6 Solusi mengatasi Baterai android tidak bertambah saat dicas

6 Solusi mengatasi Baterai android tidak bertambah saat dicas

6 Solusi mengatasi Baterai android tidak bertambah saat dicas

6 Solusi mengatasi Baterai android tidak bertambah saat dicas
Baterai android tidak bertambah saat dicas pernah saya alami sewaktu menggunakan handphone android Huawei Y5 II. Saat dicas notifikasi sistem menuliskan sedang mengisi namun beberapa waktu kemudian dilihat persentase baterai malah berkurang. Dugaan yang muncul penyebabnya dari charger atau baterai.

Sebelum menarik kesimpulan penyebab dari baterai android tidak bertambah saat dicas, sebaiknya kita ingat-ingat dahulu cara kita mencharge handphone android. Untuk daya baterai yang pas-pas an, sistem android memang termasuk boros dalam mempergunakan daya baterai, sehingga agar handphone terus hidup seringkali dibantu dengan sumber daya cadangan seperti power bank.

Power bank baik digunakan saat kondisi darurat namun yang sering terjadi power bank menjadi andalan setiap saat. Penggunaan power bank yang terlalu intensif bisa menjadi salah satu penyebab baterai tidak bertambah saat dicas, karena mungkin saja output ampere dari power bank berbeda dengan output ampere dari charger originalnya.

Penyebab lainnya bisa juga karena kerusakan pada soket USB pada handphone, seringkali menggunakan charger yang bukan aslinya, dan sering mengecas pada perangkat lain yang tidak sesuai dengan yang seharusnya.

Kerusakan soket bisa terjadi apabila pengguna tidak hati-hati dalam memasukan soket charger ke handphone,bisa karena terburu-buru atau kepala soket terbalik sehingga agak dipaksa, yang mengakibatkan kepala socket USB di hanphone menjadi rusak.

Penggunaan charger merk lain juga bisa menjadi penyebab dari rusaknya baterai android. Untuk charger handphone android memang rata-rata menggunakan soket yang sama bentuknya namun meskipun bentuknya sama, spesifikasi dari tiap charger itu berbeda. Bisa dilihat di bagian kepala charger biasanya ada informasi mengenai voltase masuk, output ampere, dan lainnya. Jadi ketika menggunakan charger merk hp android lain, mungkin saja amperenya berbeda. Kalau sering seperti itu lama-lama baterai akan rusak/kembung karena tidak sesuai dengan spesifikasinya. Jadi gunakan selalu charger handphone bawaannya yang original.

Sumber listrik untuk mencharge handphone android juga harus diperhatikan. Sumber listrik untuk mencharge biasanya dari terminal listrik dengan sumber dari listrik PLN. Selain itu ada juga beberapa alat yang dijadikan sebagai sumber listrik untuk mencharge seperti komputer/laptop melalui soket USB. Seringkali pengguna android sambil menyalakan laptop/komputer juga mencharge handphone android menggunakan soket USB pada laptop/komputer. Padahal belum tentu output ampere sesuai dengan yang dibutuhkan handphone android tersebut.

Beberapa hal tersebut di atas bisa menjadi penyebab mengapa baterai android tidak bertambah saat dicas. Lalu bagaimana solusi untuk memperbaikinya ? Berikut beberapa solusi mengatasi baterai yang tidak bertambah saat dicas.

1. Cek port USB handphone android

cara mengatasi Baterai android tidak dapat dicas

Untuk dapat mengisi baterai android dihubungkan oleh soket/port USB baik untuk pengisian baterai maupun untuk mengakses media penyimpanan handphone. Cara mudah memeriksanya yaitu dengan menggunakan charger lain yang spesifikasinya sama, dilihat dari input, output ampere dan lainnya.

2. Pakailah charger original bawaan handphonenya

cara mengatasi Baterai android tidak dapat dicas
Saat dulu membeli handphone android baru, dalam kemasan handphone biasa disertakan juga charger originalnya. Biasakan untuk selalu menggunakan charger original untuk mencas handphonenya. Sering menggunakan charger yang bukan bawaanya akan berpotensi membuat baterai rusak karena spesifikasi dari charger yang berbeda dengan originalnya.


3. Amati kondisi dan bentuk baterai handphone

cara mengatasi Baterai android tidak dapat dicas
img by google
Untuk melihat kondisi baterai apakah masih dalam kondisi baik atau tidak, bisa dilihat dari bentuknya. Biasanya kalau baterai mengalami kerusakan fisik baterai akan menggembung. Apabila sudah menggembung, segeralah ganti daripada merembet ke komponen yang lain.


4. Mereset sistem android

cara mengatasi Baterai android tidak dapat dicas
img by google

Mengembalikan sistem android handphone ke waktu awal atau biasa disebut factory reset, bisa digunakan untuk memperbaiki indikator baterai yang terlihat full 100% namun saat digunakan hanya bertahan sebentar saja. Hal ini biasanya akibat pengguna android menggunakan custom ROM yang mungkin tidak cocok seperti bawaan dari pabriknya. Mereset sistem android merupakan salah satu solusi memperbaikinya.

5. Mencharge dari sumber listrik yang tepat

cara mengatasi Baterai android tidak dapat dicas
image by google

Gunakan selalu sumber listrik yang berasal dari instalasi listrik PLN. Mencharge handphone dari komputer, laptop atau powerbank baiknya digunakan saat darurat saja. Pada type handphone tertentu apabila mencharge dari sumber listrik yang tidak tepat, akan muncul notifikasi untuk segera mengganti sumber listrik untuk mencharge.

6. Mencharge handphone dalam kondisi tidak menyala

cara mengatasi Baterai android tidak dapat dicas

Salah satu perawatan handphone yaitu menchargenya dengan cara yang betul. Sebaiknya charge handphone anda saat handphone dimatikan. Meskipun teknologi baterai baik handphone maupun laptop saat ini, memungkinkan untuk mencharge baterai sambil digunakan. Namun demi keawetan barang sebaiknya charge handphone disaat kondisi tidak menyala/dimatikan.

Itulah beberapa penyebab baterai android tidak bisa mencharge serta solusi mengatasi baterai android yang tidak mengisi saat dicas. Mengubah kebiasaan yang tidak tepat dalam menggunakan handphone akan dapat menambah umur handphone android terutama baterai handphone android. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments