6 Tips Praktis Membeli Laptop Baru Supaya Tidak Salah Beli

6 Tips Praktis Membeli Laptop Baru Supaya Tidak Salah Beli

6 Tips Praktis Membeli Laptop Baru Supaya Tidak Salah Beli

6 Tips Praktis Membeli Laptop Baru Supaya Tidak Salah Beli
Tips membeli laptop baru diperlukan saat kita akan membeli laptop baru. Sebagian orang seringkali kebingungan dalam menentukan pilihan apakah membeli laptop baru atau laptop bekas. Membeli laptop baru merupakan pilihan terbaik bagi orang yang memiliki dana yang cukup untuk membeli laptop baru, dan membeli laptop bekas juga pilihan terbaik bagi orang yang ingin membeli laptop dengan spesifikasi tertentu namun tidak cukup dananya untuk membeli yang baru, sehingga alternatif pilihan yaitu dengan membeli yang bekas karena harganya lebih terjangkau. Selain kebingungan untuk menentukan apakah membeli laptop baru atau bekas, calon pembeli seringkali juga kebingungan dalam menentukan laptop seperti apa yang akan dibeli dan merk laptop mana yang akan dibeli, karena memang saat ini banyak sekali merk-merk laptop yang beredar di pasar laptop. Tips-tips praktis di bawah ini berlaku juga untuk pembelian netbook, notebook dan laptop. Tips praktis membeli laptop baru di bawah ini semoga dapat membantu anda yang mengalami kebingungan dalam membeli laptop baru. Silahkan disimak.

Baca juga : 14 Tips Aman Membeli Laptop Bekas Supaya Tidak Tertipu

Tips Membeli Laptop #1
Menentukan penggunaan atau tujuan membeli laptop baru. Secara umum penggunaan laptop terbagi ke dalam 3 penggunaan yaitu laptop kantoran, laptop desain dan laptop gaming.

a. Laptop kantoran    
Laptop kantoran biasanya digunakan untuk kegiatan pengetikan dokumen, pembuatan presentasi sederhana, browsing internet, email, sosial media, menonton video, memutar musik, pengolahan data sederhana dan games ringan. Kalangan pengguna laptop kantoran biasanya pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran, blogger, jurnalis dan lainnya. Melihat aktivitas yang biasa dikerjakan pengguna laptop kantoran, maka spesifikasi laptop yang dipilih yaitu spesifikasi yang ringan saja. Procesor bisa menggunakan Core i3 yang generasi awal, RAM cukup 2 GB, Hardisk 500 GB, perlengkapan konektivitas standar seperti biasanya, yaitu USB, Card Reader, Bluetooth, dan DVD Drive. Untuk layar menggunakan yang umum saja biasanya yang 14-15 inch sudah cukup.

b. Laptop Desain Grafis
Laptop untuk desain grafis memang berbeda dengan laptop kantoran, dari sisi spesifikasi, dibutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi. Hal ini berkaitan dengan aktivitas dalam memproses gambar 3 dimensi, video, rendering dan lain-lain. Salah satu laptop ang sering digunakan untuk Desain Grafis yaitu Macbook, laptop keluaran dari Apple, yang memang dari sistem operasi, aplikasi dan hardware sangat mendukung untuk pengolahan desain grafis. Memang dari sisi harga, lumayan masih tinggi namun sebanding dengan kualitas dan kinerjanya. Apabila ingin memilih laptop dengan sistem operasi Windows, perhatikan spesifikasi minimal yang harus dipenuhi agar tidak menghambat aktivitas kita. Spesifikasi minimal laptop desain grafis dilihat dari procesor, VGA, RAM, Layar, dan Hardisk.

Procesor :
Merk procesor yang umum digunakan yaitu Intel dan AMD. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang harus kita perhatikan untuk spesifikasi procesor yaitu :
* Cek Clock speed procesor, idealnya di atas 3.0 GHz
* Berapa jumlah core (inti) procesor
* Perhatikan apakah ada fitur Hyper Treading dan Virtualization
* Jumlah kapasitas cache (L1,L2,L3)
* Cek Generasi procesor, minimalnya generasi Broadwell, akan lebih baik apabila menggunakan generasi terbaru seperti Skylake.

VGA
Untuk urusan display dan juga proses grafis diperlukan juga VGA atau Graphic Procesing Unit (GPU) yaitu perangkat yang menangani tampilan visual dan pemrosesan image/video. Minimalnya kapasitas 1 GB untuk GPU supaya pemrosesan image/video lebih cepat. Saat ini biasanya GPU ini sudah terintegrasi dengan procesor baik Intel maupun AMD.

RAM
Komponen memory atau RAM setidaknya memiliki kapasitas 4 GB, karena melihat aktivitas desain grafis seperti rendering video, editing foto yang kapasitas per filenya lumayan besar, dan editing video.

Layar
Layar yang berukuran besar akan lebih leluasa untuk desain grafis, ukuran 15,6 inch sangat umum digunakan saat ini, meskipun banyak juga para desainer yang menggunakan ukuran layar di atas itu misal ukuran layar 17-18 inch.

Hardisk
Ruang penyimpanan file yang besar harus disediakan untuk menyimpan file-file desain grafis yang sangat besar baik itu file image maupun file video. Kemampuan kamera saat ini memang sudah sangat maju, ada yang mencapai 18.1 MP sehingga file gambar yang dihasilkannya juga memiliki ukuran yang besar. Kapasitas hardisk 1 TB merupakan pilihan yang tepat.

c. Laptop Gaming
Laptop gaming merupakan laptop dengan spesifikasi tinggi yang memiliki kemampuan untuk menjalankan games terbaru dengan baik. Laptop gaming bisa juga digunakan untuk aktivitas desain grafis karena memiliki spesifikasi lebih tinggi dari laptop kantoran. Untuk spesifikasi laptop gaming hampir sama seperti laptop desain grafis, namun untuk dapat memainkan semua games dengan memuaskan carilah laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari sepesifikasi laptop Desain Grafis. Hal ini untuk mengantisipasi rilisnya games terbaru yang biasanya membutuhkan spesifikasi yang tinggi.

Baca juga : Tips Terkini Membeli Smartphone Android Baru Sesuai Kebutuhan

Tips Membeli Laptop #2
Setelah menentukan tujuan membeli laptop baru kemudian survey harga dari berbagai merk yang ada. Beda merk biasanya beda harga, jadi pilihlah merk yang menurut anda memiliki layanan purna jual yang bagus, track record produk yang baik, klaim garansi yang mudah apabila terjadi kerusakan dan harga jual kembali yang bagus apabila laptop tersebut dijual. Persiapkan budget sesuai dengan survey harga, jangan sampai kita memilih spesifikasi dan merk laptop di atas kemampuan budget. Kalaupun budget anda masih kurang lebih baik ditabung dulu sampai mencukupi.

Tips Membeli Laptop #3
Memilih Penjual laptop. Membeli laptop saat ini bisa dilakukan dengan cara offline maupun online. Dengan cara offline yaitu kita mendatangi dealer atau toko yang menjual laptop tersebut dan melihat secara langsung laptop yang akan kita beli. Membeli secara online yaitu pembelian melalui toko online dimana kita tidak bisa melihat barang secara langsung, hanya melalui gambar produk saja, dan membutuhkan waktu dalam pengiriman barang ke alamat kita. Biasanya latar belakang orang melakukan pembelian online dikarenakan lebih praktis dan harganya biasanya lebih murah dibanding penjual toko offline. Meskipun begitu harap diperhatikan faktor keamanannya. Untuk pembelian online lakukan transaksi di marketplace dimana pembayaran dari pembeli tidak langsung masuk ke rekening penjual, hal ini untuk menghindari tindakan penipuan. Jadi pembayaran pembeli akan ditampung dahulu di rekening marketplace, setelah barang diterima dan pembeli menyatakan transaksi selesai maka dana baru dimasukan ke akun penjual. Contoh marketplace yang ada di Indonesia yaitu tokopedia, bukalapak, shopee dan lainnya. Selain itu apabila membeli online ada resiko pengiriman, misal barang rusak saat pengiriman oleh kurir, barang hilang oleh kurir dan lainnya. Pastikan saat membeli laptop anda menyertakan asuransi pengiriman sehingga barang anda dijamin oleh asuransi.
Untuk pembelian secara offline atau langsung datang ke tokonya, pastikan bahwa toko laptop yang anda kunjungi memiliki reputasi baik dalam keaslian produk, layanan purna jual, customer service yang baik, dan tidak sulit apabila hendak mengklaim garansi.
Untuk pembelian laptop ini, lebih baik dilakukan secara offline karena barang yang dibeli nilainya lumayan besar sehingga kita perlu memeriksa secara langsung barang tersebut dan juga kita bisa berkonsultasi langsung dengan penjualnya sehingga wawasan kita akan bertambah.    

Tips Membeli Laptop #4
Memilih sistem operasi. Dalam pemilihan laptop ini selain spesifikasi hardware laptop perhatikan juga sistem operasi yang terpasang pada laptop tersebut. Seperti yang kita ketahui sistem operasi yang umum digunakan yaitu Microsoft Windows, ada yang Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Penjualan laptop ada yang menjual laptop beserta dengan sistem operasinya, sudah built in, jadi harga yang kita bayar sudah termasuk Windowsnya juga, dan legal. Namun ada juga penjualan laptop yang tidak terdapat sistem operasi di dalamnya, hanya DOS saja. Untuk menentukan sistem operasi yang akan dipasang diserahkan pada pembeli, harganya biasanya lebih murah. Ada juga penjualan laptop dengan sistem operasi yang open source seperti Linux dan lainnya. Apabila ingin praktis bagusnya kita memilih opsi yang pertama, karena laptop dalam kondisi siap pakai.

Tips Membeli Laptop #5
Memeriksa dan mencoba langsung laptopnya. Apabila sudah bulat dan sudah menentukan laptop yang akan dibeli, saatnya untuk mencoba laptop tersebut. Sebenarnya untuk laptop baru tidak terlalu dibutuhkan pemeriksaan yang detail seperti saat kita membeli laptop seken, karena dipastikan itu baru dan belum pernah dipakai. Namun ketelitian tetaplah perlu, untuk memastikan laptop dalam keadaan fullset berikut kelengkapan lainnya. Periksa dan coba secara langsung bagian-bagian yang terlihat seperti tombol keyboard, mousepad, perangkat konektor seperti USB, Bluetooth, Card Reader, LAN, Wifi, DVD Drive, dan lainnya. Cek juga spesifikasi lengkap dari laptop dengan mengetikan "dxdiag" (tanpa tanda kutip) pada menu search di Windowsnya. Pastikan sama dengan spesifikasi yang ada di kemasan laptop tersebut. 

Tips Membeli Laptop #6
Kelengkapan laptop. Periksalah kelengkapan laptop yang diterima oleh pembeli. Pembelian laptop baru pastinya masih fullset artinya laptop beserta kelengkapannya masih lengkap. Umumnya yang kita dapatkan saat membeli laptop yaitu unit laptop, charger, dokumen-dokumen berupa cara penggunaan (guide book), kartu garansi, tas laptop (optional) dan lainnya. Pastikan semuanya dalam keadaan tersegel dan baru. 

Demikian 6 tips praktis membeli laptop baru supaya tidak salah beli, semoga dengan 6 tips praktis ini anda akan mendapatkan laptop yang sesuai dengan kebutuhan anda dan dapat digunakan secara optimal untuk menunjang aktivitas anda. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.          
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments