Cara merawat rambut pada anak perempuan agar tidak rontok

Cara merawat rambut pada anak perempuan agar tidak rontok

Cara merawat rambut pada anak perempuan agar tidak rontok

Cara merawat rambut anak perempuan
Bagi seorang perempuan rambut merupakan mahkota yang menjadi daya tarik penambah kecantikan seorang perempuan. Mengalami rambut rontok terutama apabila dialami anak perempuan, menjadi kekhawatiran bagi orangtuanya. Tentu saja orang tua tidak mau kalau nantinya rambut anak perempuannya tumbuh tidak sehat dan mengalami kerontokan sehingga diperlukan cara merawat rambut pada anak perempuan agar tidak rontok.

Kerontokan rambut akan berakibat pada tidak sehatnya rambut serta menumbuhkan rasa tidak percaya diri atau minder. Apabila menemukan gejala rambut rontok pada anak perempuan, lebih baik segera mencari tahu penyebabnya dan cara merawatnya agar kerontokan rambut tidak terus terjadi.



Sebelum melakukan pengobatan rambut rontok pada anak perempuan, terlebih dahulu ketahui dulu penyebab rambut anak perempuan rontok. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rambut anak perempuan rontok diantaranya :

1. Infeksi jamur di bagian kulit kepala


Ciri utama dari infeksi jamur di kulit kepala yaitu terdapat bintik hitam di bagian rambut yang patah. Infeksi jamur ini dapat menular sehingga jangan meminjamkan barang pribadi seperti sisir, topi, gunting rambut dan sarung bantal kepada orang lain. Cara mengatasi infeksi jamur pada kulit kepala yaitu dengan obat antijamur dan juga shampo anti jamur, yang dapat diperoleh melalui dokter anda.

2. Kebiasaan menarik-narik rambut


Mungkin kita pernah melihat anak kecil yang perilakunya sering menarik-narik rambut terutama ketika ada hal yang diinginkan atau dipikirkan yang pada akhirnya menjadikan stres. Apabila menjadi kebiasaan, menarik-narik rambut juga dapat menjadi penyebab rambut anak rontok. Biasanya kebiasaan ini dipicu oleh faktor psikologis sehingga cara untuk menghentikan kebiasaan menarik-narik rambut yaitu dengan konseling dengan psikolog anak agar kebiasaan buruk tersebut dapat dihentikan.

3. Kurangnya nutrisi pada rambut


Seperti halnya organ tubuh lainnya, rambut juga membutuhkan nutrisi agar tumbuh sehat, diantaranya zinc, zat besi, dan vitamin B3. Cara mengatasi rambut yang kekurangan nutrisi yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc, zat besi serta vitamin B3.

4. Cara memperlakukan rambut yang salah


Tanpa kita sadari penyebab rambut rontok pada anak perempuan yaitu akibat kebiasaan yang salah dalam memperlakukan rambut. Kebiasaan yang salah diantaranya : mengikat rambuk anak perempuan terlalu kencang, menggunakan hair dryer secara berlebihan, dan menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung zat kimia terlalu keras. Tinggalkan kebiasaan-kebiasaan tadi agar rambut anak perempuan tumbuh sehat dan tidak rontok.

5. Anak perempuan mengalami stres atau trauma berat


Anak perempuan juga bisa mengalami tekanan mental atau stres atau trauma berat seperti kehilangan orang terdekat. Stres atau trauma berat bisa menyebabkan rambut rontok dan pertumbuhan rambut berhenti sementara. Untuk gangguan seperti ini tidak perlu tindakan spesifik, seiring dengan waktu sekitar 6 bulan sampai setahun setelah anak melewati masa trauma, maka rambut akan tumbuh seperti biasanya.

6. Gangguan sistem imun pada rambut


Rambut yang mengalami gangguan sistem imun atau disebut alopecia areata dapat menyebabkan kebotakan pada area tertentu di kepala anak perempuan. Cara mengatasi kebotakan yaitu dengan menggunakan salep yang diberikan oleh dokter anak.

Kerontokan rambut pada anak perempuan dapat diatasi apabila orang tua anak dapat mengedukasi anak agar meninggalkan kebiasaan  lama yang berpotensi menimbulkan kerontokan pada rambut anak perempuan. Selain itu gunakan topi, wig, bandana, dan scarf untuk melindungi rambut anak anda



Selain dari sisi fisiknya, pendekatan terhadap anak perempuan yang rambutnya rontok yaitu dengan pendekatan personal, bangun kepercayaan dirinya, berikan pemahaman yang benar, dampingi terus selama perawatan rambut rontok, dan apabila perlu konsultasikan dengan dokter anak anda agar mendapatkan pengobatan yang tepat.

Demikian cara merawat rambut anak perempuan agar tidak rontok, semoga dapat bermanfaat.
Share this with short URL:
Get Short URL
loading short url
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments