Tips Mendulang Dollar Menyambut Black Friday di Marketplace Ebay

Tips Mendulang Dollar Menyambut Black Friday di Marketplace Ebay

Tips Mendulang Dollar Menyambut Black Friday di Marketplace Ebay

Ebay merupakan marketplace yang sudah berdiri lama dan sudah mendunia. Berawal dari website lelang dan berkembang menjadi sebuah website marketplace yaitu tempat berkumpulnya penjual dan pembeli dari seluruh dunia. Meskipun begitu, fitur lelang atau auction tetap ada sampai sekarang sebagai ciri khas dari Ebay. Penjual yang bergabung dengan Ebay motivasinya tidak lain untuk menambah penghasilan yang lebih banyak dan memperluas daerah pemasaran,karena menjangkau seluruh negara.

baca juga : Bagaimana Cara Mudah Berjualan ke Pasar Luar Negeri ?

Pada saat akhir tahun di sebagian wilayah negara terutama di negara Amerika, yang bertepatan dengan liburan hari natal dan tahun baru, menjadi moment yang penting bagi seorang penjual di ebay. Berdasarkan kebiasaan setiap tahun yang sudah menjadi budaya, saat itu pasar akan ramai oleh pembeli dan penjual akan laku dalam menjual produknya. Dan saat itu momen yang tepat buat penjual untuk cuci gudang menjual produk yang tidak laku sebelumnya dengan harga yang super murah. Momen tersebut seringkali disebut Black Friday. Kalau di Indonesia mungkin sama dengan Harbolnas, Hari Belanja Online Nasional. Namun black friday disana tidak hanya belanja secara online namun belanja secara offline juga.

baca juga : Tahapan Cara Berjualan di Ebay Dilengkapi Gambar 

Di ebay sendiri bagi para penjual terutama yang dari luar Amerika efek dari peningkatan belanja masyarakat Amerika dirasakan pada sekitar bulan November dan awal bulan Desember karena ada jeda untuk waktu pengiriman atau shipping time yang rata-rata sekitar 3 mingguan untuk pengiriman reguler, untuk pengiriman cepat atau express biasanya membutuhkan waktu hanya seminggu. Bagi penjual dari Indonesia ini merupakan momen bagus untuk menjual produk Indonesia ke pasar Amerika. Meskipun apabila dilihat dari produk yang dijual seller dari Indonesia terbagi menjadi 2 kelompok, ada yang berjualan dengan mengirim sendiri produknya dari Indonesia dan ada juga yang berjualan dengan sistem dropship, yang produknya dikirim dari negara lain seperti China, atau Hongkong. Penjual yang mengirim sendiri produk Indonesia terbagi lagi menjadi penjual memproduksi sendiri barangnya, penjual cuma memasarkan saja, dan ada juga yang dropship dari penjual lainnya.

Penjual Indonesia yang memproduksi sendiri

Penjual yang memproduksi sendiri barang dagangannya relatif bisa lebih kompetitif dari sisi harga barang yang dijualnya. Meskipun pada akhirnya besaran ongkos kirim menjadi penentu apakah produk dari Indonesia dapat bersaing harganya dengan produk dari negara lain. Jujur saja untuk Indonesia, ongkos kirim ke luar negeri masih terlalu mahal, dan sulit bersaing dengan negara lainnya seperti Malaysia, Thailand, ongkos kirim mereka lebih murah dan lebih cepat sampainya. Saya amati penjual yang memproduksi sendiri kebanyakan dari kategori barang handmade atau kerajinan tangan, seperti penjual dompet kulit, tas kulit, accesories seperti gantungan kunci, cincin, kalung, gelang dan juga ada penjual custom t-shirt. Moment saat bulan November dan Desember memang saat yang bagus untuk mendulang dollar pada akhir tahun ini. 

Penjual Indonesia yang memasarkan saja

Penjual yang kategori ini mereka tidak memproduksi sendiri produknya namun mereka yang memasarkan dan mengirimkannya kepada pembeli. Penjual seperti ini biasanya sumber barangnya banyak namun tidak menstok barangnya. Jadi mereka akan mulai membeli produk yang dipesan pembeli setelah pembeli membayar pesanannya. Barulah mereka membeli pada supplier dan kemudian mengirimkannya sendiri pada pembeli. Dengan cara seperti ini memang akan membutuhkan waktu lebih lama untuk handling time atau waktu pemrosesan, terutama apabila barangnya berasal dari luar kota, dan harus menunggu 1-2 hari untuk sampai di alamat penjual ini. Namun apabila barangnya mudah didapatkan di sekitarnya tentunya waktu pemrosesan atau handling time bisa dilakukan dalam 1 hari. Produk yang didapatkan di sekitarnya contoh produk-produk yang dijual di minimarket atau supermarket seperti indomaret, alfamart, alfamidi, yogya dan lain-lain. Ya sering saya temui produk snack, kosmetik, parfum, deodoran, produk bayi yang dijual di ebay dan laku. Jadi barang di sekitar kita juga banyak yang diminati oleh pembeli dari luar negeri. Untuk produk yang diluar produk minimarket biasanya diambil dari marketplace lokal seperti tokopedia, shopee, dan bukalapak, yang ini tentunya membutuhkan handling time lebih lama, karena harus menunggu datangnya barang dahulu. Pada momen akhir tahun dan black friday, saatnya mendulang dollar dari pembeli dari luar negeri.


Penjual Indonesia yang Dropship dari penjual lainnya

Kelompok yang ini, mereka hanya mencari orderan saja. Setelah mendapatkan orderan dari pembeli, mereka akan memesan barang tersebut dari penjual lainnya yang melayani sistem dropship. Sistem dropship lebih simpel karena tidak harus menstok barang, mempacking dan mengirimkan barang. Semuanya itu sudah ditangani oleh penyedia dropship, jadi kita tinggal mencari dan mendapatkan pembeli saja. Jarang memang untuk yang dropship ke luar negeri, biasanya penyedia dropship pemain juga di ebay, jadi sambil dia jualan, dia juga menerima orderan dari sesama penjual. Penjual dropship seperti ini banyak ditemukan pada produk custom, seperti custom t-shirt, custom phone case, custom hoodi, custom jam tangan dan lainnya.

baca juga : Cara Mencegah Akun Seller Ebay Disuspend Pengalaman Sendiri 

Jadi inti dari tulisan ini adalah saat akhir tahun seperti ini di Ebay saat yang tepat untuk mengiklankan lebih banyak barang, apabila tidak produksi sendiri dapat dengan menjual barang yang ada di sekitar kita, atau kita cari di marketplace online, ataupun dropship dari sesama penjual ebay di Indonesia. Tips mendulang dollar menyambut black friday di Ebay yaitu perbanyak produk yang dilisting di Ebay. Demikian artikel mendulang dollar menyambut black friday di marketplace Ebay, semoga bermanfaat. Keep learning and sharing. 
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments