Tips Meningkatkan penjualan di ebay menggunakan layanan E-packet dari Pos Indonesia

Tips Meningkatkan penjualan di ebay menggunakan layanan E-packet dari Pos Indonesia

Tips Meningkatkan penjualan di ebay menggunakan layanan E-packet dari Pos Indonesia


Menjual produk lokal Indonesia di Ebay memang memiliki tantangan tersendiri dibanding apabila menjual produk tersebut di marketplace lokal. Ebay memiliki jangkauan pasar yang luas yaitu seluruh negara di dunia atau jangkauan pasar global dengan ragam kebutuhan yang beragam. Ditambah lagi dengan persaingan produk baik harga maupun kualitas dengan negara lain terutama negara China yang memiliki produk yang beragam dengan harga yang murah dan dengan biaya pengiriman yang murah bahkan gratis.

Untuk bersaing dengan produk yang sama dengan penjual Ebay dari negara China memang berat, dari sisi harga seller Indonesia akan kalah, karena seller China selain harga produk yang murah juga dengan biaya pengiriman Gratis ke seluruh negara, sehingga untuk produk seperti fashion, elektronik, accesories, mainan, dan lain sebagainya akan terasa sulit bersaing dengan seller China.

Namun dibalik hambatan bersaing dengan seller China, menjual produk lokal Indonesia di pasar Ebay tetap memiliki potensi yang bagus untuk ekspor skala kecil. Yang perlu kita lakukan yaitu dengan menginventarisir produk lokal yang tidak dimiliki oleh Seller China dan juga dengan biaya ongkos kirim yang relatif tidak besar.



Alhamdulillah untuk biaya ongkos kirim saat ini, dengan menggunakan layanan pengiriman luar negeri dari PT. POS INDONESIA dapat menekan total harga (harga produk + ongkos kirim) bisa lebih kompetitif. Adanya layanan produk yang bernama E-packet LX Prime dari pos Indonesia. Paket pengiriman luar negeri ini melengkapi layanan yang sudah ada sebelumnya yaitu Registered Mail (RLN).

Untuk layanan e-packet LX prime memang tidak tersedia di semua cabang kantor pos di Indonesia. Sebelumnya di kantor pos tempat saya, layanan pengiriman luar negeri hanya ada 2 yaitu Registered Mail (RLN) dan EMS. Untuk RLN biayanya lebih mahal dibanding e-packet LX Prime, dan juga durasi pengiriman yang rata-rata mencapai 3-4 minggu. Berbeda dengan RLN, e-packet LX Prime biayanya lebih murah di banding dengan RLN dan dengan durasi pengiriman lebih cepat sekitar 10 hari untuk tujuan negara yang masuk dalam layanan Express. Untuk negara di luar express durasi pengiriman sekitar 2-3 minggu.

berikut gambaran perbedaan tarif antara RLN dengan e-packet LX Prime dengan asumsi pengiriman dari Majalengka, berat paket tertentu dan tujuan pengiriman ke Amerika Serikat. Saat tulisan ini dibuat website pos indonesia mengalami error, sehingga data ongkos kirim saya dapatkan langsung dari Customer Service di kantor pos Majalengka.



* Tarif di atas sudah termasuk dengan pajak dan bea lainnya. 
Layanan e-packet LX Prime memang tidak tersedia di semua kantor pos cabang, tergantung dari kebijakan kantor pos besar di wilayah tersebut. Kalau anda sering mengirim barang ke luar negeri, bisa anda Request melalui Customer Service agar layanan e-packet dapat tersedia, namun keputusan akhir tetap pada kebijakan kantor pos tersebut. Hal ini karena untuk barcode dari layanan e-packet LX Prime berbeda dengan barcode layanan RLN meskipun untuk dokumen pengiriman masih tetap menggunakan format CN-23.

Bagi penjual ebay seperti saya, kehadiran layanan e-packet LX Prime meningkatkan semangat untuk menawarkan produk lokal ke pasar ebay, apalagi untuk pasar Amerika Serikat produk dari China dibebani dengan bea masuk yang tinggi oleh pemerintah Amerika, sehingga membuka peluang untuk negara lain seperti Indonesia untuk menyabet peluang emas ini. 

Dengan ongkos kirim yang lebih kompetitif, seller di Indonesia dapat menjual produk dalam negeri ke luar negeri dengan harga jual yang bersaing dengan seller lain. Beberapa strategi berjualan di Ebay dapat diterapkan apabila ongkos kirim barang sudah kompetitif dengan seller lainnya yaitu :

Menurunkan harga

Kontribusi ongkos kirim dalam berjualan di ebay memang besar, dengan adanya penurunan ongkos kirim maka seller dapat menurunkan harga totalnya kepada pembeli di ebay, sehingga dapat kompetitif dengan seller lainnya.

Mengaktifkan Promoted Listing 

Apabila harga total sudah bisa ditekan dan kompetitif dengan seller lainnya, saatnya untuk meningkatkan penjualan dengan mengaktifkan fasilitas Promoted listing. Fasilitas ini berbayar sesuai dengan persentase tren yang kita set. Promoted listing dapat meningkatkan peluang produk untuk terjual karena dapat tampil saat buyer mencari produk dengan kategori yang sama. Sudah beberapa kali saya mendapatkan penjualan dari hasi Promoted listing ini.


Mengambil profit margin yang ekonomis

Sebelumnya saya biasa mengambil profit margin bersih dari satu barang $5-$8 tergantung dari berat barang, resiko packing, berat dan ringannya barang dan lainnya. Untuk menghadapi persaingan dengan seller lainnya, saya menurunkan profit margin rata-rata $3 untuk produk yang ringan dan kecil. Terbukti beberapa produk yang sebelumnya tidak pernah laku, akhirnya ada yang laku.



Bagi sebagian orang mungkin cara berjualan di ebay sedikit sulit dibandingkan berjualan di marketplace lokal, apalagi kalau sudah berkaitan dengan komplain pembeli yang harus anda cari solusinya, ya itulah serba serbi berjualan di ebay. Apabila belum bisa 100 persen konsentrasi di ebay kombinasikan juga dengan menambah penghasilan dari bidang lainnya, seperti blog, youtube dan lainnya. Buat seller ebay Indonesia lainnya, tetap semangat ya. Semoga bermanfaat. Keep learning and share.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments