang baik sebagai antivirus. Cara mengkonsumsi bawang putih dapat dimakan secara langsung (mentah) dan dapat juga ditambahkan ke dalam sup atau salad.

Apabila ingin dibuat sebagai ramuan minuman, bawang putih dicampur dengan cengkeh dan madu asli, sehingga ramuan bawang putih terasa enak dan lezat.

5. Makanan Fermentasi


Contoh makanan yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh yaitu miso, kefir dan yoghurt. Makanan/Minuman fermentasi tersebut mengandung kandungan yang baik untuk tumbuhnya bakteri baik pada sistem pencernaan (usus) sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi virus dan bakteri.

6. Minyak Zaitun


Minyak zaitun telah lama dikenal memiliki khasiat untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Minyak zaitun mengandung anti-bakteri sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bisa dikonsumsi secara langsung maupun ditambahkan dalam berbagai masakan dan salad.

7. Madu


Madu berkhasiat sebagai anti-oksidan dan anti radang. Madu dikenal karena memiliki kandungan zat yang baik seperti vitamin, mineral dan propolis. Dengan kandungan tersebut madu berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah. Dikonsumsi dengan cara langsung diminum atau ditambahkan ke dalam minuman lain seperti yogurt, aneka minuman dan makanan.

8. Sayur Bayam


Mengkonsumsi sayur bayam secara rutin sangat baik bagi tubuh apalagi sayur bayam diklaim dapat juga menangkal masuknya virus corona COVID-19. Bayam memiliki kandungan yang baik seperti vitamin A, C, B Kompleks, E dan K, serta mengandung beberapa mineral yang baik untuk tubuh seperti zat besi, magnesium, kalsium, asal folat, sodium dan potasium.

Bayam berkhasiat juga untuk menangkal infeksi virus pada sistem kekebalan tubuh manusia karena mengandung antioksidan serta beta karoten. Dengan banyaknya kandungan yang dimiliki, bayam diklaim dapat mencegah datangnya virus corona COVID-19.

Itulah 8 makanan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh (daya tahan tubuh) agar terhindar dari infeksi virus corona COVID-19. Selalu menjaga kebersihan, mengkonsumsi makanan sehat dan berimbang, mengikuti arahan pemerintah untuk menerapkan social distancing agar Indonesia dapat berhasil melewat bencana wabah virus corona COVID-19. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing. 

Post a Comment for "8 Makanan Pencegah Infeksi Virus Corona COVID-19 "