Berlatih Soal CPNS 2018 Tes Kompetensi Dasar (TKD) Disertai Kunci Jawaban

Penerimaan CPNS 2018 tinggal menghitung hari. Pemerintah melalui Kementerian PAN-RB telah merilis informasi terbaru lowongan kerja CPNS untuk instansi pusat dan daerah. Pendaftaran CPNS 2018 akan mulai dibuka setelah perhelatan Pemiluhan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 27 Juni 2018. Diperkirakan lowongan CPNS 2018 akan dibuka pada bulan September 2018.

Lowongan kerja sebagai PNS memang telah menjadi idaman bagi sebagian masyarakat pencari kerja. Sejak tingkat kesejahteraan PNS membaik, peminat lowongan PNS semakin meningkat. Lowongan di sebuah kementerian pada tahun lalu menunjukan jumlah pelamar mencapai 1 juta pelamar untuk sejumlah formasi saja.

Animo masyarakat pencari kerja yang begitu tinggi membuat persaingan antar pelamar kerja CPNS juga menjadi ketat. Para pelamar kerja CPNS dituntut harus mencapai nilai tertinggi dalam Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Pelamar lowongan kerja CPNS dapat mengikuti TKD dan TKB setelah lulus dalam proses pendaftaran online di website BKN.

Asumsi bahwa anda sudah berhasil lolos dan memenuhi syarat dalam proses pendaftaran online CPNS 2018, kemudian langkah selanjutnya adalah mempersiapkan diri menghadapi Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Untuk lulus tes CPNS 2018 memang diperlukan upaya, usaha dan doa yang maksimal, karena formasi yang dibuka sedikit sedangkan pelamar CPNS akan membludak. Berlatih mengerjakan soal-soal CPNS 2018 merupakan salah satu usaha yang dapat dilakukan. Soal-soal CPNS biasanya terbagi ke dalam TKD dan TKB. Untuk tes kompetensi dasar (TKD), bercermin dari tes CPNS 2017 sebelumnya, TKD terbagi menjadi 3 pokok bahasan yaitu Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Tes wawasan kebangsaan berisi soal-soal yang berkaitan dengan wawasan dan pengetahuan tentang nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan Indonesia.

Baca Juga : Download Simulasi CAT Soal CPNS 2018 Tes Kompetensi Dasar (TKD)

Untuk mencapai nilai tertinggi dan melebihi passing grade yang ditetapkan Panitia Pendaftaran CPNS 2018, tidak ada cara lain selain berusaha dengan maksimal dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar dimudahkan dan dilancarkan dalam mengerjakan soal-soal CPNS 2018. Salah satu cara berusaha dengan maksimal yaitu dengan berlatih dalam mengerjakan contoh soal-soal CPNS 2018 serta kisi-kisi dan prediksi soal CPNS 2018.

Perlu diketahui untuk pengerjaan Tes Kompetensi Dasar dan Tes Kompetensi Bidang, panitia pendaftaran CPNS 2018 akan menggunakan metode CAT (Computer Assisted Test). Dengan metode CAT CPNS Online ini peserta test akan menjawab soal di komputer yang telah disediakan dan berlangsung secara online. Jadi dengan CAT Online ini peserta tidak ada peluang untuk membawa pulang soal-soal ataupun menyalin soal-soal CPNS karena soal-soal itu terdapat dalam komputer dan mungkin tersimpan pada server yang tidak kita ketahui keberadaannya dimana. Jadi tidak ada seorangpun yang tahu secara persis soal-soal cpns kecuali anda bagian dari panitianya.
Contoh soal-soal CPNS 2018 yang kami tampilkan di blog mungkin saja tidak sama persis dengan yang keluar pada saat Tes Kompetensi Dasar nantinya, namun setidaknya anda akan terbiasa menjawab soal-soal cpns yang bentuknya seperti contoh soal CPNS yang kami share.

Kisi-kisi soal CPNS 2018 ini disertai juga dengan kunci jawaban dan berikut pembahasannya. Dengan semakin sering berlatih mengerjakan soal CPNS berikut pembahasannya semoga anda dapat lulus murni menjadi PNS tanpa uang sogokan, tanpa kongkalingkong dan tanpa KKN. Yakinlah apabila kita mengerjakan sesuatu dengan cara yang baik Allah akan memberikan keberkahan.

Baca Juga : Simak Tips Lulus Tes CPNS Murni Tanpa Uang Sogokan

Silahkan untuk mendownload contoh soal CPNS 2018 atau kisi-kisi soal CPNS 2018 dengan mengklik link di bawah ini. Soal dalam bentuk e-book atau berformat pdf. Tidak ada password atau proteksi lainnya, anda tinggal download soal CPNS 2018 tadi dan berlatih dengan soal-soal tersebut. Semoga cita-cita anda menjadi seorang PNS dapat tercapai dan diberikan kemudahan dan kelancaran oleh Allah. Amiin. Keep learning and sharing. 

Contoh Soal CPNS 2018 Disertai Kunci Jawaban dan Pembahasan

Post a Comment for "Berlatih Soal CPNS 2018 Tes Kompetensi Dasar (TKD) Disertai Kunci Jawaban"