Peluang Jualan yang laku menjelang Hari Raya Idul Adha

Peluang Jualan yang laku menjelang Hari Raya Idul Adha

Peluang Jualan yang laku menjelang Hari Raya Idul Adha

Jualan kambing menjelang Hari Raya Idul Adha
Jualan yang laku menjelang hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban bisa menjadi rejeki tahunan yang ditunggu-tunggu. Idul Adha merupakan salah satu hari raya umat Islam yang dilaksanakan setiap tanggal 10 dzulhijah. Pada hari raya Idul Adha disunnahkan menyembelih unta, kambing atau sapi/kerbau bagi orang yang mampu. Untuk waktu penyembelihan bisa dilaksanakan pada tanggal 10 dzulhijah setelah melaksanakan shalat Idul Adha dan pada tanggal 11 dan 12 dzulhijah.


Seperti hari raya Idul Fitri, momen adanya hari raya Idul Adha juga membawa keberkahan dan membuka rejeki bagi masyarakat sekitarnya. Banyak pedagang musiman yang muncul pada saat perayaan hari raya Idul Adha, dan mungkin salah satunya bisa anda coba untuk mendapatkan tambahan rejeki. Yuk kita simak jualan yang laku menjelang Idul Adha.

1. Berjualan Kambing, Sapi atau Onta

Jualan kambing menjelang Hari Raya Idul Adha
image by google

Berjualan hewan qurban yang akan disembelih pada hari raya Idul Adha banyak dicari dan dibeli bagi yang akan menunaikan ibadah Qurban. Berdasarkan Al-Qur'an hewan-hewan yang dapat disembelih untuk menunaikan ibadah qurban yaitu kambing, sapi/kerbau dan Onta. Namun di Indonesia hanya kambing dan sapi saja yang dijadikan hewan sembelihan ibadah qurban karena onta tidak diternakan di Indonesia.

 
Kambing merupakan hewan yang paling banyak dibeli dibanding sapi, karena harganya lebih terjangkau. Saking banyaknya penjual kambing, untuk lebih dekat ke calon pembeli, mereka menawarkan kambing di pinggir jalan atau menyewa tempat di sekitar tempat yang ramai. Harga kambing tahun 2019 berkisar 2.5 juta sampai 3,5 juta tergantung dari besar kecilnya kambing. Untuk sapi biasanya pembeli yang akan mendatangi penjual sapi secara langsung.

2. Berjualan Arang

Jualan kambing menjelang Hari Raya Idul Adha
image by google

Salah satu barang yang dibutuhkan saat merayakan hari raya Idul Adha yaitu arang. Arang digunakan untuk membuat sate kambing. Ya salah satu cara menikmati daging qurban yang paling mudah yaitu dengan cara disate. Membuat sate kambing tidak sesulit membuat masakan daging qurban lainnya seperti digulai, direndang dan lainnya, yang membutuhkan banyak jenis bumbu.

Berjualan arang pasti laku saat Idul Adha, karena tanpa arang tidak bisa membuat sate kambing. Meskipun saat ini ada juga yang menggunakan kompor gas, namun hasilnya tidak senikmat apabila membuat sate dengan arang.

3. Berjualan Tusuk Sate

Jualan kambing menjelang Hari Raya Idul Adha
image by google

Biasanya yang jualan arang pasti juga jualan tusuk satenya. Mayoritas yang menerima daging qurban untuk mengkonsumsi daging yang diperoleh, lebih cenderung memilih untuk membuat sate kambing dibanding dengan masakan lainnya, karena lebih praktis dan mudah. Untuk membuat sate kambing salah satu yang dibutuhkan yaitu tusuk sate. Tusuk sate yang terbuat dari bambu ini biasa dijual per ikat, dimana satu ikatnya bisa berisi sekitar 50-100 tusuk sate.

4. Berjualan Kecap

Jualan kambing menjelang Hari Raya Idul Adha
image by google
Nah sate kambing tanpa kecap rasanya pasti tidak enak. Sudah menjadi keharusan bahwa sate kambing membutuhkan kecap sebagai bumbu utamanya. Jadi bagi anda yang sudah memiliki usaha warung, tambah lagi stok kecapnya karena meningkatnya permintaan kecap.

5. Berjualan plastik kresek

Jualan kambing menjelang Hari Raya Idul Adha
image by google
Daging qurban dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan dan kepada masyarakat sekitar di tempat penyembelihan qurban. Untuk membagikan daging yang telah dipotong dan diporsi, membutuhkan tempat/wadah dan biasanya menggunakan kantung plastik kresek. Kantung plastik kresek yang dianjurkan yaitu yang berwarna bening, karena untuk kresek hitam tidak dianjurkan karena ada efek tidak baik yang ditimbulkannya. Plastik kresek ini biasa dijual per pak, dimana 1 pak berisi sekitar 50 plastik kresek, tergantung dari merknya.

6. Berjualan kipas Anyaman

Jualan kambing menjelang Hari Raya Idul Adha
image by google
Bagi yang tidak memiliki kipas angin elektronik, untuk membuat sate kambing salah satu alat yang dibutuhkan yaitu kipas anyaman. Kipas digunakan untuk mengipasi arang agar dapat membakar daging sate. Untuk yang praktis bisa menggunakan kipas angin elektronik ukuran kecil, namun buat yang tidak memiliki kipas angin elektronik, bisa membeli kipas anyaman, atau orang Sunda menyebutnya hihid, dengan harga lebih murah dan terjangkau.

Demikian beberapa peluang jualan barang yang laku menjelang pelaksanaan Idul Adha atau hari raya Qurban. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing. 
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments