Tahapan membuat barcode lokasi google map untuk surat undangan

Tahapan membuat barcode lokasi google map untuk surat undangan

Tahapan membuat barcode lokasi google map untuk surat undangan

cara membuat barcode lokasi google map surat undangan
Membuat barcode lokasi google map pada surat undangan merupakan cara terbaru dalam menginformasikan lokasi tempat undangan/hajatan diadakan. Biasanya dalam surat undangan, selain informasi mengenai tujuan undangan (menikah, sunatan dll), waktu, dan tempat,sering kita lihat juga peta lokasi tempat undangan akan diadakan. Peta lokasi berbentuk peta sederhana yang menjadi petunjuk jalan bagi undangan yang dari luar kota ataupun yang belum mengetahui lokasi hajatan.

Penggunaan barcode lokasi google map pada surat undangan dipicu oleh maraknya penggunaan smartphone terutama smartpone android. Dari mulai lapisan masyarakat; anak sekolah, ibu rumah tangga, dan kalangan lainnya sudah familiar dengan smartphone. Adanya barcode peta lokasi undangan, memudahkan penerima undangan untuk mengetahui secara akurat lokasi tempat undangan.


Dengan fitur scan barcode lokasi google map, smartphone android melalui aplikasi scan barcode dapat membaca barcode yang ditempatkan di surat undangan, lalu akan diperlihatkan peta lokasi tempat undangan melalui aplikasi google map secara detail dan jelas sehingga mempermudah bagi tamu undangan untuk sampai di lokasi undangan.

Apabila anda ingin mengetahui dan mencoba juga memasang barcode lokasi google map ke dalam surat undangan anda, baik itu undangan ulang tahun anak, undangan khitanan, undangan pernikahan dan undangan lainnya, ada beberapa tahapan dalam membuat barcode peta surat undangan diantaranya :

1. Menentukan lokasi alamat undangan di Google map


Menentukan lokasi alamat undangan di google map dengan cara masuk ke website google map, selanjutnya ketikan alamat anda, misal saya ketikan halal mart munjul majalengka.





Muncul pin atau bulatan merah, kemudian klik dan akan muncul kotak detailnya. Cari tombol/logo Bagikan atau Share.




Kemudian klik copy atau salin Link, buka tab baru di browser dengan cara klik menu File >>New Tab. Paste/tempel link yang tadi dicopy ke address bar di tab yang baru dan tambahkan .qr di akhir linknya. Jadi bentuknya nanti seperti ini

https://goo.gl/maps/8rFkNY5Pe7LUmFXZ7.qr
Kemudian tekan tombol Enter.


Lalu akan muncul gambar barcode, kita simpan gambar barcode ini dengan cara : Klik kanan pada gamba barcode kemudian pilih "save image as", pilih drive pada hardisk anda atau simpan ke perangkat penyimpanan portable lainnya seperti flashdisk, memory card dan lainnya.

2. Menempatkan gambar barcode di file surat undangan


Setelah mendapatkan gambar barcode yang berisikan informasi lokasi tempat undangan dan dibuka di google map, saatnya menempatkan barcode pada area peta lokasi di surat undangan.

Pembuat undangan ada yang masih menggunakan kombinasi peta lokasi yang dibuat manual dan dijuga ditempatkan barcode. Hal ini untuk mengantisipasi penerima undangan tidak memiliki handphone untuk menscan barcode tersebut.


Untuk menscan barcode lokasi undangan di google map, bisa menggunakan aplikasi scan QR yang anda miliki di smartphone anda. Setelah discan akan muncul informasi dari barcode tersebut yang berupa peta lokasi di google map.   


Demikian tahap-tahap membuat barcode lokasi google map untuk surat undangan. Adanya barcode lokasi akan lebih mempermudah tamu undangan untuk mencapai lokasi acara undangan khususnya yang memiliki smartphone. Semoga bermanfaat. Keep learning and sharing.                 
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments