Tema Slogan Logo HUT Pramuka ke-59 Tahun 2020 Terbaru

Masdinko.com-Hari Ulang Tahun Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus setiap tahunnya. Seperti Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, setiap tahunnya saat dirgahayu Pramuka, Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka mengeluarkan aturan mengenai Tema dan Logo resmi HUT Pramuka (Praja Muda Karana) terbaru.

Tema dan Logo HUT Pramuka berbeda-beda setiap tahunnya. Untuk tahun 2020, tema dan logo resmi HUT Pramuka tahun 2020 juga berbeda dengan logo dan tema HUT Pramuka tahun sebelumnya.

Biasanya tema HUT Pramuka Nasional Indonesia terdiri dari rangkaian kata yang memiliki arti, visi dan misi Pramuka dalam memaknai hari ulang tahun Pramuka. Logo HUT Pramuka biasanya berupa identitas visual HUT Pramuka dengan desain angka HUT Pramuka dan tagline (tema) yang diusung pada HUT Pramuka.

Sebelum mengetahui tema HUT Pramuka tahun 2020 terbaru dan logo HUT Pramuka tahun 2020 terbaru, sebaiknya kita mengetahui latar belakang lahirnya Gerakan Pramuka Indonesia.

Momentum bersejarah Gerakan Pramuka yaitu sebagai berikut :
  1. Pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961 tanggal 20 Mei 1961 tentang Gerakan Pramuka, menetapkan bahwa Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yang ditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia. Momen ini dikenal dengan Hari Permulaan Tahun Kerja.
  2. Pelantikan Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari di Istana Negara, serta Penganugerahan Panji-panji Gerakan Pramuka tanggal 14 Agustus 1961.
Pada tanggal 14 Agustus 1961, setelah pelantikan Kwarnas dan Kwarnari, dilangsungkan defile Pramuka yang bertujuan untuk memperkenalkan secara resmi Gerakan Pramuka Indonesia kepada masyarakat, sehingga hari ulang tahun Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus.

Kehadiran pramuka di tengah masyarakat Indonesia memiliki dampak positif. Banyak kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan Pramuka yang berupa Bakti Sosial dan kerja nyata membantu masyarakat.

Kegiatan Pramuka mengakar kuat, karena sejak Sekolah Dasar, anak-anak Indonesia sudah mengenal kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan Gerakan Pramuka. Selain itu mereka juga memperoleh ilmu dan keterampilan baru dalam gerakan kepanduan ini yang bermanfaat diaplikasikan di kehidupan masyarakat.

tema dan logo HUT Pramuka ke-59 tahun 2020
foto by Pixabay

Tingkatan pramuka terdiri dari beberapa tingkatan diantaranya Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, dan Pramuka Pandega. Selain itu dikenal juga komponen Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing.

Dengan komponen di atas tersebut, gerakan Pramuka bertekad menjadi energi positif bagi generasi muda Indonesia untuk terus membangun Indonesia dan memperkuat NKRI secara utuh melalui berbagai kegiatan positif dan bakti sosialnya.

Pada tahun 2020, Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka merilis tema HUT Pramuka 2020 terbaru dan logo HUT Pramuka Tahun 2020 terbaru. Tema dan logo HUT Pramuka 2020 terbaru merupakan wujud semangat yang ingin dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka.

Tema HUT Pramuka Tahun 2020 atau tema HUT Pramuka ke-59 terbaru yaitu :

Terdepan Bergerak.

Selain itu karena Indonesia masih menghadapi ancaman wabah virus corona covid-19 maka dirilis juga logo dan tema Pramuka yang berkaitan dengan peran Pramuka dalam membantu negara menghadapi wabah virus Covid-19.



Logo HUT Pramuka Tahun 2020 atau logo HUT Pramuka ke-59 terbaru yaitu :


Ucapan selamat ulang tahun HUT Pramuka ke-59 terbaru tahun 2020 selalu mengiringi saat memperingati HUT Pramuka tahun 2020 terbaru. Hal ini merupakan bukti nyata bahwa masyarakat dan komponen yang berada di Gerakan Pramuka, peduli dan menilai positif atas kehadiran Gerakan Pramuka.

Semoga dengan peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka ke-59 atau HUT Pramuka tahun 2020 menjadi momen positif bagi Pramuka untuk meningkatkan peran dan kiprahnya baik di sekolah maupun di kehidupan masyarakat. Berikut lirik Hymne Pramuka agar para Pramuka lebih bersemangat.

Demikian artikel logo dan tema HUT Pramuka ke-59 Tahun 2020, Dirgahayu Gerakan Pramuka, semoga selalu berjaya. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.
      

Post a Comment for "Tema Slogan Logo HUT Pramuka ke-59 Tahun 2020 Terbaru"