22 Lomba 17 Agustus Yang Keren Memperingati HUT RI Tahun 2019

22 Lomba 17 Agustus Yang Keren Memperingati HUT RI Tahun 2019

22 Lomba 17 Agustus Yang Keren Memperingati HUT RI Tahun 2019

Lomba 17 Agustus selalu dinanti saat datangnya peringatan HUT RI setiap tahunnya. Perlombaan 17 Agustus memang menarik, lucu dan menghibur semua warga masyarakat. Padahal perlombaan 17 Agustus tersebut biasanya menggunakan peralatan dan perlengkapan yang sederhana dan tidak mahal, namun tetap bisa menghibur dan menyenangkan. Lomba 17 Agustus biasanya terbagi menjadi beberapa segmen atau kelompok. Untuk kelompok usia terbagi lagi, ada yang untuk anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua. Untuk jumlah pemain terbagi lagi, ada yang untuk perorangan dan grup/kelompok. Dan juga ada pengelompokan berdasarkan gender, ada yang untuk laki-laki, untuk perempuan dan ada juga yang dicampur antara laki-laki dan perempuan.

Baca juga : Contoh Logo HUT RI Ke 74 Hari Kemerdekaan RI Ke 74

Perlombaan 17 Agustus yang sudah rutin dan pasti dilombakan tiap tahunnya juga ada, bahkan lomba tersebut dimainkan saat kita masih usia anak-anak, sebut saja lomba balap karung, lomba balap kelereng, lomba sandal bakiak dan lain-lain. Mungkin bisa disebut perlombaan yang legendaris karena dimainkan sejak lama. Namun agar lebih menambah semarak perlombaan HUT RI Tahun 2019 lebih baik diadakan beberapa permainan baru yang tidak kalah lucu dan menghibur agar para peserta dan penonton tidak merasa bosan. Beberapa contoh perlombaan 17 Agustus yang keren lucu dan kreatif diperlukan untuk mengisi kegiatan perayaan HUT RI ke-74. Apabila anda bagian dari panitia HUT RI dan sedang mencari perlombaan-perlombaan 17 Agustus yang unik dan menghibur, kami informasikan beberapa contoh lomba 17 Agustus yang keren dan lucu dari berbagai daerah di Indonesia. Semoga bisa menjadi rujukan atau referensi dalam memilih perlombaan 17 Agustus di lingkungan anda.

Beberapa contoh lomba 17 Agustus Perorangan

1. Lomba Balap karung dengan mata ditutup

Lomba balap karung memang lomba "legendaris", dari anak-anak sampai orang tua pasti tahu lomba ini. Lomba balap karung yang biasa tidak dengan mata ditutup. Supaya tambah seru, mata peserta ditutup bisa dengan kain atau dasi pramuka. Aturan main sederhana, peserta mengambil karung dengan mata tertutup kain, kemudian setelah dapat karungnya, balapan karungnya juga dengan mata tertutup. Pasti seru khan. Tapi ingat area sekitar lomba harus aman ya, soalnya mata peserta tertutup, jangan diadakan di pinggir jurang atau sungai ya...


2. Lomba makan kerupuk ukuran jumbo     

Nah ini lomba yang disenangi sama anak-anak. Peraturannya mudah, peserta mendapat jatah 1 kerupuk untuk dihabiskan. Sebelum makan kerupuk peserta harus berdiri di garis start dan kemudian berlari ke tempat kerupuknya masing-masing. Tangan tidak boleh digunakan, hanya mulut saja yang digunakan. Siapa cepat dialah pemenangnya. Nah yang membedakan dengan lomba makan kerupuk biasanya, lomba makan kerupuk jumbo ini menggunakan kerupuk yang super besar. Tapi memang jadi butuh biaya lebih besar karena harga kerupuknya juga beda, bagusnya untuk yang kerupuk jumbo hanya saat babak final saja.


3. Lomba Memindahkan belut 

Lomba memindahkan belut peraturannya sederhana memindahkan belut dari 1 ember ke ember lainnya. Jadi 1 peserta ada 2 ember, yang satu berisi belut yang satunya kosong. Tugas peserta memindahkan belut yang ada ke ember yang kosong. Siapa yang tercepat maka dia yang juara. Dan supaya tambah seru, peserta dilarang memindahkan belut dengan memegang kepalanya, jadi makin seru kan !

4. Lomba Pukul Plastik Air

Lomba pukul plastik yang berisi air aturan mainnya sangat mudah, kantong plastik air digantungkan, peserta akan berjalan dengan jarak tertentu untuk menemukan dan memukul plastik air tersebut. yang membuat seru peserta akan ditutup matanya dan badannya diputar dulu saat Start. Tambah seru lagi kalau air di kantong plastik ditambah warna-warni sehingga saat pecah dipukul peserta menjadi warna warni pakaiannya.


5. Lomba Memasukkan paku/pensil kedalam botol

Ini salah satu lomba legendaris juga, paku atau pensil diikat tali diletakan di badan belakang peserta, mengawali lomba peserta start berlari dan kemudian menuju botol masing-masing. Karena paku/pensil berada di belakang badan maka peserta tidak bisa melihat secara jelas. Yang paling cepat memasukan dialah pemenangnya.


6. Lomba balap kelereng menggunakan sendok


Pada lomba ini dibutuhkan kelereng dan sendok. Sendok diletakan di mulut dan kelereng diletakan di sendok. Peserta diharuskan berlomba dengan jarak tertentu, dan yang bisa kembali lagi ke titik start dan tercepat maka dialah pemenangnya.



7. Lomba Sepeda lambat


Apabila lomba yang sebenarnya adu sepeda tercepat, maka yang ini kebalikannya, siapa yang paling lambat dan bisa bertahan di atas sepeda tanpa menginjakan kaki ke tanah maka dialah pemenangnya.

8. Lomba Adu bantal

Lomba yang ini cocok buat anak dan remaja laki-laki. Syarat lomba ini harus ada kolam, jadi arenanya ada di atas kolam, apabila ada yang kalah dan terjatuh, jatuhnya ke dalam kolam. Posisi peserta duduk di atas sebuah bambu besar dan membawa bantal yang digunakan senjata untuk bertinju dengan lawan. Lumayan seru serasa nonton UFC hehehe

Baca Juga : Download Contoh Proposal 17 Agustus HUT RI Tahun 2018 Sederhana

9. Lomba Gigit koin (ambil koin)

Lomba gigit koin menggunakan buah melon/semangka untuk menancapkan uang koinnya. Supaya tambah seru buah tersebut dilumuri coklat jadi agak licin begitu. Anak-anak senang soalnya langsung dapat uang koin dari lomba ini.

10. Lomba Balap bangku

Lomba balap bangku atau kalau di Sunda lomba balap jojodog. Bangku yang digunakan terbuat dari kayu dan berukuran kecil. Tiap peserta membawa 2 buah bangku. Cara mainnya adu cepat sampai garis Finish dengan cara menggunakan bangku tersebut sebagai titian atau pijakan. Siapa yang tercepat sampai dialah pemenangnya. 

11. Lomba Balap egrang

Sudah pada tahu kan yang namanya egrang..inti lomba ini adu cepat menggunakan egrang.

12. Lomba Menangkap bebek 

Nah lomba menangkap bebek ini cocok buat yang lingkungannya banyak bebek. Pasti seru lihat peserta berlomba menangkap bebek sebanyak-banyaknya.

13. Lomba Minum Dot Ibu-ibu

Yang ini cocok buat ibu-ibu, biasanya bayi mereka yang dikasih minum dot, di lomba ini para ibu yang harus minum dari dot. Caranya seperti lomba balap kerupuk tapi yang digantung dot yang berisi air minum, isinya boleh air putih atau biar enak isi dengan teh manis hehehe.

14. Lomba Balap Karung ala Motogp

Nah kalau yang ini pengembangan atau inovasi dari lomba balap karung jadul. Kalau yang ini peserta diwajibkan menggunakan helm ala pembalap motogp begitu hehe, lumayan beban di kepala jadi tambah berat.

15. Lomba lari menggunakan high heels

Lomba yang ini khusus bagi ibu-ibu atau nona-nona, yang biasa menggunakan high heels pastinya harus mencoba lomba ini. Siapa yang tercepat maka dialah pemenangnya.

16. Lomba Memindahkan air menggunakan sedotan

Lomba ini lumayan gampang-gampang sulit nih. Memindahkan air menggunakan sedotan, tidak terbayang berapa kali peserta harus bolak-balik memindahkan air hehehe. Siapa yang paling banyak memindahkan air dalam waktu tertentu maka dialah pemenangnya.

17. Lomba Memindahkan balon dengan cara diapit 

Pada lomba memindahkan balon ini peserta membawa 3 balon yang harus dipindahkan. 3 balon tersebut diapit di tangan kanan dan kiri dan diantara kedua kaki, 3 balon tersebut tidak boleh ada yang lepas. Yang tercepat dan yang tidak terlepas balonnya maka dialah pemenangnya.

18. Lomba Memindahkan air menggunakan tangan kosong

Prinsipnya sama dengan lomba memindahkan menggunakan sedotan, kalau yang ini tidak menggunakan apa-apa alias hanya menggunakan tangan saja. Lomba yang murah sekali hehehe

Baca juga : Contoh Proposal Sponsor 17 Agustus HUT RI Tahun 2018 Lengkap

19. Lomba Menggiring bola menggunakan terong 

Alat ang digunakan yaitu sayur terong yang diikat tali dan dipasang di bagian belakang badan peserta serta bola plastik untuk sepakbola. Peserta diharuskan menggiring bola dari start sampai finish. Cara menggiring dengan mengayunkan terong untuk menggiring bolanya.

20. Lomba Memasukan benang ke dalam jarum 

Nah lomba yang ini sederhana sekali, mungkin di rumah juga sering melakukan kegiatan seperti ini yaitu memasukan benang ke dalam jarum. Diperlukan fokus dan konsentrasi yang tinggi untuk lomba ini hehehe. Yang tercepat dialah pemenangnya.


Lomba 17 Agustus Grup (Duo/Kelompok) 

1. Lomba panjat pinang 

Lomba panjat pinang banyak diminati untuk peserta kelompok. Biasanya 1 kelompok terdiri dari 5-6 orang. Tiap kelompok akan diberikan waktu tertentu untuk bermain. Yang menggiurkan dari lomba ini yaitu banyaknya hadiah yang digantung. Tantangannya juga lumayan karena batang bambu dilumuri dengan pelicin, diperlukan kerjasama yang kompak antar anggota kelompok dan juga sklill yang mumpuni agar dapat mencapai puncak dan mendapatkan hadiah.


2. Lomba tarik tambang 

Lomba tarik tambang juga tak kalah serunya apalagi kalau para ibu yang bermain pasti ramai. Perlu kerjasama yang kompak dan juga tenaga yang besar untuk menang di lomba ini.


3. Lomba bakiak beregu 

Bakiak merupakan model sandal jaman dahulu. Lomba bakiak beregu beranggotakan 3 orang dengan sandal bakiak sudah didesain untuk 3 orang. Lomba ini mutlak diperlukan kerjasama dan kekompakan anggotanya. Apabila ada salah satu anggota tidak kompak bisa fatal akibatnya, bisa terjatuh dan susah berdiri lagi dan akhirnya kalah. Yang tercepat dialah yang menang.


4. Lomba sepakbola bersarung 

Seperti sepakbola yang biasa kita tonton, namun bedanya untuk lomba sepakbola bersarung pesertanya mengenakan sarung. Luamayan ribet juga ya mau nendang pakai sarung lagi hehe

5. Lomba sepakbola berdaster 

Sama seperti lomba sepakbola bersarung, perbedaannya dari pakaian yang dikenakan yaitu mengenakan pakaian daster ibu-ibu hehe

6. Lomba sepakbola Corong 

Lomba sepakbola corong lumayan tantangannya, karena peserta diharuskan memakai corong (alat corong minyak) yang dipakai di mukanya. Jadi penglihatan peserta lebih sempit. Sebabnya corong ujungnya lebih kecil dan lubangnya lebih kecil. Pada lomba ini dipastikan akan terjadi banyak tabrakan antar peserta atau peserta yang bingung mencari bola.

7. Lomba pindah karet pakai sedotan

Lomba ini memindahkan karet menggunakan sedotan secara estafet. 1 Tim bisa terdiri dari 3-4 orang. Karet jangan sampai terjatuh. Tim yang tercepat dan karet tidak terjatuh dialah pemenangnya.

8. Lomba Joget Balon 

Lomba ini cocok buat yang suka joget. Dimainkan 2 orang (Duo) yang satu gender, kalo beda gender boleh asal suami istri hehehe. Tiap pasang akan diberi balon yang diapit oleh keduanya. Kemudian keduanya berjoget diiringi musik dan balon jangan sampai lepas. Ada daerah lain menggunakan bola kasti untuk pengganti balonnya. Pasangan yang paling lama bertahan dialah pemenangnya.

9. Lomba Estafet Tepung 

Lomba estafet tepung intinya memindahkan tepung dari anggota tim ke anggota lainnya di belakangnya. Peserta lomba ini dipastikan muka dan badannya putih semua

10. Lomba Estafet Air Baskom 
Lomba estafet air baskom hampir sama dengan lomba estafet tepung namun yang diestafetkan yaitu air dalam baskom.

11. Lomba Gendong Istri 

Yang ini lomba gendong istri khusus untuk pasangan suami istri, tidak berlaku untuk pasangan yang masih pacaran apalagi yang masih menjomblo hehe
Cara bermain yaitu lomba paling cepat menggendong istri, beruntunglah bagi pasangan yang tubuhnya ringan.

12. Lomba Melempar telur tidak boleh pecah 

Lomba melempar telur membutuhkan 2 orang sebagai peserta. Dua orang ini saling lempar dan tangkap telur, apabila pecah maka gugurlah pasangan tersebut. Pemenangnya yang paling kuat bertahan paling lama.

Itulah 22 lomba 17 Agustus yang sering diadakan di beberapa daerah di Indonesia dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-74 Tahun 2019. Perlombaan-perlombaan tersebut dapat lebih mempererat lapisan masyarakat dan menghidupkan kebersamaan di dalam lingkungan. Meskipun kita memiliki perbedaan-perbedaan namun kita tetap bersatu dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Itulah inti dari kegiatan 17 Agustus yang diadakan di lingkungan kita. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments