Tips ampuh meningkatkan penjualan di Ebay untuk pemula

Tips ampuh meningkatkan penjualan di ebay selalu dicari dan dipelajari oleh seller di ebay, terutama seller baru di ebay. Berkaca pada saat dulu, waktu pertama jualan di ebay sekitar tahun 2008, saat itu jualan di ebay bagi seorang seller Indonesia sangat mudah laku terutama jualan kaos di ebay. Jualan kaos saat itu booming dengan desain custom. Didukung juga oleh hadirnya dropship produk custom dari Hongkong, dengan harga yang murah, sehingga profit dari jualan ebay sangat menggiurkan.

Kendala muncul saat aturan mengenai hak cipta atau intelectual property rights diterapkan dan sanksi ebay atas seller yang melanggar lumayan berat yaitu suspend akun seller. Dropshipper hongkong juga mulai menerapkan aturan yang sama. Sedangkan kebanyakan seller ebay saat itu menjual barang custom dengan desain mengambil dari google image yang biasanya memiliki hak cipta dari pemilik sahnya.

baca juga : Step by Step Cara Jualan di Ebay

Jadi bagi seller ebay yang ingin tetap berjualan custom dengan desain berhak cipta, akan beresiko dengan akun sellernya disuspend. Namun bagi seller ebay yang ingin akunnya aman, maka akhirnya harus mentaati ebay policy atau aturan ebay. Salah satu jalan amannya yaitu dengan menjual produk lokal baik itu handmade maupun produk pabrik/massal namun tidak melanggar aturan hak cipta maupun ketentuan lainnya di ebay.

Untuk berjualan produk lokal Indonesia di Ebay memang memiliki tantangan yang tidak mudah, persaingan harga dengan seller ebay dari negara lain, ongkos kirim yang mahal, waktu pengiriman yang lambat dan lainnya. Namun dibalik hambatan tersebut ada beberapa potensi dari produk Indonesia untuk dijual ke luar negeri yaitu memiliki keunikan sendiri terutama produk handmade, adanya segmen produk yang negara lain tidak memproduksinya dan lainnya. Jadi tinggal bagaimana strategi atau cara seller menjual produk lokal tersebut.

Cara menjual produk handmade ataupun produk lokal indonesia di ebay, bisa menggunakan beberapa cara diantaranya :

Promosi di grup forum jual beli ebay luar negeri di Facebook


Untuk mengenalkan produk yang dijual di ebay kita dapat menggunakan platform facebook, dengan bergabung di berbagai grup/forum jual beli ebay. Dengan bergabung di grup tersebut kita bisa mempromosikan produk yang kita jual di ebay. Sebelum bergabung baca dahulu peraturan di grup tersebut, aturan bisa jadi berbeda antar grup lainnya.

Untuk mempromosikan link produk di ebay biasanya dibatasi frekwensi melakukan promosi, umumnya sehari sekali untuk setiap grup. Agar efektif maka kita harus gabung di banyak grup jual beli ebay. Apabila mentargetkan negara tertentu maka kita bergabung dengan grup jual beli di negara target kita, seperti Amerika Serikat, Eropa dan lainnya. Cara mencarinya mudah, tinggal klik tombol search di Facebook dan ketikan keyword seperti "sell buy ebay" atau "sell ebay usa" dan lainnya. Kemudian pilih grup.

baca juga : Mudah koq jualan ke luar negeri

Biasanya untuk masuk ke grup tersebut akan diberi pertanyaan oleh admin grup, anda tinggal menjawab saja sesuai dengan pertanyaannya. Yang harus diperhatikan di dalam grup yaitu jangan berbuat Spam, karena bisa dikeluarkan dari grup oleh admin grup tersebut.

Mengaktifkan Promoted Listings


Promoted Listings Ebay merupakan fasilitas tambahan dari ebay untuk meningkatkan penjualan produk seller Ebay. Fasilitas ini muncul saat membuat listing produk yang akan dijual. Dengan mengaktifkan promoted listings, produk yang kita jual akan tampil di halaman awal pencarian produk di ebay dan juga akan muncul di tempat strategis pada bagian halaman ebay.

baca juga : Hasil jutaan rupiah dari bisnis online

Mengaktifkankan promoted listings memang akan dikenai biaya atau fee, namun fee ini akan ditagih saat produk kita sudah laku atau terjual, nanti akan disatukan dengan tagihan fee ebay. Jadi saat mengaktifkan fitur ini anda harus menghitung dan memasukan fee promoted listings ke dalam komponen harga produk agar tidak mengalami kerugian. Promoted listing akan meningkatkan jumlah view dan visibility sekitar 36% menurut klaim Ebay. Setidaknya produk kita akan dilihat dan apabila cocok dengan keinginan pembeli maka akan terjadi penjualan.




Tips meningkatkan penjualan di ebay ini sudah saya coba jalankan, dan ada beberapa produk yang terjual. Meskipun peningkatan belum begitu besar, karena tingginya penjualan dipengaruhi juga oleh jenis produk yang kita jual. Namun setidaknya dengan mengaktifkan fitur ini produk akan lebih banyak dilihat dan bisa menjadi peluang untuk konversi ke penjualan.

Demikian tips ampuh meningkatkan penjualan di ebay untuk produk lokal Indonesia. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.      

Post a Comment for "Tips ampuh meningkatkan penjualan di Ebay untuk pemula"