Lirik Lagu Hari Kemerdekaan 17 Agustus Lengkap

Lirik Lagu Hari Kemerdekaan 17 Agustus Lengkap

Lirik Lagu Hari Kemerdekaan 17 Agustus Lengkap


Lirik lagu Hari Kemerdekaan 17 Agustus setiap tahun pasti akan dinyanyikan oleh seluruh rakyat Indonesia terutama saat peringatan Dirgahayu Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Lagu Hari Kemerdekaan yang diciptakan oleh H. M. Husein Mutahar atau lebih populer disebut H. Mutahar, liriknya menggambarkan semangat kemerdekaan, semangat untuk terus mempertahankan kemerdekaan dan membela negara Republik Indonesia selama hayat masih dikandung badan.   


Sebelum mengetahui lirik lagu Hari Kemerdekaan 17 Agustus beserta Chord dan notasi angkanya, sebaiknya kita mengenal dahulu profil pencipta lagu Hari Kemerdekaan. Pencipta lagu Hari Kemerdekaan yaitu H. Mutahar yang lahir pada tanggal 5 Agustus 1916 di Semarang. H. Mutahar merupakan orang yang berpendidikan tinggi, berawal dari sekolah Europese Lagere School (ELS), kemudian melanjutkankan ke sekolah setingkat SMP, Meer Uitgebreid Lager Ondewwijs (MULO) di Semarang. Kemudian sekolah ke Algemeen Midelbare School(AMS) setingkat SMA dengan jurusan Sastra Timur, Bahasa Melayu, di Yogyakarta.

image by google


Setelah menyelesaikan sekolah setingkat SMA, H. Mutahar melanjutkan ke pendidikan tinggi di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, dengan mengambil jurusan Hukum dan juga Jurusan Sastra Timur. H. Mutahar berperan aktif di gerakan kepanduan Indonesia dan merupakan pencipta lagu Hymne Pramuka. Selain dalam gerakan kepanduan Indonesia, beliau berperan besar dalam pendirian dan pembinaan Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) yang beranggotakan pelajar dari Seluruh Indonesia yang bertugas untuk mengibarkan bendera Pusaka pada saat upacara hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Riwayat karir beliau juga cukup panjang, pernah menjadi pegawai Rikuyu Sokyoku atau Jawatan Kereta Api Jawa Tengah Utara di Semarang pada tahun 1943 sampai 1948, pernah menjadi Duta Besar Republik Indonesia di Vatikan, kemudian menjadi Ajudan Presiden RI serta menjabat Sekretaris Panglima Angkatan Laut RI. Beliau meninggal dunia pada usia hampir 88 tahun, tepatnya pada tanggal 9 Juni 2014 di Jakarta dikarenakan sakit tua dan dimakamkan di Pemakaman Jeruk Purut, Jakarta Selatan. 

Nah sudah tahu kan Profil pencipta lagu Hari Kemerdekaan 17 Agustus, berikut ini lirik lagu hari kemerdekaan 17 Agustus beserta chord dan notasi angkanya.

Lirik lagu hari Kemerdekaan


    Tujuh belas Agustus tahun empat lima
    Itulah hari kemerdekaan kita
    Hari merdeka nusa dan bangsa
    Hari lahirnya bangsa Indonesia
    Merdeka

    Sekali merdeka tetap merdeka
    Selama hayat masih di kandung badan
    Kita tetap setia tetap sedia
    Mempertahankan Indonesia
    Kita tetap setia tetap sedia
    Membela negara kita


Chord dan lirik lagu hari Kemerdekaan


        C           G           C
Tujuh belas agustus tahun empat lima

       C         G        C
Itulah hari kemerdekaan kita

        F             C
Hari merdeka nusa dan bangsa

       Am                    G
Hari lahirnya bangsa Indonesia

G  F D
Merdeka

  C         G           C
Sekali merdeka tetap merdeka

       C           G            C
Selama hayat masih di kandung badan

       C     G     C     F
Kita tetap setia tetap setia

   C           G   F   G
Mempertahankan Indonesia

       C     G     C     F
Kita tetap setia tetap setia

   C        G    C
Membela negara kita


Not Angka dan lirik lagu hari Kemerdekaan



Demikian artikel tentang Lirik Lagu Hari Kemerdekaan lengkap dengan chord, not angka dan profil pencipta lagu Hari Kemerdekaan. Dengan semangat kemerdekaan mari kita isi kemerdekaan dengan kegiatan positif, bermanfaat dan semoga Indonesia selalu Jaya, Merdekaa!!. Keep learning and sharing.

Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments