Beberapa Penyebab Akun Ebay Baru Disuspend

Masdinko.com-Assalamu'alaikum kawan-kawan semua yang masih setia membaca artikel Masdinko. Pada postingan artikel kali ini kami akan membahas mengenai Beberapa Penyebab Akun Ebay Baru Disuspend. Seringkali teman-teman online di media sosial menanyakan mengenai hal ini, mengapa akun ebay saya dibanned padahal data asli masih baru belum pernah dipakai. 

Ada juga kasus suspend ebay padahal akun hanya akan dipakai untuk membeli barang di ebay atau sebagai buyer saja. Secara umum banyak yang mengatakan susah sekali untuk mendaftar akun ebay sebagai seller, dari sisi dokumen beberapa dokumen harus dipersiapkan agar akun diapprove.

Beberapa Penyebab Akun Ebay Baru Disuspend

Agar terhindar dari suspend ebay, kita sedikitnya harus tahu beberapa penyebab akun ebay tersuspend. Beberapa penyebab ini Masdinko temukan selama berjualan di ebay sejak tahun 2012. Namun satu hal yang pasti Ebay ini Unpredictable alias tidak bisa disangka-sangka, meskipun sudah menjalankan prosedur sendiri namun apabila Allah berkehendak, akhirnya akun ebay kena suspend.  

Berikut beberapa penyebab akun ebay baru yang dibuat terkena suspend

1. Data yang dimasukan pernah dipakai akun yang suspend

Apabila satu akun Ebay terkena suspend permanen dan Ebay menginformasikan bahwa anda tidak mendaftar lagi dengan data yang sama dengan akun yang tersuspend, maka janganlah anda mendaftar lagi data tersebut pada akun ebay yang baru. Karena ebay akan mendeteksi dan menemukannya, sehingga akun ebay yang baru itu akan disuspend kembali.

Jadi bagaimana solusinya? buat yang ingin tetap mendaftar di Ebay mau tidak mau harus menggunakan data yang baru, usahakan orang yang terdekat di keluarga dan tidak keberatan apabila nanti mau mencairkan dana hasil jualan di ebay. 

2. IP Address terdeteksi pernah dipakai akun yang kena Banned

Untuk IP address sendiri yang saya tahu ada 2 yaitu IP address statis dan IP address Dinamis. Apabila anda berlangganan WIFI di rumah anda bisa mengeceknya dengan mencatat dahulu ip address di browser, ketikan my IP, maka muncul ip address anda.

Kemudian coba matikan modem/router WIFI anda kemudian nyalakan lagi, kemudian cek lagi di browser dengan mengetikan "My IP", apabila angka IP address nya sama dengan sebelumnya, itu artinya IP address anda Statis, selalu sama meskipun modem sudah direstart. Kebalikan dengan IP address dinamis, biasanya 2 format angka di belakang sering berbeda-beda. 

Apabila IP address statis dan pernah mendaftar ebay dan akhirnya akun ebay tersebut kena suspend permanen, kemudian anda mencoba mendaftar lagi dengan data yang baru. Meskipun dengan data baru ebay seringkali mendeteksi ip address tersebut dan akhirnya dianggap sama, sehingga meskipun belum sampai daftar seller, akun ebay sudah disuspend lagi.

Hal yang bisa dilakukan yaitu dengan mencoba device yang baru, misal komputer yang berbeda atau laptop yang berbeda, mungkin hasilnya akan berbeda. Cuma memang satu hal yang saya tekankan, bahwa terkadang Ebay itu Unpredictable, seringkali saya menganggap nya sudah aman, namun ternyata pas saya terapkan ebay tetap mensuspend akun tersebut. Hal itu memang di luar kuasa saya, karena ebay juga seringkali tidak secara jelas menjelaskan penyebab akun disuspend.

3. Barang yang Dilisting menyalahi aturan Ebay

Terkadang penyebab suspend akun ebay tidak hanya akibat dari data yang sudah pernah kena suspend ataupun ip address yang sama dengan akun yang terbanned. Apabila produk yang anda listing di ebay melanggar aturan ebay seperti produk copy right, KW, tiruan, barang yang dilarang ebay dan lainnya, akan terkena suspend juga pada akhirnya.

Untuk menghindari resiko ini yaitu hanya melisting produk atau barang yang sesuai dengan aturan ebay sehingga akan lebih aman dan terhindar dari suspend. Memang biasanya barang-barang tersebut memiliki tingkat selling yang bagus karena banyak pembelinya, namun sayang apabila nantinya malah terkena suspend. Produk yang tidak melanggar juga banyak meskipun dengan tingkat selling yang di bawah, namun relatif aman sehingga akun ebay kita awet dan terhindar dari resiko banned.

4. Performance akun seller dibawah rata-rata dan banyak defect

Apabila akun anda sudah berhasil listing produk, tantangan selanjutnya yaitu mempertahankan kinerja akun seller ebay anda. Saat ini ebay menerapkan aturan yaitu menghitung secara detail mengenai jumlah orderan yang dicancel, orderan yang terlambat diinput tracking nya, orderan yang refund oleh seller (karena habis stok), dan indikator lainnya. Itu nanti ada laporannya setiap bulan. 

Pengalaman saya, ada akun yang feedback ratusan, omset orderan ribuan dollar, namun karena menggunakan dropship, ada beberapa orderan yang dicancel oleh seller, orderan yang direfund, orderan yang terlambat datang, orderan yang open case oleh buyer dan lainnya. Pada akhirnya oleh ebay disuspend dari aktivitas berjualan, dan hanya dapat dipergunakan untuk aktivitas pembelian saja.

Demikian, beberapa penyebab akun seller ebay baru disuspend oleh ebay, sesuai dengan wawasan dan pengalaman yang saya ketahui. Mungkin ada berbagai kasus yang seperti ini, namun dengan penyebab yang tidak ada pada artikel ini. Karena ebay memang memiliki wewenang mutlak untuk mensuspend akun yang dianggap membahayakan komunitas Ebay. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.

Post a Comment for "Beberapa Penyebab Akun Ebay Baru Disuspend"