Cara Memulai Bisnis Ekspor Kecil dengan Untung Besar


Bisnis Ekspor yaitu kegiatan menjual barang dari dalam negeri ke luar negeri. Sebelumnya mungkin kita akan berpikir bisnis ekspor itu sulit, harus memiliki barang dengan stok banyak, proses jual beli yang rumit, susahnya mengurus pengiriman barang, banyaknya dokumen perijinan yang harus tersedia dan lain-lain. Kesulitan tersebut mungkin akan kita hadapi apabila kita mengirim barang ke luar negeri dalam jumlah kontaineran.

Padahal bisnis ekspor bisa kita mulai dengan mengirim barang / produk dengan jumlah kecil atau satuan, sehingga tidak akan mengalami berbagai kesulitan seperti kita mengirimkan barang dalam jumlah kontaineran. Adanya koneksi internet yang telah baik saat ini, membuat dunia seperti tanpa batas, kita dengan mudah berinteraksi dengan warga negara lain baik melalui media sosial maupun melalui marketplace/pasar internasional.

 

Adanya interaksi ini akan membuka peluang ekonomi yang potensial, yakni transaksi jual beli produk. Apalagi untuk pengiriman barang/produk satuan dengan berat tertentu semakin mudah, karena sudah adanya jasa pengiriman keluar negeri yang mudah dan murah seperti layanan dari Pos Indonesia.

Lalu bagaimana cara memulai bisnis ekspor dengan mudah ? sebelum action berbisnis ekspor, mari kita pikirkan beberapa hal sebagai berikut :
  1. Produk apa yang akan kita jual ke pasar luar negeri ?
  2. Apakah produk yang akan kita jual termasuk ke dalam daftar barang yang tidak boleh dikirim oleh Pos Indonesia ?
  3. Perhitungkan mengenai harga barang dan ongkos kirim ke luar negeri
  4. Pikirkan mengenai cara mengemas barang yang akan dikirim
  5. Tempat memasarkan produk apakah melalui media sosial atau marketplace
  6. Cara/metode pembayaran transaksi jual beli barang
Seperti halnya dalam berbisnis di pasar lokal, Hal-hal di atas tetap harus dipikirkan sebelum melangkahkah menjalankan bisnis ekspor. Terlihat sulit namun bisnis ekspor akan terasa mudah kalau kita sudah menjalankannya, karena keuntungan yang didapatkan akan lebih besar dari pada kita menjual di pasar lokal, apalagi dengan perang harga antar penjual lokal.

Produk yang akan kita jual boleh apa saja, namun tidak melanggar aturan dari negara ataupun dari kantor pos Indonesia, yang sekiranya menarik bagi calon pembeli yaitu para bule di luar negeri. Banyak produk lokal yang dapat kita ekspor seperti handmade, kerajinan perhiasan/accesories, produk fashion (batik), kopi, dan lainnya.

Perhitungkan harga beli produk, ongkos kirim pos Indonesia, dan fee marketplace atau alat bayar (paypal) sehingga kita dapat mengetahui keuntungan bersih yang didapatkan. Ongkos kirim pos Indonesia berdasarkan berat paket barang. Saat ini menggunakan skala berat. Misal berat 100 gram Rp. 100.000, berat 500 gram Rp. 208.000 dan seterusnya.

Produk yang akan kita kirimkan perlu kita kemas dengan baik agar aman selama proses pengiriman oleh kurir. Selain itu pengemasan juga harus memperhitungkan berat akhir setelah produk dikemas, karena akan mempengaruhi ongkos kirim. Kemasan produk yang dikirim bisa menggunakan amplop untuk produk yang kecil, ataupun box kardus untuk produk yang agak besar dan rentan pecah/rusak.

Setelah mendapatkan produk yang tepat untuk diekspor ke luar negeri, tentukan tempat kita akan berjualan. Hampir sama apabila kita berjualan lokal, ada yang berjualan di sosial media seperti instagram, facebook, whatsapp dan lainnya, ada juga yang berjualan di marketplace lokal seperti tokopedia, bukalapak, shopee, lazada dan lainnya. Untuk berjualan ke luar negeri bisa menggunakan media sosial seperti instagram dan facebook, atau juga melalui marketplace internasional seperti ebay, amazon, bonanza, dan lainnya.

Berjualan ke luar negeri menggunakan sosial media instagram dimulai dengan mendapatkan follower bule sebanyak-banyaknya karena memang itu target kita. Kemudian kita upload foto-foto produk dengan menarik agar dapat menarik minat calon pembeli. Perbanyak teman bule anda di facebook apabila ingin berjualan di facebook yang merupakan target calon pembeli. Perbanyak upload produk di beranda anda, serta coba untuk bergabung dalam grup jual beli internasional di facebook group.

Untuk lebih memperkuat branding, anda juga bisa membangun online store atau toko online sendiri yaitu dengan membuat website toko online. Membangun toko online sendiri saat ini lebih mudah dan murah karena sudah hadirnya platform yang mumpuni namun murah seperti menggunakan Wordpress yang dilengkapi dengan template toko online dan Cartnya.

Hosting atau server tempat websitenya harus yang server internasional sesuai dengan target pasar kita, seperti server di USA. Sehingga aksesnya lebih cepat saat calon pembeli berkunjung ke website toko online. Pembayaran untuk toko online sendiri bisa menggunakan Credit Card baik Visa maupun Master Card atau dapat juga menggunakan Paypal.     

Terdapat perbedaan dengan jualan lokal dalam penerimaan pembayaran. Alat transaksi yang digunakan untuk jualan ke luar negeri yaitu menggunakan Western Union, Paypal atau Credit Card. Western Union merupakan cara paling praktis, karena tidak membutuhkan rekening bank. Yang dibutuhkan yaitu kartu identitas dapat berupa KTP maupun SIM. Ketika ada bule yang membeli dengan cara pembayaran western union, kita informasikan data diri sesuai KTP atau SIM.

Setelah pembayaran dikirim, pembeli harus mengirimkan kode untuk mencairkan WU yaitu nomor MCTN (Money Transfer Control Number) kepada penjual. Kemudian kita sebagai penjual, mendatangi kantor pos yang melayani pencairan WU atau dapat juga melalui gerai Minimarket (Alfamart, Indomart dan lainnya). Setelah mendapatkan uangnya barulah kita mengirimkan pesanan pembeli.

Tempat jualan ke luar negeri lainnya yaitu melalui marketplace internasional seperti ebay, bonanza, amazon dan lainnya. Masing-masing marketplace ini memiliki syarat dan peraturan masing-masing, oleh karena itu sebelum mendaftar harap dibaca baik-baik aturannya.

Berdasarkan pengalaman, ebay dan bonanza relatif mudah persyaratannya dan alat pembayarannya menggunakan Paypal yang juga mudah dalam pencairan dananya. Untuk mendaftar menjadi seller di Ebay diperlukan email, akun paypal, dan didukung dokumen pribadi seperti KTP dan SIM (optional kalau diminta). Lebih jelas mengenai cara mendaftar ebay dapat dilihat disini.

Beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mendaftar menjadi seller di ebay. Bagi penjual ebay yang baru dana hasil penjualan akan ditahan selama 20 hari oleh Paypal, jadi pada tahap ini kita harus memiliki modal untuk mengirim barang ke pembeli. Apakah dana pasti akan cair? ya setelah 20 hari dana akan langsung masuk ke rekening Paypal, setelah itu baru bisa dicairkan ke rekening bank kita.

Mengapa dana ebay ditahan ? ebay memang memiliki evaluasi yang bertahap terhadap seller baru. Seller baru hanya diberi jatah/limit penjualan sebanyak 10 listing dengan nilai maksimal $500. Artinya kita dapat menawarkan barang/produk sebanyak 10 barang masing-masing 1 buah dan total nilai 10 barang tersebut maksimal $500. Cukup ketat bukan ?

Apabila kita telah berhasil menjual beberapa produk dalam periode tertentu, maka limit penjualan tadi akan dinaikan oleh ebay secara bertahap baik dari jumlah produk yang dapat dilisting maupun jumlah nilai barangnya. Apabila dalam jangka waktu tertentu sudah stabil dalam menjual barangnya, maka hasil penjualan akan langsung cair ke rekening paypal tanpa ditahan (dihold) lagi oleh Paypal.

Ekspor dalam jumlah kecil ini dapat dilakukan siapa saja meskipun dengan kemampuan berbahasa Inggris yang kurang, karena memang kita berkomunikasi dalam bahasa internasional yaitu bahasa Inggris. Namun hal tersebut bukan masalah karena dengan teknologi yang semakin canggih kita dapat dengan mudah mentranslate bahasa Inggris ke bahasa kita, bahkan bahasa negara lain di dunia dapat diterjemahkan ke bahasa kita menggunakan Google Translate.      

Pada intinya, untuk melakukan ekspor itu tidak harus dalam jumlah besar dan modal besar, apabila kita mengirim ke luar negeri dalam jumlah kecil dan eceran juga tetap disebut sebagai kegiatan ekspor. Malah dengan ekspor dalam kecil, profitnya lebih besar dibanding kita menjual di pasar lokal dan apabila kita beruntung akan dapat profit lebih kalau nilai tukar dolar sedang naik.

Demikian gambaran bagaimana cara memulai bisnis ekspor kecil-kecilan dengan keuntungan yang besar. Keberhasilan dalam bisnis ekspor ini dimulai dengan langkah pertama yaitu ACTION, masalah pasti ada pada setiap pekerjaan namun solusi selalu ada untuk setiap masalah apabila kita terus berusaha dan berdoa. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing. 

Post a Comment for "Cara Memulai Bisnis Ekspor Kecil dengan Untung Besar "