8 Cara menggunakan laptop baru untuk pemula (newbie)

8 Cara menggunakan laptop baru untuk pemula (newbie)

8 Cara menggunakan laptop baru untuk pemula (newbie)

Membeli laptop baru dan menggunakan laptop baru seringkali menjadi dambaan setiap orang, terutama bagi yang memang membutuhkan perangkat laptop. Membeli laptop baru dan laptop seken (bekas) memang terasa bedanya, sama halnya seperti kita membeli barang yang lain. Membeli dan menggunakan laptop baru membuat pemiliknya akan lebih hati-hati dan lebih sayang dalam merawatnya.

baca juga : Tips praktis membeli laptop baru

Bagi yang baru pertamakali memiliki laptop baru, pastinya perasaannya akan campur aduk, antara senang dan bingung, senang karena akan memiliki laptop baru dan bingung dalam menentukan laptop mana yang akan dibeli dan bagaimana cara menggunakan laptop yang benar, agar dapat bertahan dalam jangka waktu lama.

baca juga :  Panduan membeli laptop bekas

Dalam membeli laptop baru, perhatikan kemampuan dana, tujuan membeli laptop dan pilih merk yang sudah dikenal baik. Untuk mempermudah, kumpulkan brosur harga laptop dari toko komputer/laptop yang memiliki reputasi baik, baik produknya maupun pelayanannya.

Bagi yang baru pertama kali membeli laptop baru, sebaiknya ajak teman atau saudara yang sudah familiar dengan dunia laptop agar informasi dari penjual dapat dipahami. Berikut tips cara yang dilakukan apabila memiliki laptop baru :

1. Memeriksa kelengkapan laptop


Laptop baru kemasan masih asli dari pabrik juga isinya atau kelengkapannya. Periksa kelengkapan laptop seperti charger, baterai, CD Driver, buku garansi, buku panduan, segel dan lainnya. Apabila ada yang kurang, langsung tanyakan kepada penjual.

2. Cermati kondisi fisik laptop


Meskipun laptop baru, cek secara teliti apakah ada cacat atau kondisi fisik yang tidak lazim. Cek bagian layar (ada goresan, atau dot piksel), body laptop, tombol keyboard, atau lainnya. Bicarakan baik-baik dengan penjual apabila muncul cacat pada laptop

3. Membaca buku panduan dan buku garansi


Sebelum menyalakan laptop, baca dulu buku panduan (guide book). Buku ini berisi langkah-langkah dalam mengoperasikan laptop baru secara lengkap dan menghindari hal-hal yang dapat merusak laptop. Biasanya ditampilkan dengan ilustrasi gambar sehingga mudah dipahami. Buku garansi juga dibaca agar pembeli dapat memahami hak-haknya dan disimpan jangan sampai hilang.     

4. Menginstal Sistem operasi di laptop


Pada laptop baru ada yang sudah builtin/terpasang sistem operasi ada juga yang kosongan. Untuk yang builtin sistem operasi, maka tinggal menggunakan saja, dan menginstal software-software yang dibutuhkan seperti software word, excel, antivirus dan lain-lain.

Harga yang sudah ada sistem operasi seperti windows biasanya lebih mahal, kecuali yang menggunakan sistem operasi Linux. Untuk laptop  yang kosong, maka instal dulu sistem operasinya. Sistem operasi gratis bisa menggunakan Linux. Untuk sistem operasi windows harus membeli lisensinya. Karena keterbatasan dana ada juga pengguna laptop yang menginstal dengan windows bajakan, namun resiko ditanggung yang bersangkutan.  
Instal sistem operasi windows buat pemula bisa lihat dulu video tutorialnya di youtube, namun apabila masih bingung, bisa juga instal di toko laptop yang menerima instal windows bajakan.

5. Instal Driver laptop


Untuk laptop kosongan, setelah diinstal sistem operasi, instalkan juga drivernya. Driver berfungsi untuk menyalakan perangkat keras seperti sound, wireless lan, card reader, bluetooth, display dan lainnya. Biasanya disertakan dalam dus laptop baru cd drivernya.

Pembeli tinggal mengklik menu di CD driver dan pilih perangkat apa saja yang akan iinstal

5. Update sistem operasi(windows)


Perbaharui atau update fitur dalam sistem operasi agar kinerja laptop lebih baik. Untuk keperlUan update diperlukan koneksi internet untuk mendownload dari server sistem operasinya

6. Mengatur tampilan layar


Cara mengatur tampilan layar yaitu berupa pengaturan ukuran layar (resolusi layar), brightness (kecerahan  layar), dan wallpaper layar bisa diatur di Control Panel atau di Personalisation.

7. Memasang pelindung laptop


Memasang pelindung di laptop seperti halnya di handphone. Pelindung laptop yaitu Screen guard, body guard dan pelindung keyboard. Untuk body guard laptop jarang digunakan karena khawatir mempengaruhi suhu laptop.

8. Menjalankan maintenance rutin


Maintenance rutin laptop meliputi maintenance sistem operasi, maintenance hardisk, serta penggunaan laptop yang betul. Maintenance sistem operasi (windows) yaitu secara rutin memeriksa registry serta menghapus software yang tidak terpakai. Dapat mengggunakan software CCleaner agar lebih praktis.

Maintenance hardisk yaitu dengan menscan dan mendefrag. Scan hardisk akan mendeteksi apakah ada sector hardisk yang error atau bad sector, defrag hardisk akan menata ulang / merapihkan file-file software yang digunakan, sehingga akan mempercepat kerja hardisk.

baca juga : Cara percepat kecepatan laptop

Penggunaan laptop yang betul seperti tidak menggunakan laptop di atas kasur, karena akan menghambat panas untuk keluar, sehingga laptop sering mengalami over heat. Gunakan laptop di tempat yang rata seperti meja.

Demikian 8 cara menggunakan laptop baru bagi pemula (newbie), dan perlu diingat karena laptop masih kondisi baru pastinya ada garansi dari penjualnya, jadi apabila terjadi masalah/trouble sebaiknya langsung periksakan kepada penjualnya, sehingga garansi masih berlaku. Apabila diperiksakan kepada bukan penjualnya khawatir akan merusak segel yang berujung pada garansi laptop tidak berlaku/batal. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.           
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments