Tips Terkini Membeli Smartphone Android Baru Sesuai Kebutuhan

Tips Terkini Membeli Smartphone Android Baru Sesuai Kebutuhan

Tips Terkini Membeli Smartphone Android Baru Sesuai Kebutuhan

Smartphone atau gadget pintar sudah tidak menjadi barang yang ekslusif dan mewah. Penggunaan smartphone hampir merata di segala lapisan masyarakat. Perlu digarisbawahi bahwa ada perbedaan antara smartphone dengan handphone biasa. Smartphone memiliki fungsi lengkap, tidak hanya sekedar alat komunikasi saja namun bisa mengerjakan hampir semua kebutuhan penggunanya. Pada handphone bukan smartphone hanya bisa digunakan untuk fungsi utamanya sebagai alat komunikasi saja yaitu menelepon dan mengirim pesan singkat saja. Beberapa fungsi yang bisa dijalankan pada smartphone diantaranya menelepon, mengirim pesan singkat, membuka website, chating di media sosial (twitter,facebook, instagram dll), bermain game (sendiri ataupun bersama-sama), memotret dengan kualitas tinggi, membuat video dengan resolusi tinggi, dapat menginstal aplikasi secara mudah, dan lain-lain. Intinya pada smartphone kita bisa mendapatkan apa yang kita butuhkan dalam berkomunikasi.

Membeli smartphone baru dapat dengan mudah kita dapatkan saat  ini. Banyak sekali merk dan type dari smartphone yang dirilis oleh vendor dan pabrikan smartphone. Variasi spesifikasi dan harga membuat calon pembeli smartphone memiliki pilihan yang banyak sesuai dengan kemampuan keuangannya dan keinginannya. Namun pada sisi lainnya, banyaknya smartphone yang masuk ke market smartphone seringkali membuat calon pembeli kebingungan. Dengan hanya berbeda beberapa puluh ribu rupiah saja, spesifikasi smartphone yang bisa didapatkan bisa beragam. Apalagi apabila kita menginginkan smartphone pada segmen entry-level, dimana pada segmen ini harga berkisar antara 500 ribu rupiah sampai satu juta rupiah. Pada segmen ini memang jumlah peminat cenderung banyak dan dominan karena memang kemampuan keuangan calon pembeli lebih banyak pada segmen ini. Oleh karena itu banyak vendor smartphone yang bermain pada segmen ini, mulai dari vendor besar yang sudah eksis lama maupun vendor baru. Untuk membeli smartphone android yang berkualitas namun sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan, calon pembeli sebaiknya menginventarisir dahulu dan mensurvey dahulu spesifikasi dari smartphone yang akan dibeli secara lengkap, dan juga membuat list harganya.

Memilih smartphone sistem android yang tepat sesuai dengan kebutuhan, pernah juga saya alami dalam membeli smartphone baru. Dengan dana yang terbatas namun menginginkan kualitas yang terbaik, itulah salah satu keinginan yang umumnya diinginkan oleh pembeli. Meskipun sebenarnya apabila kita perhatikan harga tidak akan berbohong, semakin mahal harganya maka semakin tinggi kualitasnya, biasanya begitu. Sebelum melakukan pembelian sebaiknya lakukan tips membeli smartphone baru yang sudah saya praktekan juga saat membeli smartphone.

1. Menseleksi smartphone sesuai kebutuhan dan sesuai budget keuangan 

Menseleksi atau memilih smartphone sesuai dengan kebutuhan kita, apakah smartphone nantinya dipakai untuk jualan online, main games online, main youtube, atau untuk kebutuhan dasar saja (menelepon, chating, sosmed). Kebutuhan ini akan mempengaruhi dalam pemilihan spesifikasi dari smartphone yang akan dibeli. Apabila akan digunakan untuk main games online carilah spesifikasi yang pas untuk games tersebut. Misal untuk game mobile legends disarankan smartphone dengan spesifikasi RAM 3GB, Memori Internal 16 GB, Procesor/CPU Quad Core (Empat Core), support jaringan 4G dan layar 5". ini spesifikasi yang disarankan agar dapat memainkan games mobile legends dengan memuaskan. Apakah spesifikasi di bawahnya dapat dipakai ? bisa saja namun pasti ada beberapa kekurangannya yang pada akhirnya akan mengganggu kita dalam bermain games tersebut. Seperti itulah contoh memilih smartphone yang akan dibeli. Untuk merk biasanya berpulang kembali kepada preferensi pembeli, senangnya pada merk apa, pemilihan merk dipengaruhi juga oleh gencarnya iklan atau promosi dari vendor smartphone. Namun memang sering dijumpai juga spesifikasi yang sama, dengan merk berbeda namun harga berbeda lumayan signifikan. Untuk hal seperti ini coba cari  testimoni para pembeli dengan merk tersebut di beranda Google, sehingga ada sedikit gambaran mengenai kualitas dari merk tersebut, meskipun testimoni juga bukan merupakan hal yang mutlak untuk diikuti. Begitupun untuk kebutuhan lainnya, cari informasi dulu spesifikasi smartphone yang dibutuhkan kemudian sesuaikan dengan kemampuan keuangan. Dalam mencari informasi smartphone yang anda butuhkan, fokuskan pada 3 hal di bawah ini, sehingga anda tidak salah dalam melakukan pembelian smartphone baru.

a. Spesifikasi Procesor, GPU, kapasitas RAM dan Baterai 

Seperti halnya perangkat komputer atau laptop, komponen paling utama yang merupakan tenaga atau otak dari smartphone yaitu procesor atau CPU. Selain procesor terdapat juga GPU atau Graphic Procesing Unit yaitu tambahan perangkat untuk pengolahan sistem grafis pada smartphone. Beberapa vendor procesor diantaranya Qualcomm Snapdragon, Mediatek, Intel, OMAP, Nvidia Tegra, dan Exynos. Dilihat dari yang paling banyak digunakan pada smartphone saat ini yaitu merk Qualcomm Snapdragon.  Pada perangkat GPU beberapa merk ini biasa dipakai pada smartphone diantaranya Adreno, Tegra, PowerVR, Mali, dan Videocore BroadCome. GPU yang umum beredar di pasaran saat ini yaitu Adreno. Untuk smartphone, RAM yang besar berpengaruh pada kecepatan dalam menjalankan aplikasi smartphone. Kapasitas Baterai mempengaruhi dalam lamanya penggunaan smartphone. Semakin besar kapasitas RAM dan Baterai maka semakin bagus.

b. Sistem Operasi yang digunakan

Smartphone saat ini umumnya menggunakan sistem operasi Android dan iOs untuk perangkat Apple. Sistem android memiliki banyak versi sesuai rilisnya. Pemilihan sistem operasi mempertimbangkan aplikasi yang bisa dijalankan, karena ada aplikasi tertentu yang bisa dijalankan pada sistem operasi android versi tertentu. Contoh sistem android dari generasi awal sampai terbaru : Android cupcake, Android Donut, Android Eclair, Android Froyo, Android Gingerbread, Android Honeycomb, Android Ice Cream Sandwich, Android Jelly Bean, Android Kitkat, Android Lollipop, Android Marshmallow, Android Nougat, dan Android Oreo.

c. Fitur pada Smartphone      

Fitur pada smartphone misalnya kamera, audio, video, GPS, fasilitas email, fasilitas keamanan smartphone misal sensor fingerprint dan lain-lain. Sesuaikan fitur smartphone dengan kebutuhan kita

2. Menentukan budget atau harga maksimal yang diinginkan.

Menentukan budget membeli smartphone ini penting, agar kita tidak terjebak pada over-budget yang melebihi kemampuan keuangan kita sehingga akan mengambil budget untuk keperluan lainnya. Banyaknya smartphone baru yang beredar dan belum lagi "rayuan" dari counter sales seringkali membuat calon pembeli gagal fokus dan akhirnya membeli smartphone di luar rencana yang sudah ditetapkan.

3. Menentukan dimana membeli smartphone tersebut

Setelah ditentukan spesifikasi dan merk smartphone serta budget untuk membelinya, langkah selanjutnya yaitu kemanakah kita akan membelinya. Sebelum booming jualan online dan hadirnya marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee, apabila kita mau membeli smartphone android tentunya kita beli ke counter handphone atau toko seluler di dekat kita kan? Namun setelah hadirnya marketplace, pilihan pembeli dalam membeli smartphone menjadi bertambah. Perbedaan paling mencolok yaitu dari sisi harga. Dengan spesifikasi, merk, garansi yang sama namun mendapatkan harga yang lebih murah, membuat calon membeli seringkali memilih marketplace sebagai tempat untuk membeli smartphone favoritnya. Ditambah lagi dengan adanya promosi Flash Sale dari vendor yang menjual langsung ke pembeli melalui marketplace, sehingga memotong biaya distribusi dan lainnya sehingga harga ke konsumen akan jauh lebih murah. Praktek seperti ini sering dilakukan oleh vendor Xiaomi dengan menggandeng Lazada untuk mengadakan Flash Sale dan hasilnya memang menakjubkan, dalam tempo singkat smartphone Xiaomi ludes terjual. Apabila di luar masa Flash Sale, banyak juga toko yang terdaftar di marketplace yang menjual dengan harga lebih murah dibanding toko seluler di sekitar kita. Biasanya stok lama yang belum terjual seringkali dijual secara Clearance Sale atau Cuci Gudang yang penting bisa laku. Namun memang karena barang lama biasanya spesifikasinya agak di belakang, misal dari sistem androidnya yang masih versi di bawah. Namun untuk produk yang baru juga seringkali didapatkan perbedaan harga yang lumayan, berkisar puluhan ribu rupiah. Hal ini bisa terjadi karena adanya pengurangan biaya distribusi. 
Meskipun dari sisi harga relatif lebih murah namun dari sisi pembeli terdapat beberapa resiko apabila membeli dari marketplace seperti resiko kerusakan pada saat pengiriman dari kurir, meskipun hal ini bisa diminimalisir dengan menambahkan asuransi, resiko kesalahan pengiriman oleh penjual di marketplace yang akan memaksa pembeli untuk meretur barang dan tentu saja akan menambah biaya pengiriman. Untuk lamanya pengiriman dari kurir saat ini bisa diatasi dengan adanya ojek online sehingga barang yang dipesan dapat sampai pada hari yang sama. Jadi pertimbangkan secara tepat kemana kita akan membeli smartphone yang kita butuhkan, apabila perbedaan harga relatif sedikit/tipis lebih baik membeli smartphone di counter hanphone terdekat.

Demikian tips membeli smartphone baru android sesuai kebutuhan, semoga informasi ini dapat membantu anda dalam membeli smartphone baru. Keep learning and sharing.             
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments