9 Software Kasir Toko (POS) Gratis Cocok Buat UKM

Masdinko.com-Software Kasir Toko/Minimarket atau Aplikasi Kasir Toko/Minimarket (POS) merupakan salah satu piranti atau alat dalam membantu kegiatan penjualan dan pencatatan stok barang yang dijual. Pada mini market modern seperti Alfamart dan Indomaret, software kasir toko merupakan senjata andalan dalam menjalankan kegiatan penjualannya. Bayangkan kalau dalam setengah jam saja aplikasi kasir toko tidak berjalan, kasir Alfamart dan Indomaret akan kerepotan dalam mencatat penjualan kepada pembeli.

Software Kasir Toko (POS) pasti dibutuhkan oleh kalangan Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk mencatat transaksi penjualan dan kontrol stok barang. Namun kebutuhan ini seringkali diabaikan karena kendala mahalnya harga software kasir toko (POS) atau pelaku UKM tidak menjadikan prioritas penggunaan software kasir toko. Mereka lebih mengandalkan pencatatan manual.


Software Kasir Toko/Minimarket Gratis atau Aplikasi Kasir Toko/Minimarket Gratis merupakan salah satu solusi agar UKM dapat menggunakan software kasir toko tanpa mengeluarkan biaya untuk membelinya, namun untuk hardwarenya tetap harus tersedia dulu.

Software kasir toko free edition diberikan secara gratis oleh pembuatnya tanpa harus membelinya, namun biasanya ada fitur-fitur tambahan yang tidak tersedia, namun fitur utamanya dapat digunakan secara utuh. Untuk mendapatkan versi full edition atau premium atau berbayar, kita harus membelinya sesuai dengan harganya.

Terdapat 9 software kasir toko gratis yang memiliki lisensi gratis, anda hanya tinggal mendownload dan menginstal aplikasi toko gratis di komputer anda. Berikut 9 aplikasi kasir toko (POS) gratis :

1. Keyhut
2. proffittcenter
3. Unicenta
4. VendHQ
5. JPOS
6. True POS
7. Zero POS
8. Solusi Toko 
9. Mini Mart

1. Keyhut


Keyhut merupakan salah satu software Point of Sale yang gratis namun Lengkap. Dari informasi websitenya, Keyhut merupakan aplikasi POS/Cash Register yang 100% gratis, tidak ada biaya bulanan, bukan merupakan demo version/trial version, dapat digunakan di local area Netword (LAN), tidak menyimpan data di cloud, tidak perlu terkoneksi ke internet, dapat menangani jumlah inventory yang cukup besar.





Dengan fitur yang bisa dikatakan full version namun gratis, software POS Keyhut ini cocok digunakan untuk UKM yang bergerak di bidang penjualan barang. Dapat menangani 26.000 item pada berbagai kategori.

Melihat tampilannya Keyhut merupakan aplikasi berbasis DOS, artinya dengan perangkat yang model lamapun aplikasi ini dapat beroperasi. Untuk cara install dan pensetingan lainnya dapat dilihat langsung di websitenya atau mendownload softwarenya.

Download Keyhut
http://keyhut.com/pos.htm
  

2. Proffittcenter


Proffittcenter awalnya merupakan mesin kasir digital dengan fungsi menerima uang, merecord diskon dan lainnya. Aplikasi ini dibuat Dave Proffit yang dulunya bekerja sebagai insinyur elektronik. Dave melihat bahwa ke depannya komputer akan berperan penting dalam kesuksesan suatu bisnis, sehingga akhirnya Dave membangun sebuah software EPOS dengan beberapa fitur unggulan.

Proffittcenter memiliki interface yang mudah digunakan, fiturnya cocok bagi pelaku usaha kecil menengah yang belum pernah menggunakan software Point of Sale sebelumnya.

Bagi anda yang ingin mencoba terlebih dahulu proffittcenter, dibutuhkan Java dan juga untuk databasenya menggunakan MySQL dan Apache Web Server atau bisa menggunakan XAMPP.

Tidak ada ruginya untuk mencoba dahulu software ini, silahkan Download Proffittcenter di link di bawah ini :
http://proffittcenter.org/proffittcenter.org/

3.Unicenta


Unicenta merupakan software kasir toko yang paling lengkap fiturnya. Namun untuk versi gratisnya, anda tidak akan mendapatkan semua fitur tersebut. Untuk mendapatkan semua fiturnya harus upgrade ke versi premium (berbayar).

Fitur handal yang dimilikinya diantaranya fitur manajemen inventory, pelaporan (reporting), fitur manajemen karyawan dan pastinya fitur penjualan barang.

Unicenta dapat berjalan pada berbagai platform sistem operasi seperti Windows, Linux dan Mac Os X. dibuat dengan basis open source memungkinkan program ini dapat lebih ditingkatkan untuk masa yang akan datang,  

Penasaran ingin mencoba aplikasi kasir Unicenta ? langsung saja kunjungi website resminya.
https://unicenta.com/download-files/

4. VenHQ


VenHQ memiliki fitur yang lengkap dan sudah berbasis cloud, meskipun tetap dapat berjalan saat offline (ada keterbatasan). Fitur andalannya yaitu pada manajemen inventory, CRM, Report yang lengkap, e-commerce dan lainnya.

VenHQ sudah mengadopsi teknologi terkini sehingga dapat melayani transaksi berbasis gadget. Fitur yang ditawarkan telah dapat melayani transaksi yang berkaitan erat Usaha Kecil Menengah (UKM). Ingin mendownload VendHQ, silahkan copy paste alamat link di bawah ini :
https://www.vendhq.com/ 


5. JPOS                                                               

JPOS dibangun ber program open source dan memiliki fitur yang lengkap seperti hanya software POS lainnya. Software JPOS ini cocok untuk kalangan bisnis atau usaha yang memiliki transaksi banyak. 

Ingin mencoba dan memasangnya ? masuk saja ke link di bawah ini :
https://sourceforge.net/projects/jpos/

6. TruePOS


Salah satu software besutan dari negara India, yang menawarkan versi gratisnya, dengan syarat hanya 1 mesin/komputer kasir serta memiliki transaksi tidak lebih dari 100 transaksi per bulan.

Bagi yang tidak ingin adanya keterbatasan (limitation) dapat mencoba membelinya langsung ke pembuatnya. Fitur yang dimiliki cukup lengkap dari mulai pengaturan inventori, CRM, Reporting dan lain-lain.

Silahkan mencoba dan mendownloadnya di link di bawah ini :
https://www.gofrugal.com/downloads.html

7. Zero Pos


Zero POS merupakan aplikasi mobile dan menggunakan cloud dengan berbagai fitur menarik seperti manajemen inventory, pembayaran mobile, gift cards dan lainnya. Buat yang ingin lebih banyak fiturnya untuk eCommerce ada versi premiumnya yang tentu saja berbayar.

Link untuk mendownload Zero POS : 
https://retailcloud.com/everyday-pos-features  

8. Solusi Toko


Ini dia salah satu software buatan lokal dengan menu-menu berbahasa Indonesia, yang diperuntukan untuk program kasir toko skala kecil/menengah. Software ini dibuat untuk membantu pelaku usaha UKM dalam menjalankan kegiatan penjualan toko.

Fitur yang ditawarkan seperti software lainnya, Data Barang/Stok Gudang, Data Pelanggan, Data Supplier, Penjualan, Pembelian, Retur, Kas, Print data, Export ke xls, dll. Solusi Toko membutuhkan Java dan MySQL untuk databasenya.

Silahkan klik link di bawah ini untuk mendownload software Solusi Toko :
http://solusiprogram.com/software-toko-kasir-gratis/

9. Mini Mart

Aplikasi "MiniMart" merupakan aplikasi inventori stok barang yang dapat digunakan pada segmen toko eceran offline yang berskala kecil, seperti toko kelontong, atk, listrik, bangunan, aksesoris hp, dll.

Aplikasi ini gratis sepenuhnya (full versi, tanpa limit, tanpa masa trial, & tidak berbayar) dengan tujuan untuk membantu usaha menengah-kecil-mikro (UMKM) agar mampu berkembang lebih baik lagi.

Selain itu, aplikasi ini juga bersifat open-source (kode program juga diikutsertakan dalam pendistribusian aplikasi ini) sehingga dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran bagi anda yang sedang belajar pemrograman Java.

Bagi anda yang ingin bertanya, maka dapat mengirim pertanyaan tersebut ke e-mail pengembang di helloyud@gmail.com. Mohon maaf pengembang tidak melayani permintaan penambahan fitur pada aplikasi ini, pengembang berharap bahwa anda dapat menggunakan aplikasi ini secara apa adanya.

website : https://helloyud.blogspot.com/2016/12/aplikasi-pertokoan-minimart.html

Fitur-Fitur :

Barang

  •  Pendataan barang.
  •  Pencetakan laporan barang.
  •  Pencetakan label barcode dan price tag barang.
  •  Impor-ekspor data barang melalui file CSV.

Subjek

  •   Pendataan subjek.
  •   Pencetakan laporan subjek.
  •   Impor-ekspor data subjek melalui file CSV.

Transaksi

  • Pendataan transaksi.
  • Pendataan pra-transaksi.
  • Pencetakan laporan transaksi.

Lainnya

  •  Mendukung kebutuhan backup dan restore data dari file.
  •  Mendukung multi user dan pengaturan hak akses utk masing-masing user.
  •  Mendukung multi akses (aplikasi dapat digunakan pada beberapa komputer).

Demikian Artikel 9 Software Kasir Toko, mini market Gratis yang cocok untuk pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) sehingga dapat mempermudah pencatatan penjualan barang sehingga dapat membantu manajemen usahanya agar berjalan lebih baik. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing. 

2 comments for "9 Software Kasir Toko (POS) Gratis Cocok Buat UKM"

  1. Boleh mas nanti saya masukin ke dalam artikel, semoga sukses mas

    ReplyDelete
  2. Makasih banyak mas admin, kalau mas ada pertanyaan mengenai aplikasi "MiniMart", silahkan bertanya di email saya : helloyud@gmail.com

    Makasih mas ..... :)

    ReplyDelete

Post a Comment