3 Contoh Pidato 17 Agustus Memperingati HUT RI Ke 74 Tahun 2019

3 Contoh Pidato 17 Agustus Memperingati HUT RI Ke 74 Tahun 2019

3 Contoh Pidato 17 Agustus Memperingati HUT RI Ke 74 Tahun 2019

Pada peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia sudah menjadi kewajiban diadakannya upacara bendera dalam rangka memperingatinya. Upacara bendera ini diadakan dari mulai tingkat nasional yang dihadiri oleh Kepala Negara, beserta wakil dan jajarannya, sampai dengan lingkup kecil seperti di lingkungan sekolah. Biasanya pada acara resmi tersebut ada bagian dari acara dimana pembina upacara atau pimpinan upacara harus memberikan amanatnya atau pidatonya. Tema dari pidatonya tentu saja berkaitan dengan kemerdekaan republik Indonesia.

Baca juga : Download Contoh Proposal 17 Agustus HUT RI Tahun 2019 Sederhana

Bagi sebagian orang memberikan pidato atau amanat pada kegiatan upacara bendera mungkin tidak terlalu sulit, terutama bagi yang sudah terbiasa berbicara di depan umum dengan suasana formal, dimana peserta yang hadir banyak berasal dari kalangan pejabat, rekan sejawat, pimpinan lembaga ataupun dari unsur masyarakat lainnya. Tanpa teks ataupun tulisan pidato mereka dengan lancar menyampaikan pidatonya.

Baca juga : Contoh Proposal Sponsor 17 Agustus HUT RI Tahun 2019 Lengkap

Namun bagi orang yang tidak terbiasa berbicara di depan umum, tidak terbiasa berpidato tanpa teks, menyampaikan pidato dengan suasana formal dan dihadiri oleh orang-orang penting, tentunya harus mempersiapkan materi dengan sebaik-baiknya agar terhindar dari grogi, kesalahan informasi dan lainnya. Oleh karena itu sebelum menyampaikan pidato pada upacara bendera 17 Agustus sebelumnya dibuat dulu contoh pidato 17 Agustus. Dari contoh ini nanti dapat dilihat mana kata-kata yang pantas ataupun tidak untuk diinformasikan. Dan apabila masih ragu menyampaikan pidato tanpa teks, sebaiknya sampaikan pidato dengan teks saja atau dengan membuat poin-poin pentingnya saja supaya apa yang disampaikan fokus dan tidak melenceng kemana-mana.

Baca juga : 22 Lomba 17 Agustus Yang Keren Memperingati HUT RI Tahun 2019

Beberapa contoh pidato 17 Agustus dengan tema Kerja Kita Prestasi Bangsa sesuai dengan tema logo resmi HUT RI Ke 74 Tahun 2019 kami share di bawah ini. Pidato-pidato tersebut peruntukannya berbeda-beda ada yang untuk lingkungan sekolah, lingkungan di masyarakat dan ada juga untuk lingkungan kantor/perusahaan. Namun secara materi garis besarnya sama yaitu mengangkat tema kemerdekaan dan cara dalam mengisi kemerdekaan untuk generasi muda.

Baca juga : 9 Koleksi Keren Wallpaper Dirgahayu RI ke 74 Tahun 2019

Contoh pidato HUT RI ke 74 ini dapat anda ubah sesuai dengan kebutuhan dan dengan mudah untuk diedit. Yang perlu diingat biasanya apabila saat upacara bendera, waktu menyampaikan pidato jangan terlalu lama, karena akan membuat peserta upaca menjadi jenuh, tidak betah, dan apa yang disampaikan oleh kita tidak akan mampu mereka ingat. Jadi usahakan membuat pidato 17 Agustus secara singkat namun jelas.    

------------------------------------------------------------
Contoh Pidato 17 Agustus Untuk lingkungan masyarakat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat Bapak Lurah Sukamaju
Yang terhormat Bapak Ketua RW 01
Yang terhormat Bapak Ketua RT 02
Dan hadirin sekalian yang kami muliakan!
Merdeka! Merdeka! Merdeka!

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala, karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, pada hari ini kita semua masih diberi kesempatan untuk ikut serta memeriahkan acara hari ulang tahun kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ke-74 dalam keadaan sehat wal-afiat.

Selanjutnya dengan memperingati hari ulang tahun kemerdekaan kita ini kami berharap, semoga kita lebih meningkatkan rasa cinta kita pada tanah air dan bangsa, lebih meningkatkan daya juang kita terhadap bangsa dan negara, lebih mempersatukan jiwa dan segenap raga kita untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Jika kita kenang perjuangan para pahlawan tahun 1945 maka terlintas jelas di benak kita bahwa semangat pertempuran yang bagaikan api yang tak kunjung padam itu begitu hebat menyatu pada jiwa para pahlawan pejuang 45 tersebut. Namun demikian tak kalah pentingnya dengan peran kita semua sekarang ini. Perjuangan belumlah selesai. Korban telah banyak berjatuhan maka marilah kita tingkatkan terus jiwa dan semangat 45, dengan mewujudkan jiwa pembangunan yang tangguh.

Kemakmuran berdasarkan keadilan dan Ketuhanan Yang Maha Esa belum kita capai. Untuk itu masih banyak yang harus kita perjuangkan. Kemerdekaan sebagai warisan para pahlawan kita ini hendaknya kita isi dengan jiwa pembangunan tanpa mengenal kepentingan pribadi terlebih dahulu.
Jiwa dan semangat 45 ialah jiwa dan semangat kebersamaan. Jiwa yang mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan golongan. Untuk itu pula maka kita wajib menigkatkan rasa solidaritas berbangsa dan bernegara. Persatuan dan kesatuan nasional lebih di atas kepentingan kita secara pribadi dan golongan. Tumbuhkan terus semangat kebersamaan dalam memperjuangkan cita-cita kemerdekaan. Sesuai dengan tema HUT RI Tahun 2019 yaitu Kerja Kita Prestasi Bangsa, masyarakat tetap berkarya pada bidangnya masing-masing, sesuai dengan keahliannya.
  
Insya Allah harapan bangsa Indonesia mencapai kehidupan yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dengan ridla Allah Subhanahu wa Ta’ala tercapai dengan menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan nasional Indonesia. Amin, amin, yaa robbal ‘alamin.

Akhirul kata, selamat berjuang, selamat membangun bangsa dan negara kita tercinta ini.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

------------------------------------------------------------

Contoh pidato HUT RI Ke-74 Tahun 2019 di lingkungan sekolah
Assalamualaikum Warakhmatullahi Wabarakkatuh

Yang Terhormat Kepada Bapak Kepala Sekolah SMA 1 Wanahayu
Yang Terhormat Kepada Bapak Ibu Guru dan Staff Karyawan Sekolah SMA 1 Wanahayu
Dan semua teman-teman yang saya hormati

Pertama tama marilah kita panjatkan puja dan puji Syukur kehadirat Allah SWT. Yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di tempat dan waktu yang baik ini dalam keadaan sehat wal afiat. Sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Yang senantiasa mendoakan umatnya ke jalan kebaikan dan keselamatan.

Teman teman yang saya hormati, Hari ini tepat pada tanggal 17 agustus 2019 kita merayakan ulang tahun kemerdekaan Negara kita yang ke-74. Dengan memperingati hari ulang tahun kemerdekaan saya berharap semoga kita dapat lebih meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada tanah air tercinta, dan lebih meningkatkan semangat kita untuk belajar lebih giat lagi, agar kita sebagai generasi muda bisa menjadi generasi yang membuat negara tercinta kita makmur dan tentram.

Masih Ingatkah? Betapa hebatnya para pejuang pejuang bangsa dalam mempertahankan dan merebut kemerdekaan Negara kita dari tangan penjajah? Kita sebagai rakyat Indonesia dan sebagai bangsa yang besar harus dapat menghormati dan menghargai sekali jasa para perjuangan pahlawan bangsa kita.

Peranan Generasi muda sekarang ini sangatlah penting sekali demi kemajuan dan ketentraman negara kita untuk masa depan. Karena Generasi Muda sekarang ini lebih bersikap individualime, bersikap hedonisme (hura hura), terjadinya kejahatan asusila serta kriminal dan runtuhnya jiwa nasionalisme dikalangan generasi muda. Tentu negara ini menjadi seperti apa nantinya jika generasi mudanya sudah kehilangan nilai-nilai budi pekerti yang luhur serta semangat untuk hidup bergotong royong dan saling membantu.Semangat Nasionalisme generasi muda sangatlah penting, karena nasionalisme dapat membentuk kesadaran dan kesetian terhadap bangsa dan negara tanpa memandang suku, ras dan agama.Dengan adanya semangat nasionalisme kita dapat menjalin kerukunan antar rakyat.

Teman Teman Sekalian
Yakinilah bahwa kita sebagai generasi muda penerus bangsa dapat mampu memberikan perubahan untuk bangsa tercinta ini. Selamat berjuang, semangat belajar untuk menjadi generasi muda yang lebih baik.

Dirgahayu IndonesiaKu!

Merdekaa !! Merdekaa!!

Wasalammualaikum Warahmatullahi wabarakaatuhh

------------------------------------------------------------

Contoh pidato HUT RI Ke-74 Tahun 2019 di lingkungan Kantor/perusahaan

Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan saudara-saudara sekalian yang saya hormati,

Assalaammu’alaikum warakhmatullaaahi wabaaarakaaatuuuh.

Salam Sejahtera Bagi Kita Semua,

Marilah pertama-tama kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan limpahan karuniaNya, pada hari ini kita berkumpul di tempat ini, dalam rangka memperingati peristiwa bersejarah, yaitu: Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dikumandangkan 74 tahun yang lalu oleh Proklamator kita, Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta.

Saudara-saudara peserta upacara yang saya hormati,

Setiap kali kita memperingati Hari Kemerdekaan, kita selalu teringat dengan kisah perjuangan para pahlawan nasional yang tanpa pamrih rela berkorban demi membela bangsa dan Negara dalam mengusir penjajah dari bumi Indonesia. Oleh karenanya sudah sepantasnya kita selalu mengenang dan berterimakasih kepada para pahlawan Nasional kita dan seraya mengucap puji syukur kepada Allah Yang Maha Kuasa yang telah menganugerahkan kemerdekaan kepada Bangsa Indonesia.

Slogan peringatan HUT RI tahun 2018 ini adalah: “KERJA KITA PRESTASI BANGSA"
Slogan tahun ini memang terasa sangat istimewa karena bertepatan dengan pelaksanaan Asian Games 2018, dimana Indonesia mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah. Sebagai tuan rumah yang baik, diharapkan seluruh rakyat Indonesia mendukung terselenggaranya event ini secara lancar dan sukses. Sukses dalam penyelenggaraan dan sukses juga dalam mencapai prestasi olahraga. Oleh karena itu teruslah dukung atlet-atlet Indonesia, putra-putri terbaik Indonesia yang berjuang di Asian Games untuk mencapai prestasi puncak meraih kemenangan. Karena pada hakikatnya prestasi yang mereka capai merupakan juga prestasi bangsa.

Demikian sambutan saya, semoga bermanfaat. Terimakasih kepada semua pihak atas partisipasi dan kerjasamanya. Dirgahayu Republik Indonesia ke 74.

Wabillaahit taufik wal hidayah,

Wassalaammu’alaikum warakhmatullaaahi wabaaarakaaatuuuh.

------------------------------------------------------------

Demikian 3 contoh pidato 17 Agustus memperingati HUT RI ke 74 Tahun 2019. Semoga dapat bermanfaat. Keep learning and share.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments