Apa Boleh Menjual Stiker Virtual Game Monopoly di Ebay ?

Masdinko.com- Pertanyaan ini ditanyakan oleh salah seorang teman di facebook yang mengkontak saya melalui messenger facebook. Dia biasa bermain game monopoly dan kemudian mendapatkan stiker virtual dari game monopoly tersebut, dan sepertinya memang bisa dikirim-kirimkan ke akun lainnya.

Sepengetahuan saya menjual stiker yang berbentuk fisik atau stiker yang seperti umumnya itu boleh asal tidak melanggar hak cipta atau copyright dari sisi desain, logo, penggunaan brand, nama, merk dan lainnya. Jadi intinya desain dari stiker tersebut murni buatan sendiri. 

Apa Boleh Menjual Stiker Virtual Game Monopoly di Ebay ?

Nah untuk menjual stiker virtual masuk ke kategori barang yang berbeda dengan stiker yang berbentuk fisik. Pengirimannya juga relatif cepat karena tinggal transfer saja dari akun game penjual ke akun game pembeli jadi tidak membutuhkan tracking number.

Untuk barang berkategori non-fisik seperti software, aplikasi, dan lainnya memang ada disediakan kategori barangnya, kalau tidak salah masuk di kategori barang Other Stuff. Nah sebelum saya menjawab pertanyaan teman saya itu, saya coba search dulu di ebay, adakah yang menjual itu ? dan ternyata lumayan banyak juga sellernya bahkan ada yang ber feedback ratusan lebih.

Artinya memang ada seller yang menjual itu dan listingannya tetap live sampai saat itu artinya akun nya masih aman. Kemudian saya coba cari informasinya di Google, dan ternyata ada yang memiliki pengalaman menjual stiker monopoli ini.

Saya coba cari tahu dan ternyata dari forum komunitas ebay yang ada di website ebay. Yang posting itu bertanya mengapa akun pacarnya yang baru digunakan, kemudian melisting atau menjual stiker monopoly, beberapa saat setelah melisting itu, ada e-mail dari Ebay yang memberitahukan bahwa akunnya disuspend permanen dengan alasan membahayakan komunitas di ebay.

Apa Boleh Menjual Stiker Virtual Game Monopoly di Ebay ?


Ebay memang sering menggunakan alasan yang general yang tidak spesifik untuk akun terkena suspend permanen. Nah dari alasan yang diinformasikan Ebay, kemudian ada juga anggota komunitas tersebut yang menginformasikan bahwa si pemilik game monopoly tersebut dalam terms nya memang tidak membolehkan user gamenya untuk jual beli stiker di luar platform gamenya. Nah bisa jadi ini alasan kuat bagi ebay untuk melakukan suspend terhadap akun tersebut.

Lalu kenapa masih banyak seller yang menjual stiker monopoly tersebut bahkan seller yang berfeedback ratusan lebih juga berjualan itu ? Nah untuk masalah ini memang hak mutlak dari ebay untuk mensuspend akun yang mana saja yang dianggap melanggar. Karena terkadang tidak langsung semua disuspend, terkecuali kalau ada yang report maka ebay bisa mensuspend secara cepat dan tiba-tiba.

Jadi untuk akun ebay yang baru berjualan, sebaiknya ikuti saja aturan dari ebay mengenai barang-barang yang boleh dijual atau tidak, karena kalau sekali terkena suspend permanen maka tamatlah akun ebay tersebut. Kita tidak bisa membuat lagi dengan identitas di akun ebay tersebut, karena pasti akan terdeteksi, jadi harus menggunakan data orang dekat kita.

Sebaiknya tidak usah meniru seller yang sudah berfeedback banyak dengan ikut-ikutan melisting produk atau barang tersebut, karena nasib bisa saja berbeda. Akun kita terkena suspend akun mereka tetap hidup.

Akhirnya teman saya yang berniat untuk menitip barang agar dijual di ebay saya batalkan karena resikonya terlalu besar untuk akun ebay saya. Itulah sedikit cerita saya tentang boleh tidaknya menjual stiker virtual game monopoly di ebay. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing. 

Post a Comment for "Apa Boleh Menjual Stiker Virtual Game Monopoly di Ebay ?"