Tips Sukses Verifikasi Payoneer supaya Payoneer Approved

Masdinko.com- Payoneer merupakan salah satu alat pembayaran (payment) yang saat ini banyak digunakan oleh para freelancer di dunia online, untuk menerima pembayaran dari hasil pekerjaan mereka. Apabila melihat aturan-aturan, layanan-layanan dan supportnya, dibandingkan dengan Paypal, Payoneer memang lebih fokus pada sisi pelaku bisnis dibanding personal, meskipun di payoneer juga masih ada pilihan apakah ingin membuka akun personal atau akun bisnis.

Pemilihan akun personal atau bisnis selanjutnya akan berimplikasi atau berkaitan dengan persyaratan yang harus disediakan agar akun personal atau bisnis anda bisa diapproved oleh Payoneer. Yang paling ringan dan mudah persyaratannya tentunya akun Personal, karena hanya meminta data pribadi seperti KTP/SIM/Passport dan untuk verifikasi Alamat membutuhkan dokumen bank atau utility bill yang menyertakan nama dan alamat user payoneer yang bersangkutan.

Untuk akun personal saja banyak yang mengalami kegagalan dikarenakan tidak tersedianya dokumen-dokumen yang dibutuhkan, atau kalaupun ada, nama atau alamat ada yang tidak sesuai dengan data yang sudah dimasukan di payoneer. Apalagi untuk persyaratan akun Bisnis, yang harus menyertakan data profil bisnis yang dijalankan. 

Pada postingan kali ini masdinko akan menginformasikan mengenai Tips Sukses verifikasi akun payoneer personal agar akun payoneer diapproved. Payoneer yang telah diapproved selanjutnya bisa digunakan untuk berjualan di Ebay. Fungsinya yaitu untuk menampung dana hasil penjualan di Ebay, melakukan pembayaran fee ebay yang terutang, membayar fee subscription layanan ebay, dan lainnya.

Tips Sukses Verifikasi Payoneer supaya Payoneer Approved

Untuk tahapan pembuatan akun payoneer baru sediakan beberapa dokumen dan informasi yang akan diminta oleh Payoneer yaitu :

  1. KTP/SIM/Passport sebagai dasar infomasi Biodata
  2. Buku tabungan bank, sebagai dasar untuk pengisian rekening bank dan verifikasi alamat berdasarkan dokumen bank (disertai mutasi rekening bank minimal 3 bulan terakhir)
  3. Nomor HP aktif, sebagai dasar untuk verifikasi nomor handphone
  4. Email aktif, sebagai dasar untuk verifikasi payooner kepada user payoneer, misal pengiriman kode login atau password yang dirubah, dan lain-lain.
  5. Utility bill atau struk tagihan, bisa berupa tagihan listrik maupun tagihan air (PDAM), ini untuk opsi kedua dalam proses verifikasi Address atau alamat, apabila dokumen bank ditolak oleh Payoneer.
  6. Rental Agreement merupakan dokumen kontra/sewa properti seperti rumah, apartment dan lain-lain. Ini bisa sebagai alternatif pengganti dokumen bank dan utility bill. Namun saat saya coba ternyata opsi ini per februari 2024 sudah tidak ditemukan lagi di payoneer.

Sepanjang dokumen atau informasi yang saya sebutkan dari 1-5 itu ada maka insyaa Allah akun Payoneer anda akan diapprove.

DAFTAR AKUN PAYONEER

Proses untuk diapprove Payoneer

Pada saat mendaftar di website payoneer, akan diminta mengisi formulir biodata, isikan berdasarkan dokumen yang anda miliki. Kemudian saat mengisikan nomor handphone, payoneer akan mengirimkan kode melalui sms nomor HP yang anda tuliskan di payoneer. Buka SMS di HP anda dan isikan kode yg dikirim oleh payoneer ke hp anda.

Permasalahan sering muncul pada tahap ini yaitu SMS tidak dapat terkirim ke nomor HP anda. Solusinya coba diulang lagi, apabila pilihan SMS tidak berhasil, coba pilih pilihan menelpon Payoneer, nanti akan ada telepon masuk dan memberitahukan kode dari payoneer.

Solusi lainnya yaitu dengan mengganti nomor HP anda, misal tadinya pakai Telkomsel coba gunakan nomor HP Tri, Indosat atau XL. Sepanjang pengalaman saya menggunakan nomor Tri tidak mengalami hambatan paling agak lambat aja diterimanya.

Selanjutnya, setelah mengisi semua formulir tersebut, kemudian login ke payoneer, akan diminta untuk mengupdate Security Question dengan mengirimkan dulu kode ke email yang tadi didaftarkan. Buka emailnya dan copy paste kode tersebut, kemudian update sequrity question nya. 

Kemudian untuk verifikasi pertama, biasanya diminta verifikasi National ID yaitu dengan mengupload KTP/SIM/Passport. Usahakan dokumen yang anda upload masih berlaku (belum expire). Kalau KTP ditandai dengan masa berlaku SEUMUR HIDUP. Silahkan ke kantor Disdukcapil atau Kecamatan terdekat apabila masa berlaku KTP sudah berakhir, dan mintakan ke petugasnya untuk Cetak KTP.

Apabila verifikasi National ID sudah berhasil, coba diklik di Menu payoneer, Setting >> Verification Center, dan lihat apakah ada lagi yang diminta oleh Payoneer. Biasanya Payoneer akan meminta Verifikasi Address atau Alamat, bisa dengan menguploadkan Dokumen Bank dimana di dokumen tersebut tertulis nama lengkap, alamat pemilik akun payoneer serta mutasi (arus keluar masuk dana) di rekening tersebut minimal 3 bulan terakhir.

Apabila tidak memiliki buku tabungan bank bisa dengan dokumen Utility Bill atau bukti tagihan listrik atau PLN atau dengan bukti tagihan Air (PDAM) dengan minimal 3 bulan ke belakang. Pada dokumen Utility bill juga sama harus ada nama dan alamat sesuai dengan data di Payoneer.

Kemudian akan direview sekitar 3 harian berkas-berkas yang tadi diupload, apabila diapprove artinya akun payoneer anda sudah bisa dihubungan dengan akun ebay agar bisa berjualan di Ebay.

Permasalahan yang sering muncul pada tahap ini yaitu User diberitahu oleh payoneer bahwa ada small deposit yang dikirim ke rekening bank dan disuruh untuk memasukan angka nya, namun ternyata gagal terus padahal angkanya sudah betul. Solusinya terus masukan angka tersebut walaupun gagal, nanti setelah ketiga kali gagal maka Payoneer akan menawarkan opsi lainnya.

Apabila anda tidak memiliki dokumen bank dan dokumen utility bill dan masih ada opsi lainnya yaitu Rental Agreement, anda bisa coba dengan mengupload dokumen perjanjian sewa atau kontrak rumah dimana salah satu pihak datanya harus sama dengan data di akun payoneer, yaitu nama, alamat, nomor handphone.

Cara membuatnya mudah, cari saja templatenya di google dengan keyword lease agreement template, kemudian download dan edit nama, alamat para pihaknya. Selanjutnya Print dokumen tersebut dan tanda tangan dahulu, kemudian scan dokumen tersebut dengan format PDF dan uploadkan ke Payoneer pada bagian Rental Agreement.

Demikian artikel mengenai Tips Sukses Verifikasi Payoneer supaya Payoneer Approved, insyaa Allah akun payoneer akan diapproved dengan mengikuti proses yang saya informasikan. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.

Post a Comment for "Tips Sukses Verifikasi Payoneer supaya Payoneer Approved"