3 Contoh Teks Pidato Memperingati Hari Pramuka 14 Agustus 2018 yang Terbaru

3 Contoh Teks Pidato Memperingati Hari Pramuka 14 Agustus 2018 yang Terbaru

3 Contoh Teks Pidato Memperingati Hari Pramuka 14 Agustus 2018 yang Terbaru

Contoh Teks Pidato Memperingati Hari Pramuka
Beberapa momen atau peringatan penting terjadi pada bulan Agustus, salah satunya yaitu Hari Pramuka. Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus. Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang berarti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Sobat semua tentu masih ingat ketika duduk di bangku sekolah SD sudah dikenalkan dengan gerakan Pramuka ini. Gerakan Pramuka memang sudah dikenalkan sejak bangku Sekolah Dasar. Didalam gerakan Pramuka memang ada tingkatan-tingkatannya berdasarkan umur dari anggota gerakan pramuka, yaitu Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun),Pramuka penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega berumur 21-25 tahun.

Baca juga : Contoh 5 Puisi Hari Pramuka Terbaru Memperingati Hari Pramuka 14 Agustus 2018

Dalam memperingati Hari Pramuka biasanya diadakan upacara seperti halnya pada acara peringatan hari bersejarah lainnya. Upacara peringatan Hari Pramuka ada yang berskala nasional, provinsi, kota/kabupaten dan lingkup kecil lainnya seperti sekolah. Pada upacara hari Pramuka terdiri dari peserta upacara, pembina upacara, petugas upacara, dan tamu undangan. Pada sesi tertentu pembina upacara akan dipersilahkan untuk memberikan sambutan atau pidato mengenai tema yang berkaitan dengan peringatan Hari Gerakan Pramuka. Untuk memberikan pidato pada momen penting tersebut, hendaknya pidato dipersiapkan dengan baik, supaya hal-hal yang disampaikan dapat ditangkap dengan baik oleh semua pendengar. Untuk membuat pidato peringatan hari Pramuka, lebih baik dibuat konsepnya dahulu, pemilihan tema dan pemilihan kata-kata yang tepat akan membuat pidato kita lebih fokus dan dapat ditangkap dengan baik oleh pendengar.

Untuk mempermudah pembuatan teks pidato menyambut hari Gerakan Pramuka tahun 2018, kami berikan contoh-contoh teks pidato/sambutan memperingati Hari Pramuka. Contoh pidato ini dapat dimodifikasi ataupun diedit sesuai dengan kebutuhan, jadi tidak terlalu sulit kan dalam membuat pidato Hari Pramuka. Beberapa contoh pidato tema hari Pramuka di bawah ini mungkin dapat membantu teman-teman yang sedang mempersiapkan diri untuk membacakan sambutan pada upacara hari Gerakan Pramuka Tahun 2018 sebagai pembina upacara. 
                               
----------------------------------------------------------------------------

Judul Pidato: Tujuan dan Fungsi Pramuka

Assalammualaikum wr.wb
Selamat sore dan salam sejahtera untuk kita semua

Salam pramuka 3x

Yang terhormat Bapak dan Ibu Dewan Pembina Pramuka se-Kabupaten Majalengka, para tamu undangan, dan kepada adik-adik ku sekalian yang saya banggakan.

Puji syukur selalu kita panjatkan kepada ALLAH SWT,dimana pada hari ini kita semua masih diberi kesehatan dan kesempatan sehingga kita dapat berkumpul di lapangan yang luas ini.

Sholawat dan salam senantiasa tercurah pada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW, para keluarganya, para sahabatnya dan kita sebagai umatnya sampai akhir zaman.

Wahai adik-adik pramuka generasi tunas bangsa, Sebagai pemuda pramuka, kita berdiri tegak disini marilah kita merenung sejenak untuk mempelajari kembali bersama-sama tentang fungsi Pramuka.

Pada dasarnya fungsi dari pramuka, sebagaimana sudah kita sadari bersama merupakan kegiatan menarik bagi kita sebagai anak atau pemuda. Kegiatan menarik di sini dimaksudkan kegiatan yang menyenangkan dan mengandung pendidikan. Karena itu permainan harus mempunyai tujuan dan aturan permainan, jadi bukan kegiatan yang hanya bersifat hiburan saja.

Karena itu lebih tepat kita sebut saja kegiatan menarik. Tentu bagi orang dewasa kepramukaan bukan lagi permainan, tetapi suatu tugas yang memerlukan keikhlasan, kerelaan, dan pengabdian. Orang dewasa ini mempunyai kewajiban untuk secara sukarela membaktikan dirinya demi suksesnya pencapaian tujuan organisasi.

Kita mengetahui bahwa fungsi pramuka yang utama untuk generasi muda adalah sebagai alat bagi masyarakat dan organisasi. Kepramukaan merupakan alat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, dan juga alat bagi organisasi untuk mencapai tujuan organisasinya.

Jadi kegiatan kepramukaan yang diberikan sebagai latihan berkala dalam satuan pramuka itu sekedar alat saja, dan bukan tujuan pendidikannya. Dari sana selayaknya kita berusaha untuk meningkatkan setiap gerakan kepramukaan sebagai mana fungsinya.

Tepuk pramuka..........

Tahukah wahai pemuda pramuka apa itu tujuan dari pramuka?
Sebenarnya tujuan pramuka adalah sangat mulia karena gerakan pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-prinsip dasar dan metode kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia dengan tujuan agar:
  • Anggota pramuka menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya.
  • Anggota pramuka menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya.
  • Anggota pramuka menjadi manusia yang kuat dan sehat fisiknya.
  • Anggota pramuka menjadi manusia yang menjadi warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia; sehingga menjadi angota masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu menyelanggarakan pembangunan bangsa dan negara.
Tujuan tersebut merupakan cita-cita gerakan pramuka. Karena itu, semua kegiatan yang dilakukan oleh semua unsur dalam gerakan pramuka harus mengarah pada pencapaian tujuan tersebut.

Sebelum kita akhiri, pramuka adalah sebuah pendidikan yang mengajarkan kita semua untuk bagaimana  bisa bermasyarakat dengan baik dan sesuai dengan semua norma.

Marilah kita jadikan peringatan hari pramuka ini sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas diri pribadi kita untuk hidup yang lebih baik, karena semua mimpi bisa menjadi kenyataan jika kita bisa berusaha dengan sungguh-sungguh.

Salam Pramuka!

Wassalamu'alaikum wr. wb

--------------------------------------------------------------

Contoh Teks Pidato Memperingati Hari Gerakan Pramuka lainnya :

Yang Terhormat Kepala SMP Insan Kamil,
Yang Terhormat Dewan Guru dan Segenap Staf SMP Insan Kamil
Yang Terhormat Kakak-kakak Pelatih, Pembina, Pamong, dan Instruktur Gerakan Pramuka,
Dan adik-adik Pramuka yang saya sayangi,

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi. Salam sejahtera untuk kita semua.

SALAM PRAMUKA!

Hadirin yang saya hormati,

Pertama-tama, marilah kita bersyukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa karena di pagi yang cerah ini kita masih diberi kesehatan dan umur untuk bertemu dalam upacara peringatan hari Pramuka tanggal 14 Agustus 2018. Saya juga berterimakasih kepada kepala SMP Insan Kamil, dewan guru, dan kakak-kakak pelatih, pembina, pamong, dan instruktur Gerakan Pramuka, yang telah memberikan saya kesempatan untuk menyampaikan pidato di hari istimewa ini. Sungguh ini adalah kehormatan bagi saya. Sebagai anggota Nasional Gerakan Pramuka, perkenankanlah saya menyampaikan ucapan Selamat Hari Pramuka yang ke 57 kepada seluruh anggota Gerakan Pramuka.

Hadirin yang saya hormati,

Tahun demi tahun, kita menyaksikan bagaimana perkembangan dan kemajuan gerakan pramuka yang dihelat di berbagai instansi pendidikan. Kita turut bangga bahwa gerakan pramuka masih bersemi sebagai wadah untuk memupuk rasa nasionalisme, jiwa kepemimpinan, kemandirian, dan sikap tangguh pemuda dan pemudi Indonesia. Gerakan pramuka tetap berjaya dalam dunia pendidikan untuk melatih generasi muda, membangkitkan kesadaran akan pentingnya memberi kontribusi nyata sebagai warga negara. Pergaulan hedonis kaum muda dan degradasi moral yang terpampang nyata di depan mata menggugah kepedulian kita untuk menghadapi tantangan tersebut. Eksistensi gerakan pramuka membuat kita cukup tenang di tengah perubahan jaman yang semakin memprihatinkan tersebut.

Hadirin yang saya muliakan,

Apabila kita menyusuri jejak sejarah tentang peranan gerakan pramuka, kita akan menemukan catatan bahwa pramuka adalah organisasi yang berperan dalam menyatukan semangat pemuda dan pemudi ketika masa awal kebangkitan nasional. Pada saat itu gerakan pramuka turut membangunkan pemuda dan pemudi untuk mengikuti bela negara. Saya sendiri, sebagai anggota nasional gerakan pramuka merasakan manfaat dan pelajaran yang sangat berharga selama bergabung dalam pramuka. Bahkan, orang tua saya juga mendukung penuh agar saya tetap mengikuti kegiatan pramuka karena mereka melihat perkembangan positif pada kepribadian dan kemampuan saya melakukan pekerjaan secara sigap dan penuh inisiatif. Semua itu adalah bukti nyata bahwa gerakan pramuka harus selalu dijaga eksistensinya dan terus dikembangkan untuk kemaslahatan masyarakat.

Hadirin yang saya muliakan,

Berbagai pihak juga perlu ikut andil menghimbau peserta didik untuk aktif dalam kegiatan pramuka. Kita asah lagi kepedulian kita terhadap sesama dengan mengajak teman-teman kita mengikuti kegiatan yang positif seperti pramuka ini. Mari kita taklukkan tantangan jaman ini dengan bahu-membahu memasyarakatkan pramuka karena harapannya kegiatan pramuka tidak hanya bersemi di lingkungan pendidikan tetapi juga di kalangan masyarakat lainnya. Bahkan apabila memungkinkan, tentu akan sangat bermanfaat bagi anak-anak di luar sana yang tidak mengenyam pendidikan di sekolah, bagi pemuda dan pemudi yang tidak melanjutkan sekolah karena kurang mampu dan keadaan lainnya dimana mereka tidak seberuntung kita. Cita-cita tersebut tidak mustahil untuk diwujudkan apabila kita bersama-sama menjadikannya nyata. Cita-cita mulia tersebut semoga menjadi pemacu kita untuk terus semangat memberikan kontribusi pada negara.

Hadirin yang saya muliakan,

Mari kita bangkit dan perduli pada sesama. SALAM PRAMUKA! SEMANGAT PRAMUKA! Sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Terimakasih atas perhatiannya dan mohon maaf apabila ada kesalahan kata.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

----------------------------------------------------

Pidato Peringatan Hari Pramuka untuk SMA Sekolah Menengah Atas

Assalamualaikum Wr. Wb.
Yang Terhormat, Kepala SMA Tazkia Insani
Yang saya hormati, Dewan Guru dan Segenap Staf SMA Tazkia Insani
Dan adik-adik Pramuka yang saya sayangi,

SALAM PRAMUKA!
Hadirin yang saya hormati,
Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa karena pada pagi hariyang cerah ini kita masih diberikan nikmat sehat untuk bertemu dalam upacara peringatan hari Pramuka tanggal 14 Agustus 2018. Saya mengucapkan terima kasih kepada kepala SMA Tazkia Insani yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menyampaikan pidato di hari yang sangat istimewa ini. Sebagai anggota Nasional Gerakan Pramuka, perkenankanlah saya menyampaikan ucapan Selamat Hari Pramuka kepada seluruh anggota Gerakan Pramuka.

Hadirin yang saya hormati,
Kita sangat bangga bahwa gerakan pramuka masih bersemi sebagai wadah untuk memupuk rasa nasionalisme, jiwa kepemimpinan, kemandirian, dan sikap tangguh pemuda dan pemudi Indonesia. Gerakan pramuka tetap berjaya dalam dunia pendidikan untuk melatih generasi muda, membangkitkan kesadaran akan pentingnya memberi kontribusi nyata sebagai warga negara. Pergaulan hedonis kaum muda dan degradasi moral yang terpampang nyata di depan mata menggugah kepedulian kita untuk menghadapi tantangan tersebut. Bila kita mengamati realita yang terjadi saat ini, banyak sekali generasi muda yang mengalami demoralisasi (degradasi moral), di mana mereka terhanyut dalam romantika modernisasi. Proses pengadopsian budaya barat ini ini telah mengakibatkan terjadinya cultural shock (kegoncangan budaya) dan disfungsionalitas pada generasi muda yang umumnya dari kalangan pelajar. Akibatnya, tidak sedikit dari mereka yang lupa akan status dan peranannya di dalam masyarakat. Contohnya, sebagian dari mereka hanyut dalam ilusi modernitas yang membuat mereka menjadi lupa untuk memanifestasikan fungsi, status dan perannya sebagai pelajar. Mereka sudah terlena dalam konstruksi sosial yang dibangun para kapitalis melalui empat 4 hal utama, yaitu : food, fun, fashion dan film. Akhinya mereka jadi lebih suka entetaiment (hiburan) dari pada education (pendidikan).
Sekarang, kita harus bersama-sama membangun kembali semangat nasionalisme kita melalui gerakan pramuka ini. Eksistensi gerakan pramuka membuat kita cukup tenang di tengah perubahan jaman yang semakin memprihatinkan. Apabila kita menyusuri jejak sejarah tentang peranan gerakan pramuka, kita akan menemukan catatan bahwa pramuka adalah organisasi yang berperan dalam menyatukan semangat pemuda dan pemudi ketika masa awal kebangkitan nasional. Pada saat itu gerakan pramuka turut membangunkan pemuda dan pemudi untuk mengikuti bela negara. Kegiatan pramuka banyak memiliki sisi positif untuk membangun kepribadian dan kemampuan seseorang. Salah satunya untuk melatih softskill dan hardskill yang dimiliki seseorang. Semua itu adalah bukti nyata bahwa gerakan pramuka harus selalu dijaga eksistensinya dan terus dikembangkan untuk kemaslahatan masyarakat.

Hadirin yang saya hormati,
Berbagai pihak juga perlu ikut andil menghimbau peserta didik untuk aktif dalam kegiatan pramuka. Kita asah lagi kepedulian kita terhadap sesama dengan mengajak teman-teman kita mengikuti kegiatan yang positif seperti pramuka ini. Mari kita taklukkan tantangan jaman ini dengan bahu-membahu memasyarakatkan pramuka karena harapannya kegiatan pramuka tidak hanya bersemi di lingkungan pendidikan tetapi juga di kalangan masyarakat lainnya. Mari kita bangkit dan perduli pada sesama. Itulah hal penting yang patut kita sadari secara bersama. Demikian, pidato yang dapat saya sampaikan. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.
SALAM PRAMUKA!

Wassalamualaikum Wr. Wb.

------------------------------------------------------

Demikian 3 contoh teks pidato memperingati Hari Pramuka 14 Agustus 2018 yang terbaru. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.

sumber : kabarmu.blogspot.com, kelasindonesia.com
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments