Cara Pendaftaran CPNS 2019 Online Lulusan SMA SMK D3 S1

Cara Pendaftaran CPNS 2019 Online Lulusan SMA SMK D3 S1

Cara Pendaftaran CPNS 2019 Online Lulusan SMA SMK D3 S1

Cara Pendaftaran CPNS 2019 Online untuk semua lulusan SMA, SMK, D3 dan S1 perlu diketahui bagi yang berminat berkarir sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Penerimaan CPNS 2019 kembali dibuka oleh pemerintah melalui Kemenpan-RB dan BKN dan ditargetkan dibuka pada bulan Oktober 2019.

Berkarir menjadi PNS menjadi impian bagi ribuan orang, dengan kondisi saat ini kesejahteraan PNS semakin baik dibanding masa dulu. Selain itu pada beberapa kota besar PNS juga mendapat tunjangan kinerja yang tidak sedikit.

Jadi tidak aneh rasanya ketika muncul informasi penerimaan CPNS terbaru tahun 2019, para peminat langsung mempersiapkan beberapa hal yang menjadi persyaratan dan ketentuan panitia penerimaan PNS.


Seperti tahun sebelumnya, cara pendaftaran CPNS tahun 2019 diperkirakan sama dengan pendaftaran CPNS 2018 yang berbasis online. Semua tahapan proses akan dilakukan secara online dari mulai pendaftaran, pengerjaan soal CPNS, sampai pada pengumuman hasil tes CPNS. Yuk kita simak informasi lengkap proses menjadi CPNS dari mulai persyaratan,dokumen, dan contoh soal-soal CPNS untuk latihan mengisi soal CPNS tahun 2019.

Selain membuka lowongan kerja CPNS 2019, pemerintah juga membuka lowongan Pegawai Pemerintah dengan perjanjian Kerja (P3K) 2019. Untuk informasi lowongan kerja Pegawai kontrak silahkan klik link disini.

Jadwal Pendaftaran CPNS 2019


Berdasarkan informasi dari beberapa media online dan dari pihak Kementerian PAN-RB target pelaksanaan seleksi CPNS 2019 yaitu bulan Oktober 2019. Saat ini proses yang sedang berlangsung yaitu menunggu formasi CPNS dari beberapa pemerintah daerah (Kabupaten, kota dan provinsi) serta beberapa kementerian/lembaga negara.

Informasi Formasi CPNS 2019


Informasi mengenai formasi apa saja yang dibuka pada seleksi CPNS 2019 untuk tiap pemerintah daerah, kementerian/lembaga negara masih menunggu proses klarifikasi. Namun secara umum bidang yang dibutuhkan pada seleksi CPNS 2019 yaitu bidang kesehatan (bidan, perawat, dokter, bidang pendidikan (guru), bidang infrastruktur dan tenaga bidang teknis profesional lainnya.

Persyaratan Pendaftaran CPNS 2019


Setiap calon peserta seleksi CPNS harus mempersiapkan setiap persyaratan yang ditetapkan oleh Panitia seleksi, persyaratan tersebut yaitu :

1. Persyaratan dokumen

Persyaratan dokumen seleksi CPNS 2019 yang wajib disediakan oleh calon peserta seleksi CPNS 2019 yaitu :

  1. KTP Elektronik
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Pas foto
  4. Ijazah
  5. Transkrip Nilai
  6. Dokumen lainnya yang disyaratkan oleh instansi tujuan yang dilamar termasuk juga SKCK

Dokumen tersebut di atas apabila diperlukan saat pendaftaran online maka bentuknya sudah berbentuk file image yang telah discan.

2. Persyaratan Selain Dokumen

Selain persyaratan dokumen, terdapat persyaratan lainnya yaitu :
  1. Usia calon peserta minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun
  2. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta.
  3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara dua tahun atau lebih
  4. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai atau terlibat politik praktis;
  5. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota Polri;
  6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan;
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar;
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah; dan
  9. Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).       

Cara Pendaftaran Online CPNS 2019


Cara pendaftaran CPNS 2019 dilakukan secara online dengan tujuan agar transparan dan proses rekruitmen CPNS berlangsung lebih cepat dengan dibantu oleh kehandalan Teknologi Informasi. Bagi calon peserta diharapkan sudah familiar menggunakan perangkat internet, dan bagi peserta yang di daerahnya belum terkoneksi internet agar mencari area terdekat yang sudah terkoneksi internet dengan baik.


Berikut prosedur dan cara pendaftaran CPNS 2019 berdasarkan cara pendaftaran CPNS 2018, apabila ada yang berubah maka akan segera diupdate.

1. Membuat akun di portal di https:/sscasn.bkn.go.id
-Isi dengan data sesuai kolomnya yaitu NIK, Nomor KK, atau NIK Kepala Keluarga, Alamat email, membuat password dan pertanyaan pengaman.
-Unggah/upload pas foto dengan ukuran minimal 120 KB dan maksimal 200 KB
- Selanjutnya cetak Kartu Informasi Akun

2. Masuk/Login ke https://sscasn.bkn.go.id
   Pakailah NIK dan password yang telah didaftarkan sebelumnya

3. Unggah/Upload Foto Selfie
Upload foto selfie sambil memperlihatkan KTP dan Kartu Informasi Akun agar dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Pada tahap selanjutnya akan diminta untuk mengisi data-data yang lebih detail, isi sesuai aslinya.

  1. Lengkapi biodata   
    - isikan biodata dengan sebenarnya sesuai aslinya
  2. Pilih instansi, jenis formasi dan jabatan yang dilamar. Pelamar hanya dibolehkan memilih 1 instansi, 1 formasi dan 1 jabatan
  3. Unggah/upload semua dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan dari instansi yang dipilih
  4. Periksa Resume sebelum dikirimkan, pastikan data sudah diisi semua sesuai aslinya dan pastikan pilihan instansi, formasi dan jabatan yang dilamar telah sesuai.
  5. Kirim data pendaftaran
    Klik simpan data yang sudah diperiksa di Resume dan pastikan data sudah benar karena data yang sudah dikirim tidak dapat diperbaiki/revisi dengan alasan apapun.
  6. Print/Cetak Kartu Pendaftaran SSCASN
    - Print/cetak kartu Pendaftaran SSCASN dan simpan dengan baik
    - Kartu Pendaftaran SSCASN 2019 dipakai sebagai bukti telah melakukan proses pendaftaran
  7. Data pendaftaran dan dokumen yang diunggah akan diperiksa oleh tim verifikator
  8. Apabila dinyatakan lulus seleksi administrasi, pelamar akan menerima Kartu Ujian yang digunakan untuk proses seleksi selanjutnya
  9. Peserta tinggal menunggu informasi yang akan diumumkan melalui website BKN (www.bkn.go.id)

Skema dan alur proses pendaftaran CPNS 2019 (Berdasarkan pendaftaran CPNS 2018)

 


Berdasarkan pengalaman sebelumnya banyak pendaftar yang mengalami kegagalan saat mendaftar dikarenakan NIK yang invalid. Agar tidak terjadi kesalahan yang sama pastikan bahwa NIK yang anda miliki valid dan sah.

Setelah semua proses pendaftaran dikerjakan, langkah selanjutnya yaitu menunggu dan berdoa agar kita lolos dalam seleksi pendaftaran. Selain itu sempatkan waktu untuk berlatih soal-soal CPNS 2019, yang contoh soalnya banyak tersedia di internet, atau mengikuti bimbimbingan belajar khusus menghadapi tes CPNS, supaya kita sudah siap apabila lolos seleksi pendaftaran. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing. 
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments