Peluang Bisnis Musiman di Bulan Agustus yang Mantul Banget

Masdinko.com-Menjelang bulan Agustus peluang bisnis musiman Agustusan banyak bermunculan, terutama yang berkaitan dengan tema Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang peringatan 17 Agustusan, tampilan lingkungan, rumah, tempat umum, kantor swasta dan kantor-kantor pemerintah semarak dengan berbagai hiasan seperti umbul-umbul, bendera, spanduk, lampu-lampu, dan lainnya.

Permintaan yang tinggi terhadap produk-produk yang berkaitan dengan perayaan Hari Kemerdekaan RI menjadi peluang emas bagi enterpreneur dadakan. Meskipun saat ini dunia sedang dilanda wabah covid-19 namun mereka tetap percaya tetap ada peluang emas di bisnis musiman agustus ini.

Hari kemerdekaan merupakan salah satu momen bersejarah sebuah negara, dimana negara bebas dari penjajahan dari negara lainnya pada masa dulu. Dahulu para pahlawan berjuang mempertaruhkan nyawa untuk mendapatkan kemerdekaan dari penjajah.

Sedangkan kita saat ini, tinggal meneruskan perjuangan para pahlawan kemerdekaan dengan cara mengisinya dengan hal-hal bermanfaat dan membangun negeri sesuai dengan kemampuan dan perannya masing-masing.

Dunia usaha dan bisnis saat ini memang sedang muram karena wabah covid-19, namun peluang bisnis musiman di bulan Agustus dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia tetap ada dan terbuka.

foto by pixabay

Semangat untuk tetap memperingati hari kemerdekaan membuat masyarakat tetap memeriahkan hari kemerdekaan dengan menghias rumah, kantor dan lingkungan dengan pernak pernik tema kemerdekaan.

Adanya permintaan barang untuk memperingati hari kemerdekaan membuka peluang bisnis meraup rupiah. Lalu apa saja bisnis yang menguntungkan saat memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ?

Berikut usaha dagang atau bisnis menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia yang bisa anda coba untuk mendapatkan rupiah.

1. Berjualan bendera Merah Putih


Ya hari kemerdekaan berkaitan erat dengan bendera negara yaitu Bendera merah putih. Dulu para pahlawan mengangkat bendera harus mempertaruhkan nyawa mereka. Untuk menghormati para pahlwan yang gugur, masyakat memasang bendera merah putih di depan rumah dan di pinggir jalan.

Kebutuhan akan bendera merah putih menjadi peluang emas untuk berjualan bendera merah putih. Lokasi strategis untuk berjualan bendera yaitu di pinggir jalan utama dan di tempat keramaian.

Untuk mendapatkan harga yang miring, bisa langsung ke konveksi atau produsennya langsung sehingga mendapatkan untung yang lumayan. Apabila sudah rutin malah bisa dengan sistem jual titip, jadi anda tidak perlu mengeluarkan modal.

Pemilik barang yang akan menitipkan bendera tersebut dan tugas anda menjualkan dan menyetorkan harga modal kepada pemilik sesuai dengan harga yang telah disepakati.

2. Berjualan kaos bertema hari kemerdekaan


Kaos merupakan produk fashion yang banyak dicari saat perayaan hari kemerdekaan. Dengan desain kaos tema hari kemerdekaan bisa menyampaikan pesan kepada yang melihat dan membacanya.

Penggemar kaos memang luas, laki-laki maupun perempuan, anak-anak sampai orang dewasa, sudah biasa menggunakan kaos, karena simple dan mudah dalam menggunakannya serta harganya lebih murah dari pada produk fashion lainnya.

Berjualan kaos tema hari kemerdekaan bisa sebagai reseller atau menjual kaos yang sudah jadi dari produsennya, atau bisa juga anda sebagai produsennya dengan mencetak dan mensablon kaos dengan desain sendiri.

Cara pemasaran kaos tema hari kemerdekaan bisa dengan berjualan di pinggir jalan utama, di pasar tradisional, atau bekerja sama dengan panitia peringatan hari kemerdekaan. Biasanya mereka membutuhkan kaos dalam jumlah banyak untuk personal panitia.

Anda bisa menjadi perantara antara produsen kaos dan panitia hari kemerdekaan. Bisa juga anda menjualnya melalui media sosial seperti whatsapp, facebook, instagram atau online marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee dan lainnya.

3. Jasa sablon umbul-umbul


Umbul-umbul biasanya berbahan kain dan dapat dikustomisasi dengan tulisan. Banyak kantor pemerintah,kantor swasta maupun lingkungan, selain memasang bendera merah putih, mereka juga memasang umbul-umbul dengan nama kantor tercetak di umbul-umbul tersebut.

Umbul-umbul dengan warna warni beragam menampilkan kesan semarak dan menambah daya tarik tampilan kantor maupun lingkungan, sehingga banyak yang tertarik untuk memesannya.

Cara memasarkan jasa sablon umbul-umbul yaitu dengan mendekati target konsumen dan menawarkannya secara langsung. Selain jasa sablon umbul-umbul bisa juga dengan menyediakan jasa sablon kaos dan lainnya.

4. Jasa pembuatan spanduk


Spanduk biasa digunakan saat mengadakan event tertentu pada suatu tempat. Saat ini spanduk umumnya banyak menggunakan spanduk dari digital printing, sehingga tampilan spanduk sama persis dengan desainnya.

Untuk jasa pembuatan spanduk ini memang membutuhkan modal besar untuk membeli mesin digital printingnya, namun peluang ini tidak hanya menjadi pemilik jasa digital printing.

Pemilik jasa setting desain juga bisa mendapatkan peluang dari pembuatan spanduk ini. Mereka bisa mendapatkan rupiah dari jasa membuat desain spanduk. Bahkan ada yang memesan desain sekaligus juga pencetakannya.

Namun perlu diingat, untuk desain spanduk sudah ada ketentuannya dari pemerintah pusat sehingga harus sesuai. Bagian yang dikustom biasanya dari bagian foto dan nama kantor saja.

5. Jasa makeup dan sewa busana adat


Pada peringatan hari kemerdekaan ada juga merayakannya dengan melakukan parade di jalan umum dengan mengenakan berbagai busana seperti busana daerah, busana profesi, dan lainnya.

Peserta parade yang membutuhkan busana adat pastinya tidak akan membeli busana tersebut karena hanya dipakai setahun sekali dan lebih ekonomis dengan cara menyewa busana saja.

Selain menyewa busana sebagian dari mereka membutuhkan jasa untuk merias atau makeup, sehingga sangat tepat jika membuka usaha jasa busana dan juga jasa rias atau makeupnya sekalian.

Target konsumennya bisa anak-anak usia TK dan SD, remaja, maupun orang dewasa. Biasanya yang rutin menyewa yaitu anak sekolah TK dan SD. Selain saat peringatan hari kemerdekaan, mereka rutin menyewa busana saat imtihan atau kenaikan kelas setiap tahun.

6. Jasa Catering Makanan


Jasa catering makanan dibutuhkan saat panitia mengadakan suatu acara. Dengan pertimbangan lebih praktis dan cepat, dan juga biasanya sudah berikut pengiriman ke lokasi kegiatan. Lebih praktis daripada harus memasak di tempat kegiatan.

Untuk mendapatkan peluang jasa catering ini, lakukan pendekatan kepada panitia sebelum kegiatan dilaksanakan sehingga persiapan lebih matang. Apabila penilaian dari konsumen baik, akan menjadi nilai tambah bagi usaha catering anda dan menambah konsumen baru.

7. Berjualan Makanan Ringan


Saat peringatan hari kemerdekaan biasanya diadakan berbagai lomba dan kegiatan, dimana akan banyak orang untuk menonton dan berlomba. Banyaknya orang berkumpul menjadi peluang emas untuk menjajakan makanan ringan atau cemilan.

Makanan cemilan bisa menjadi alternatif bagi orang yang tidak sempat makan nasi atau tidak mau makan nasi. Makanan ringan yang dijajakan haruslah sehat dan terjamin kebersihannya.

Makanan ringan bisa berbentuk produk pabrikan yang sudah ada kemasannya maupun makanan ringan buatan sendiri. Contoh makanan cemilan yaitu berbagai gorengan, kue-kue, es buah, es krim, siomay, mie ayam, mie baso dan lainnya.

8. Berjualan Trofi atau piala


Trofi atau piala digunakan untuk hadiah atau penghargaan untuk pemenang perlombaan atau pemenang suatu kegiatan. Umumnya trofi ini dibutuhkan dan digunakan oleh pihak sekolah atau pemerintah.     

Untuk tingkat RW maupun RT jarang menggunakan trofi atau piala sebagai hadiah untuk pemenang pada lomba tingkat RW, umumnya berbentuk hadiah produk yang biasa dibutuhkan sehari-hari.

9. Jasa Fotographer


Selain pada momen pernikahan, jasa fotographer juga sering muncul saat ada kegiatan tertentu seperti wisuda, manasik haji anak sekolah TK dan lainnya. Mereka memotret dahulu tanpa diminta, dan nanti hasil cetaknya di perlihatkan.

Bagi yang ada di foto nya bisa membelinya, bisa juga tidak karena memang tidak ada kesepakatan sebelumnya.

10. Jasa Event Organiser


Untuk skala tertentu peringatan hari kemerdekaan agar lebih praktis menggunakan jasa event organiser (EO) profesional sehingga lebih terorganisir dan acara berjalan dengan lancar sesuai dengan target.

Target klien jasa event organiser biasanya perkantoran atau perusahaan. Biasanya diseleksi berdasarkan portofolio dari EO tersebut dan konsep yang ditawarkan kepada pengguna jasa EO.

11. Jualan Pernak pernik


Pada bulan Agustus banyak pemandangan warna warni yang semarak dan meriah bahkan sampai masuk ke gang sempit. Hiasan yang ditampilkan tidak hanya bendera dan umbul-umbul saja namun ada juga pernak pernik unik yang berasal dari barang bekas.

Contohnya dari gelas plastik air minum bekas, dengan menambahkan plastik berwarna merah putih dan hiasan lainnya akan menjadi hiasan yang unik menambah semarak hari kemerdekaan.

Modalnya relatif kecil karena berasal dari barang bekas. Yang harus anda miliki yaitu ide kreatif dalam membuat pernak pernik, hal itu yang akan membedakan kreasi anda dengan yang lainnya.


Demikian banyaknya peluang usaha musiman di bulan agustus dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. Semoga dapat bermanfaat. Keep learning and sharing.  

Post a Comment for "Peluang Bisnis Musiman di Bulan Agustus yang Mantul Banget"