Panduan Cara Mendaftar Simulasi CAT BKN Tes Kompetensi Dasar (TKD)

Panduan Cara Mendaftar Simulasi CAT BKN Tes Kompetensi Dasar (TKD)

Panduan Cara Mendaftar Simulasi CAT BKN Tes Kompetensi Dasar (TKD)

Computer Assisted Test atau CAT saat ini memang menjadi pilihan terbaik dalam pelaksanaan ujian atau tes. Ujian Nasional di sekolah-sekolah juga sudah menggunakan cara ini. Pada pelaksanaan tes atau seleksi CPNS juga menggunakan metode ini. Seleksi CPNS CAT Online membuat pelaksaan seleksi CPNS lebih mudah dan praktis.

Baca Juga : Berlatih Soal CPNS 2018 Tes Kompetensi Dasar (TKD) Disertai Kunci Jawaban 

Pada Penerimaan CPNS 2018 yang akan mulai dibuka sekitar bulan September 2018, setelah pelaksanaan Pilkada selesai, banyak formasi CPNS 2018 yang dibutuhkan pemerintah. Berdasarkan rilis berita dari Kemenpan-RB, formasi CPNS 2018 tenaga pendidikan dan kesehatan akan banyak dibutuhkan dibanding formasi lainnya. Hal tersebut sejalan dengan program pemerintah yang ingin lebih meningkatkan tingkat pendidikan dan kesehatan masyarakat Indonesia, karena itu formasi guru dan formasi tenaga kesehatan akan lebih banyak dibutuhkan.

Seperti perekrutan CPNS pada tahun sebelumnya, proses perekrutan CPNS 2018 secara garis besar hampir sama dengan perekrutan sebelumnya. Dimulai dengan proses pendaftaran secara online pada website BKN, pendaftar yang lolos seleksi pendaftaran online kemudian mengikuti Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Kompetensi Bidang. Bagi yang lulus TKD dan TKB akan diteruskan pada tahap selanjutnya pada pemberkasan dokumen, penyerahan SK CPNS, penempatan tempat kerja, Diklat Prajabatan CPNS dan kemudian dikukuhkan sebagai PNS dengan keluarnya SK PNS.

Baca Juga : Download Simulasi CAT Soal CPNS 2018 Tes Kompetensi Dasar (TKD)

Untuk proses pendaftaran secara online persiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, karena akan menentukan apakah lolos ke tahap selanjutnya.


Setelah melewati pendaftaran online dan dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya, yaitu Tes Kompetensi Dasar dan Tes Kompetensi Bidang. Persiapkan sedini mungkin, latihlah diri anda dengan melatih menjawab soal-soal Tes Kompetensi Dasar. Bersyukurlah kita hidup di jaman serba internet, yang mempermudah dalam mencari informasi apapun. Bagi yang memiliki keterbatasan dana untuk membeli buku soal-soal CPNS dapat dengan mudah mendownloadnya dari internet. Selain soal-soal CPNS dari buku atau dari e-book yang bertebaran di internet, BKN juga menyediakan fasilitas Simulasi CAT BKN. Simulasi ini berisikan soal TKD sebanyak 100 soal, lengkap dengan pembatas waktunya dan skor akhirnya. Jadi setidaknya kita dapat mengukur kemampuan dalam menjawab contoh soal CPNS TKD.

Untuk mencoba simulasi CAT BKN sangat mudah sekali, hanya diperlukan alamat email saja, agar bisa dikirim kode aktivasinya ke alamat email. Berikut panduan lengkap mendaftar simulasi CAT BKN Tes Kompetensi Dasar disertai dengan gambar agar mempermudah anda dalam mendaftar simulasi CAT BKN ini. Yuk ikuti langkah-langkahnya.
  1. Anda harus memiliki e-mail (gmail, yahoo dan lain-lain)
  2. Login ke alamat email anda
  3. Masuk ke web BKN dengan mengetikan alamat linknya :
    cat.bkn.go.id/simulasi
  4. Muncul tampilan seperti gambar di bawah ini



  5. Karena baru mendaftar maka klik DAFTAR GRATIS. Kalau sebelumnya sudah mendaftar klik LOGIN.
  6. Kalau diminta Recaptcha, klik gambar yang diminta oleh Recaptcha.
  7. Kemudian akan masuk ke Form Pendaftaran, isikan data yang diminta


    # Nama Lengkap : Isi dengan nama lengkap anda
    # Email : Isi dengan email anda yang valid
    # Password : Isi dengan password anda, bisa angka ataupun huruf atau campuran
    # Konfirmasi Password : Ketik kembali passwordnya (harus sama)
    # Tempat Lahir : isikan tempat lahir anda
    # Tanggal Lahir : isi tanggal lahir anda
    # Jenis kelamin : Pilih salah satu
  8. Verifikasi, centang "i'm not a robot" dan klik Simpan.
  9. Kemudian muncul tampilan Informasi Akun seperti di bawah ini

  10. Klik Aktifasi Akun
  11. Periksa email anda, akan muncul email baru seperti di bawah ini

  12. Masukan kode aktifasi kemudian klik OK


  13. Status akun akan berubah menjadi "sudah aktifasi"



  14. Klik Mulai Simulasi, untuk memulai simulasi CAT BKN
  15. Klik Mulai Ujian

  16. Tampilan simulasi CAT BKN seperti di bawah ini :


Ada 100 soal dalam simulasi ini, cara menjawabnya sederhana, centang pilihan anda (A,B,C,D atau E) kemudian klik Simpan dan Lanjutkan. Lakukan terus sampai soal semua terjawab. Setelah semua soal dijawab maka akan keluar hasil Simulasi CAT BKN anda seperti di bawah ini :



Demikian cara mendaftar simulasi soal CPNS CAT Online BKN. Mudah-mudahan cita-cita dan harapan anda menjadi seorang PNS dapat terwujud. Semoga dapat bermanfaat. Keep learning and sharing.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments