Cara mudah menggunakan WA Whatsapp buat pemula

Cara mudah menggunakan WA Whatsapp buat pemula

Cara mudah menggunakan WA Whatsapp buat pemula

Cara Menggunakan Whatsapp dapat dipelajari dengan mudah sekalipun oleh orang yang baru menggunakannya. Alasan banyaknya orang menggunakan whatsapp salah satunya karena fitur dan fasilitasnya yang lengkap, bisa mengakomodasi kebutuhan penggunanya. Apabila Whatsapp belum diinstal di handphone, dapat diinstal dengan terlebih dulu mendownload aplikasinya di Play Store atau bisa mengklik link ini https://play.google.com/store?hl=en 

baca juga : Cara Mudah Menggunakan WA di Komputer/Laptop

Setelah diinstal di handphone barulah bisa menggunakan fitur-fitur yang ada di Whatsapp. Fitur-fitur whatsapp yang sering digunakan yaitu

1. Fitur chating


fitur untuk berkomunikasi berbasis teks namun dilengkapi dengan emoticon, sticker, fasilitas kirim foto, suara, dokumen, video dan lainnya.

2. Fitur Telepon Suara


Pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna WA lainnya melalui suara/voice. Kelebihan dari fitur ini yaitu biaya yang jauh lebih murah dibanding dengan menelepon biasa.

3. Fitur video call


Fitur video call sekarang lebih baik kualitasnya dengan dukungan berbagai provider seluler yang sudah memiliki dukungan sinyal 4G sehingga kualitas video call lebih baik.

4. Fitur Grup chat


Adanya fitur grup ini pengguna whatsapp dapat membuat grup chat dan mengundang orang lain untuk bergabung di grupnya, atau dapat juga bergabung dengan grup lainnya dengan terlebih dahulu diinvite oleh anggota grup tersebut. Grup chat memudahkan dalam menshare suatu informasi sehingga tidak usah menghubungi satu per satu.

baca juga : Cara chating WA dengan nomor kontak baru Tanpa Add kontak dulu

Secara umum fitur di atas yang sering digunakan pengguna whatsapp, selain banyak fitur lainnya yang sudah disediakan oleh whatsapp.

Penggunaan whatsapp bagi pemula atau yang baru pertama kali menggunakannya mungkin akan terasa membingungkan karena tampilan yang berbeda dengan tampilan yang biasa digunakan. Hal ini biasanya dialami oleh orang tua yang baru beralih dari penggunaan SMS ke whatsapp.

Posting kali ini akan menginformasikan cara menggunakan whatsapp untuk pemula, dengan penggunaan fitur wa yang standar atau biasa digunakan untuk berkomunikasi saja. Yuk kita mulai saja.

1. Cara Menambah Kontak atau nomor telepon di WA


Menambah kontak di WA bisa dilakukan di aplikasi WA nya atau dapat juga di menu Kontak di androidnya.
Menambah kontak di aplikasi WA sangat mudah, pada menu aplikasi, sentuh tanda bulat hijau di bagian kanan bawah layar, lalu ada pilihan Grup Baru, Kontak Baru. Sentuh Kontak Baru dan muncul isian seperti ini :



# Nama : isi dengan nama kontak
# Organisasi : boleh diisi, boleh tidak  
# Seluler : Nomor Telepon
# Tambah nomor telepon : Nomor telepon lainnya (kalau ada)
# Rumah : diisi dengan email (kalau ada)
# Tambah email : kalau ada
# Bergabung dengan grup : ada 3 pilihan default yaitu keluarga, teman dan kantor, silahkan dipilih
# Nada dering telepon : pilih nada dering


Simpan dengan mengklik tanda centang di kanan atas layar. Anda sudah berhasil menambah kontak di WA.

Untuk menambah kontak dari menu android sama saja, nanti kalau sudah dibuat, akan muncul juga nomor wa nya, kalau WA nya diaktifkan.


 

2. Cara chat di WA dan update Status


Untuk cara chat di WA mudah sekali, setelah kontak dibuat dengan cara di atas, masuk ke Cari kontak (gambar kaca pembesar), lihat atau ketikan nama kontaknya. Lalu klik namanya dan sudah masuk di menu chat, langsung saja mengetik di tempatnya.
selain teks di menu chat dapat juga mengirim foto, suara, video, dokumen dan lainnya.

baca juga : Tips praktis merawat flashdisk

Selain fitur chat, ada juga fitu update status WA. Fungsinya untuk menginformasikan kepada kontak yang telah terdaftar mengenai status kita, misal sedang di rumah, sedang di kantor, lagi sibuk, dan lainnya. Bisa juga buat promosi barang jualan kepada kontak kita, karena update status dapat berupa teks, foto, dan video singkat. Efektif buat promosi barang jualan.

3. Fitur telepon suara WA


Apabila kontak sudah dimasukan, kita dapat menelpon melalui WA. Telepon dapat tersambung apabila penerima telepon WA, tersambung ke akses internet baik itu melalui WIFI atau pun paket internet dari kartu HP nya.  

4. Fitur video call WA


Fitur video call lebih lengkap karena selain suara kita dapat juga melihat video dari penerima secara real time. Syaratnya penelpon dan penerima sama-sama memiliki akses internet baik itu dari WIFI atau paket internet dari provider kartu hp nya. 

5. Fitur grup chat


Fitur group chat yaitu mengobrol atau berkomunikasi secara bersama-sama dengan basis teks, tapi bisa share berupa foto/gambar, video, dan suara. Namun saat ini WA telah merilis fitur baru yaitu video chat dengan 3 anggota grup lainnya, fitur ini bisa didapatkan di update WA terbaru.

Itulah beberapa fitur dasar yang dapat digunakan di WA. Cara menggunakan WA bagi pemula dapat dicoba dengan mempraktekan dan mencoba fitur dasar dari WA tersebut. Apabila mengalami kesulitan silahkan mengisi komentar di bawah, Selamat mencoba. keep learning and sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments