Tips mencari supplier secara online serta alamat dan kontaknya

Tips mencari supplier secara online serta alamat dan kontaknya

Tips mencari supplier secara online serta alamat dan kontaknya

cara mencari supplier secara online
Berjualan secara online saat ini sangat mudah dilakukan karena semakin majunya teknologi, banyaknya gadget, laptop, komputer dengan harga terjangkau, serta tersedianya akses internet yang cepat, murah dengan coverage area sampai ke pedesaan. Faktor-faktor tersebut semakin mendorong orang untuk memanfaatkannya baik untuk keperluan pribadi maupun untuk kepentingan bisnis atau usaha.

Pada lingkup perorangan, jual beli secara online sudah tidak asing lagi dan mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Begitu mudahnya saat ini, orang membeli sesuatu barang kepada penjual yang dikenalnya melalui sosial media, seperti facebook, instagram dan lainnya. Didukung lagi oleh meluasnya layanan kurir khususnya ojek online sampai ke tingkat kecamatan/desa sehingga membeli barang tidak harus keluar rumah.


Bagi anda yang ingin memanfaatkan fenomena tersebut dengan cara berjualan online baik di social media, maupun melalui marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee dan lainnya, ada beberapa hal yang harus dipikirkan dan dianalisa sebelum terjun jualan online.

Apabila anda seorang produsen produk tentu tidak akan sulit untuk mencari barang apa yang akan dijual, karena anda memiliki produk sendiri, anda tinggal memasarkannya saja dengan cara promosi lebih gencar, lebih aktif posting produk di social media, dan buka toko online di marketplace.

Namun bagi anda yang tidak memproduksi sendiri barang untuk dijual, namun ingin berjualan online, yang bisa dilakukan yaitu dengan memasarkan produk buatan orang lain. Profit didapatkan dari selisih positif antara harga pembelian dan harga penjualan. Bisa dikatakan mungkin sebagai perantara, makelar atau calo produk.

Langkah pertama dalam berjualan online yaitu memilih produk yang akan dijual. Analisa secara lengkap permintaan terhadap produk tersebut, caranya bisa dengan melihat statistik penjualan di marketplace tokopedia, shopee dan lainnya.

Langkah kedua yaitu menentukan target calon pembeli, apakah akan dipasarkan secara offline, online atau gabungan keduanya. Berjualan secara offline bisa dengan menggelar lapak di tempat keramaian, di area bazar, expo dan tempat lainnya. Berjualan secara online mengandalkan alat bantu berupa koneksi internet, dan perangkat keras (komputer/laptop, smartphone, tablet dan lainnya.

Langkah ketiga, apabila akan dipasarkan secara online, bagaimana cara memasarkannya. Untuk menjual produk secara online dapat menggunakan media sosial whatsapp, facebook, instagram, twitter, line dan lainnya. Cara lainnya yaitu dengan membuka toko online di marketplace tokopedia, bukalapak, shopee dan lainnya, serta membuat online store sendiri dengan membuat website toko online.

Menentukan produk yang akan dijual serta mencari suplier produk tersebut merupakan tahap yang harus dilakukan. Untuk dapat bersaing dengan penjual lainnya terutama dalam persaingan harga, kita harus mencari suplier yang menjual dengan harga lebih murah namun dengan kualitas barang yang sama. Pemilihan suplier yang tepat dan amanah akan menentukan kelangsungan aktivitas berjualan.

Lalu bagaimana cara mencari nomor hp/kontak para supplier di media online ? Berbeda dengan mencari supplier secara offline, bisa dengan mendatangi kantornya secara langsung, ataupun dengan mendatangi sopir kendaraan yang membawa produk tersebut, ajak mengobrol, traktir makan dan akhirnya dapat nomor kontak suppliernya. Berikut tips dan cara mencari supplier online :

1. Cari di website direktori Bisnis

cara mencari supplier secara online

Banyak website direktori bisnis menyediakan banyak informasi penjual produk, contohnya Indotrading.com dan Indonetwork.com. Caranya mudah, masukan saja produk yang dicari dan nanti akan tampil hasilnya lengkap dengan informasi penjual atau perusahaannya disertai dengan nomor kontaknya.

2. Cari di website Kemenperin

cara mencari supplier secara online
Kemenperin merupakan Kementerian Perindustrian dan memiliki informasi yang lengkap tentang produsen besar maupun kecil. Cara mencari supplier di website Kemenperin yaitu dengan mengetikan kata "Kemenperin nama produknya" (tanpa tanda kutip) di Google.

3. Cari Yellowpages

cara mencari supplier secara online
Dulu yellowpages dikenal dalam bentuk buku namun sekarang sudah berbentuk website dengan alamat website yellowpages.co.id. Untuk mencari alamat supplier tinggal masukan saja di kolom pencarian, dengan memilih lokasi dan produk yang dicari. Nanti hasil pencarian akan muncul dan menampilkan informasi nama usaha plus nomor kontak yang bisa dihubungi
                       

4. Cari di BPOM

cara mencari supplier secara online
Apabila anda ingin menjual produk makanan dan kecantikan, namun tidak mengetahui nama perusahaan maupun alamat perusahaannya, bisa dicek melalui nomor BPOM yang dimiliki produk tersebut, biasanya ada pada kemasan luarnya. Apabila tidak ada nomor BPOM bisa menggunakan nama produknya saja.

Caranya masuk ke alamat web Cekbpom.pom.go.id, kemudian isikan berdasarkan nomor registrasi, apabila ada nomor BPOMnya. Apabila tidak tahu nomor BPOMnya bisa menggunakan nama produknya saja. Hasilnya dilihat pada kolom Nama Pendaftar. Untuk melihat lengkap dengan nomor kontaknya, kita mencarinya di Google dengan mengetikan nama pendaftar yang tadi diperoleh dari website BPOM

5. Cari di website News/Berita


Website news atau berita Seringkali memberitakan tentang profil UMKM lengkap dengan nama produk, pemilik dan alamat dari tempat perusahaan. Contoh apabila mencari produk brownies, maka ketik di Google site:cnnindonesia.com brownies bandung, hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini
cara mencari supplier secara online

6. Cari di facebook


Media sosial sejuta umat, facebook dapat juga dijadikan referensi mencari supplier secara online. Seringkali para pemilik usaha hanya memposting sesekali saja, biasanya yang diposting yaitu profil usaha, informasi produk, alamat pemilik, Nomor kontak pemilik dan lainnya. Cara mencarinya yaitu dengan menulis perintah di mesin pencari Google. Ketik saja site:facebook.com dodol garut, hasilnya akan seperti ini :
cara mencari supplier secara online

7. Cari di blogspot


Blogspot banyak juga digunakan oleh pelaku UMKM untuk menginformasikan produknya secara online. Dengan adanya blogspot pemilik usaha tidak usah membayar biaya bulanan hosting atau domain, dan dijamin awet sepanjang tidak melanggar aturan Blogger. Blog pribadi saya sendiri dibuat sekitar tahun 2008 saat ini masih bisa diakses. Cara mencari supplier online melalui blogspot yaitu mengetikan site:blogspot.com kecap majalengka.

cara mencari supplier secara online                                              

8. Cari di marketplace

cara mencari supplier secara online  
Salah satu faktor meningkatnya aktivitas jual beli online adalah hadirnya marketplace lokal seperti tokopedia, shopee, bukalapak yang memberikan jaminan keamanan dalam transaksi jual beli, karena dana yang dibayarkan pembeli tidak akan langsung diterima penjual. Adanya marketplace membuat rantai distribusi menjadi pendek dan membuat harga semakin murah. Bahkan tidak jarang ada produsen yang menjual langsung produknya di marketplace sehingga harga yang didapatkan pembeli lebih murah. 



Untuk mencari supplier di marketplace, bisa mempergunakan fitur shorting atau pengurutan, apakah dari faktor harga, rating pembeli, dan lainnya. Apabila mencari produk harga termurah, tinggal pilih shortingnya harga terendah, maka harga terendah akan muncul di urutan teratas. Namun dalam memilih supplier di marketplace lihat juga history transaksi, dan ulasan dari pembeli, apakah sudah cukup baik untuk dipilih menjadi supplier anda.

Cara mencari supplier di marketplace dengan mengetik produk apa yang dicari pada kolom pencarian, kemudian shorting menurut harga, ulasan, sehingga anda dapat menentukan supplier yang akan anda pilih.

Demikian tips dan cara mencari supplier online untuk toko online anda. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing. 
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments